Warga Amerika Diimbau Tak Pelesir Naik Kapal Pesiar Meski Sudah Divaksin COVID-19
pixabay.com/Ilustrasi/Bernhard1960
Dunia

CDC mengatakan bahwa tingginya tingkat penularan COVID-19 saat ini menyebabkan orang yang ada di dalam kapal dapat dengan mudah tertular, terutama dalam jarak dekat.

WowKeren - Warga Amerika diminta untuk menghindari perjalanan dengan menggunakan kapal pesiar. Imbauan ini dikeluarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) pada hari Kamis (30/12) di tengah meningkatnya kasus COVID-19.

CDC meningkatkan tingkat pemberitahuan kesehatan untuk kapal pesiar ke "Level 4: Tingkat Sangat Tinggi dari COVID-19," kategori tertinggi. Rekomendasi itu ditujukan kepada semua orang, baik yang sudah divaksin maupun belum. CDC mengatakan bahwa tingginya tingkat penularan COVID-19 saat ini menyebabkan orang yang ada di dalam kapal dapat dengan mudah tertular, terutama dalam jarak dekat.

"Virus penyebab COVID-19 mudah menyebar antar orang dalam jarak dekat di atas kapal," kata CDC. "Dan peluang tertular COVID-19 di kapal pesiar sangat tinggi, meskipun Anda sudah divaksinasi lengkap dan telah menerima dosis booster vaksin COVID-19."

Sebagaimana diketahui, perjalanan kapal pesiar telah ditutup oleh pemerintah AS sejak pandemi menyebar awal-awal di tahun 2020 lalu. Perjalanan kapal pesiar kembali dibuka pada Juni 2021 seiring dengan kasus COVID-19 yang menurun dengan kedatangan vaksin.


Tetapi kasus telah meningkat di Amerika Serikat dan di seluruh dunia sejak itu, dengan 486.428 kasus baru dilaporkan pada Rabu (29/12), total satu hari tertinggi sejak awal pandemi. Ada 1.500 kematian baru yang dilaporkan kurang dari setengah dari puncak yang dilaporkan pada Januari, menurut CDC.

Secara global, di hari yang sama ada 1,35 juta kasus baru yang dilaporkan, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Jumlah kasus satu hari tidak pernah mencapai lebih dari 1 juta sebelumnya.

Sementara itu, beberapa jalur pelayaran telah melaporkan wabah dalam beberapa pekan terakhir, termasuk Karnaval, Royal Caribbean dan Norwegian Cruise Line. Pekan lalu, beberapa kapal pesiar ditolak dari pelabuhan asing setelah melaporkan wabah tersebut.

Senator Richard Blumenthal, D-Conn., yang melayani di Komite Senat untuk Perdagangan, Sains dan Transportasi, pun meminta CDC untuk menghentikan perjalanan kapal pesiar lagi di tengah meningkatnya kasus COVID-19. "Kapal pesiar mengulangi sejarah baru-baru ini sebagai cawan petri infeksi COVID," ujarnya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait