TikTok Tambah Durasi Maksimal Video Hingga 10 Menit, Saingi YouTube?
pixabay.com/antonbe
Tekno

Video yang lebih panjang juga dapat memungkinkan para pembuat konten TikTok menghasilkan lebih banyak uang dan meningkatkan bisnis periklanan platform.

WowKeren - TikTok pada Senin (28/2) mulai menambah durasi tayang bagi penggunanya untuk mengunggah video hingga 10 menit. Sebagaimana diketahui, TikTok yang dimiliki oleh ByteDance di Tiongkok diluncurkan dengan batas satu menit pada video yang diunggah.

Kemudian mulai tahun lalu batasnya ditingkatkan menjadi tiga menit. TikTok berharap bahwa dengan adanya tambahan durasi tayang bisa meningkatkan kreativitas penggunanya.

"Hari ini kami dengan senang hati mulai meluncurkan kemampuan untuk mengunggah video berdurasi hingga 10 menit," kata TikTok kepada AFP. "Kami berharap ini akan lebih merangsang kreativitas para kreator kami di seluruh dunia."

Analis Insider Intelligence Jasmine Enberg mengatakan kepada AFP bahwa meski demikian, TikTok masih berada jauh di belakang pesaingnya, YouTube. "YouTube masih di depan TikTok dalam hal waktu yang dihabiskan, tetapi tidak kebal terhadap 'efek TikTok'," ujarnya.


"Kesenjangan waktu yang dihabiskan antara kedua platform itu sempit," lanjutnya menambahkan. "Dan video yang lebih panjang dapat membantu TikTok mengejar ketertinggalan dalam hal perhatian dan interaksi."

Video yang lebih panjang juga dapat memungkinkan kreator TikTok menghasilkan lebih banyak uang dan meningkatkan bisnis periklanan platform. Sementara itu, YouTube baru-baru ini menetapkan tujuan untuk mempermudah para pembuat konten dan meningkatkan format populer yang menyaingi TikTok.

Kepala Produk Neal Mohan mengatakan jika perusahaannya berinvestasi dalam bentuk video langsung dan short-form, bersama dengan alat untuk membantu pembuat konten menghasilkan uang dan menghasilkan konten segar.

"Kreator YouTube adalah jantung dan jiwa dari platform ini," kata Mohan dalam sebuah posting blog. "Untuk memberi mereka setiap peluang yang memungkinkan, kami akan terus berinvestasi di berbagai format kami."

Konten bentuk pendek seperti cuplikan video yang menjadi bahan unggulan di TikTok sangat populer. YouTube mengambil konsep, yang disebut "Shorts," telah mencatat lebih dari lima triliun tampilan sepanjang waktu, menurut Mohan. Video pendek biasanya dibuat menggunakan ponsel cerdas dan berdurasi 60 detik, dengan musik dan komedi sebagai tema populer.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait