Dee Lestari Percayakan Lagu 'Kinari' di Buku 'Rapijali' Pada Iwan Fals
Instagram/deelestari
Musik

Iwan Fals mendapat kepercayaan untuk menyanyikan lagu 'Kinari' yang ada di dalam buku 'Rapijali' karya Dee Lestari. Iwan rupanya satu-satunya sosok yang terbesit oleh Dee untuk menyanyikan lagu tersebut.

WowKeren - Iwan Fals dipercaya untuk menyanyikan lagu "Kinari" yang yang terdapat dalam buku "Rapijali" karya Dee Lestari. "Kinari" adalah lagu yang diciptakan oleh tokoh fiktif dalam Rapijali bernama Yuda Alexander, seorang mantan musisi berdarah campuran yang memilih hidup menyepi di Batu Karas setelah mundur dari dunia musik.

Menggabungkan buku dengan musik pernah juga pernah dilakukan Dee dalam "Recto Verso". Tapi kali Dee mencoba melakukan pendekatan yang berbeda. Sebab, lagu-lagu yang akan ia rilis untuk soundtrack Rapijali itu benar-benar ada dalam cerita.

"Rapijali ini adalah buku pertama saya yang ada tema musik di dalamnya. Ini adalah lagu-lagu yang memang ada pada adegan dalam Rapijali. Saat menulisnya, saya punya pilihan apakah ini akan jadi kata-kata imajiner, karena ada lagunya, ada ceritanya. Akhirnya saya memutuskan, saya tulislah lagu-lagu yang secara sentral ada di cerita," jelas Dee Lestari dalam wawancara virtual.

Dee Lestari menyebut tak ada nama lain yang terlintas di benaknya kecuali Iwan Fals ketika menulis "Kinari" dan membayangkan lagu itu dibawakan oleh Yuda Alexander. Dee menilai Iwan Fals adalah orang yang paling cocok untuk menyanyikan lagu tersebut.


"Ketika kepikiran bikin Kinari versi Yuda Alexandder, jujur saja saya nggak kepikiran nama lain, langsung kepikiran Iwan Fals. Tapi mau nggak ya? Nggak kebayang sebuah imajinasi bisa terwujud semulus ini," ujar Dee.

Sebagai musisi yang dipercaya menyanyikan Kinari, Iwan Fals mengaku dirinya memang terkesan dengan kisah yang ada di Rapijali ketika membaca bukunya.

"Pertama (terkesan pada) lagunya maupun syairnya. Pas kebetulan saya waktu itu banyak waktu untuk baca, begitu baca ternyata beneran nggak bisa berhenti baca itu, begitu baca makin jadilah, makin masuk," pungkas Iwan Fals pada kesempatan yang sama.

Dalam penggarapan Kinari versi Yuda Alexander, Iwan Fals dan Dee Lestari dibantu oleh Lafa Pratomo yang bertindak sebagai produser. Agar sesuai dengan apa yang ditulisnya dalam novel, Dee Lestari sengaja meminta pada Lafa untuk memasukkan bebunyian spesifik dalam lagunya.

Rapijali adalah novel karya Dee Lestari yang akan terbit dalam tiga seri. Hingga kini, penulis yang juga seorang musisi itu telah mengeluarkan dua seri dari buku tersebut.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait