Perusahaan di Singapura Luncurkan Inovasi 'Wearable AC' Untuk Pekerja, Bisa Atasi Cuaca Panas
Pexels/Sindre Strøm
SerbaSerbi

Saat musim panas, sebagian masyarakat akan mengeluhkannya dan mencari alat-alat yang bisa mendinginkan suasana. Salah satu perusahaan di Singapura pun meluncurkan inovasi alat pendingin.

WowKeren - Di era digital dengan kemajuan teknologi seperti di zaman globalisasi seperti sekarang ini, memunculkan sebuah inovasi-inovasi baru di berbagai macam bidang, salah satunya adalah elektronik.

Salah perusahaan di Singapura yakni ST Engineering, saat ini diketahui telah menciptakan produk wearable AC baru untuk mengurangi "tekanan panas" bagi pekerja yang terpapar cuaca panas dan lembab. Adapun produk ini disebut sebagai ARC.

Melansir mothership, produk tersebut pada dasarnya adalah AC wearable yang dioperasikan dengan baterai. Kemudian, ada pelat pendingin di bagian belakang dan blower turbocharged di bagian depan.

Adapun cara pemakaiannya adalah dengan diletakkan di atas bahu dan membantu mendinginkan area leher, punggung, dan wajah pengguna. Berdasarkan informasi yang tertuang dalam situs web ST Engineering, ARC dimaksudkan untuk pekerja yang bekerja di lingkungan terbuka yang terbuka, tanpa AC, dan ruang terbatas.


Pekerja yang dimaksud pun tidak terbatas pada pekerja bangunan, polisi dan tentara. Menurut perusahaan tersebut, ARC memberikan "pendinginan instan dalam hitungan detik". Hal ini nantinya juga menjadikan lebih dingin saat pengguna berkeringat.

"Aliran udara berkecepatan tinggi mempercepat kemampuan alami tubuh Anda untuk mendinginkan, meningkatkan iklim mikro di sekitar wajah dan leher," bunyi ketyerangan perusahaan, dikutip pada Selasa (15/2).

Lebih lanjut, pelat pendingin yang terletak di bagian belakang ARC setidaknya ada tiga, sehingga lima kali lebih konduktif secara termal daripada logam. Hal itu juga bisa terus mendinginkan area yang luas setidaknya 8 derajat Celcius.

Sementara fungsi dari turbocharged di bagian depan menargetkan area penghilang panas seperti leher dan wajah, mempercepat laju pendinginan keringat dua hingga tiga kali lipat. Hal ini dikarenakan ARC dioperasikan dengan baterai, sehingga memungkinkan pengoperasian terus-menerus karena pengguna dapat membawa baterai ekstra dan menggantinya bila diperlukan.

ST Engineering diketahui akan mengikuti sebuah pameran dan memamerkan ARC, di antara produk dan penemuan lainnya, di Singapore Airshow 2022 pada 15 hingga 18 Februari mendatang.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait