Batal Disomasi, Deddy Corbuzier Balik Beri Edukasi Ingatkan Konten Kreator: Jangan Takut Bicara
Instagram/mastercorbuzier
Selebriti

Deddy Corbuzier ungkap alasan langsung tantang ke jalur hukum usai mendapatkan somasi dari Propeksos, hingga balik beri edukasi untuk para konten kreator tentang hal ini.

WowKeren - Deddy Corbuzier kembali mendapatkan sebuah teguran atas salah satu konten di kanal YouTube miliknya belum lama ini saat mendatangkan Nikita Mirzani. Deddy mengunggah sebuah surat somasi yang dilayangkan kepadanya dari Perkumpulan Profesi Pekerjaan Sosial (PROPEKSOS) terkait salah satu ucapan Nikita Mirzani yang dianggap menyinggung profesi pekerja sosial.

Tak tinggal diam, Deddy Corbuzier membalas dengan menantang langsung ke jalur hukum. Namun rupanya kini Propeksos disebut-sebut telah membatalkan somasi mereka.

Hal ini disampaikan langsung oleh Deddy Corbuzier dalam video Instagram terbarunya. “Gue mau bahas somasi kemarin yang sudah dibatalkan oleh asosiasi tersebut. Kan kalian tugasnya katanya mengedukasi saya, sekarang saatnya saya edukasi kalian," ujar Deddy, dikutip dari Instagramnya, Kamis (21/10).

Deddy balik menjelaskan maksud di balik sebuah tindakan somasi yang merupakan langkah awal ke jalur hukum. Hal ini pula yang menjadi alasan Deddy untuk menantang langsung Propeksos ke jalur hukum saat melayangkan somasi mereka.

“Somasi itu adalah langkah pertama menuju jalur hukum, makannya saya tantang balik langsung aja ke jalur hukum, itu kenapa ini edukasi buat kalian,” tegasnya.


Deddy kemudian menegaskan jika aduan pencemaan nama baik seharusnya dilaporkan oleh perseorangan bukan lembaga atau asosiasi. Karena itu ia mengingatkan agar tak asal mengambil sebuah langkah tanpa dipertimbangkan.

“UU ITE harus digabungkan dengan UU KUHP 310, ini edukasi buat kalian, nah 310 itu harus nama seseorang disebutkan namanya, bukan lembaga, bukan asosiasi, bukan perkumpulan,” papar Deddy Corbuzier. “Ini edukasi saya buat kalian. Jadi kalau kalian mau melakukan sesuatu mikir-mikir dulu, pelajari dulu, dan jangan cepat tersinggung. Kalau cepat tersinggung tanpa memahami konteksnya, ancur bangsa kita ini, orang berkarya nggak bisa, ngomong nggak bisa, speak up nggak bisa, gara-gara orang yang mudah tersinggung dan pengin pansos,” tandasnya.

Deddy Corbuzier juga menyampaikan edukasinya ini kepada para konten kreator. Ia mengingatkan setiap orang tak seharusnya takut berbicara selama dalam konteks yang benar dan tidak SARA.

Saya edukasi balik ya....Biar pada paham... Biar para konten kerator tahu posisi nya..Selama kita tidak SARA selama konteks kita benar tak ada niatan.. Jangan takut bicara,” sambung Deddy Corbuzier.

Ungkapan Deddy Corbuzier ini sontak mendapatkan beragam respons baik dukungan dari publik maupun rekan artis. Sebagian besar ramai menyetujui penjelasan Deddy Corbuzier terkait sebuah tindakan somasi.

(wk/sept)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait