Lagu NCT Dream Tak Cantumkan Produser TXT, SM Entertainment Disentil Terlambat Tangani Hak Cipta
Instagram/nct_dream
Musik

Baru-baru ini, banyak netizen yang memprotes atas keterlambatan SM Entertainment atas kasus hak cipta dari lagu NCT Dream yang memiliki ketukan serupa dengan single milik TXT.

WowKeren - Kekuatan penggemar di kalangan selebriti memang sangat berpengaruh terhadap kelanjutan karier para idolannya. Termasuk penggemar dari kedua grup yakni NCT Dream dan TXT yang baru-baru ini menarik perhatian karena permasalahan hak cipta.

Baru-baru ini, banyak netizen menggunakan Twitter untuk menyebut SM Entertainment atas dugaan plagiarisme. Dugaan ini muncul terkait lagu NCT Dream yang berjudul "Countdown (3, 2, 1)" yang juga dikaitkan dengan lagu TXT berjudul "Blue Orangeade".

Spekulasi plagiarisme mulai menyebar di media sosial setelah netizen memperhatikan bahwa SM Entertainment telah terlambat mengkredit dua produser HYBE yakni Slow Rabbit dan Supreme Boi dalam lagu NCT Dream "Countdown (3, 2, 1)". Banyak netizen dapat mendengar kesamaan dalam ketukan yang digunakan oleh lagu NCT Dream "Countdown (3, 2, 1)" dari lagu "Blue Orangeade".

Karena dinilai memiliki ketukan yang sama, netizen pun mulai menyadari jika SM Entertainment terlambat melakukan hak cipta terhadap dua produser HYBE tersebut. Akhirnya, penambahan nama dua produser HYBE dalam kredit untuk "Countdown (3, 2, 1)" secara terlambat itulah menimbulkan spekulasi bahwa upaya ini dilakukan oleh pihak produser HYBE karena masalah hak cipta.


Seperti diketahui, lagu NCT Dream "Countdown (3, 2, 1)" merupakan sebuah lagu b-side dari album lengkap pertama mereka "Hot Sauce" yang dirilis pada Mei 2021. Di sisi lain, "Blue Orangeade" milik TXT yang merupakan sebuah lagu b- sisi dari album EP debut mereka "The Dream Chapter: Star" telah dirilis kembali pada Maret 2019.

Lagu NCT Dream Tak Cantumkan Produser TXT, SM Entertainment Disentil Terlambat Tangani Hak Cipta

Sumber: Allkpop

Sejak awal, daftar komposer dan produser untuk "Blue Orangeade" diantaranya Slow Rabbit, Moonshine, Cazzi Opeia, Ellen Berg, dan Supreme Boi. Sedangkan "Countdown ( 3, 2, 1)" awalnya hanya mencantumkan Moonshine, DEEZ, Bobii Lewis, dan Rick Bridges (X&).

Sementara itu, karena ini, nama Slow Rabbit dan Supreme Boi telah tercatat di deretan lagu "Countdown (3, 2, 1)". Diduga nama Slow Rabbit dan Supreme Boi telah ditambahkan dalam daftar komposer untuk "Countdown (3, 2, 1)" sejak 1 Oktober sehingga banyak netizen yang berkomentar akan hal ini.

"SM Entertainment harus berhati-hati dengan masalah plagiat," tulis komentar netizen. "Akhir-akhir ini SM Entertainment tidak memperhatikan soal ini dengan cermat," tulis komentar netizen. "Syukurlah jika mereka cepat sadar," komentarn netizen lainnya.

(wk/taki)

You can share this post!

Related Posts