Rusia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Euro 2028 Meski Dilarang dari Olahraga Internasional
pixabay.com/Ilustrasi/designerpoint
Dunia

Rusia dan Turki juga menyatakan minat untuk menjadi tuan rumah edisi 2032, bersama dengan Italia. UEFA baru akan mengumumkan hasilnya pada September 2023.

WowKeren - Rusia telah menjadi salah satu kandidat untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Eropa pada tahun 2028 atau 2032. Pengumuman ini datang ketika Rusia telah mendapat larangan dari olahraga internasional setelah invasi ke Ukraina.

Persatuan Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) mengumumkan itu pada Rabu (23/3) setelah tenggat waktu untuk tahap deklarasi pengajuan minat berakhir. Rusia dan Turki akan menghadapi tawaran bersama oleh Inggris dan Republik Irlandia untuk Euro 2028.

Rusia dan Turki juga menyatakan minat mereka untuk menjadi tuan rumah edisi 2032, bersama dengan Italia. UEFA baru akan mengumumkan negara tuan rumah untuk kedua turnamen pada September 2023.


Sebagaimana diketahui, Rusia telah menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 sedangkan Saint Petersburg adalah salah satu tempat untuk Piala Eropa 2020 yang tertunda tahun lalu di seluruh Eropa. Saint Petersburg juga seharusnya menjadi tuan rumah final Liga Champions UEFA musim ini pada bulan Mei, namun rencana itu dibatalkan imbas invasi negara itu ke Ukraina.

Akibat invasinya ke Ukraina, Rusia juga mendapat sanksi dari UEFA dan badan sepak bola dunia FIFA. Keduanya memutuskan untuk mengeluarkan negara itu dari semua kompetisi internasional sampai pemberitahuan lebih lanjut sehingga menyebabkan Rusia dikeluarkan dari kualifikasi Piala Dunia tahun ini.

Seorang juru bicara badan sepak bola Eropa menunjukkan bahwa Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) sendiri tidak dikecualikan. Sumber yang sama mengatakan UEFA akan "mengevaluasi kembali situasi hukum dan faktual" pada pertemuan yang direncanakan pada bulan April dan Mei, "termasuk setelah deklarasi minat yang diungkapkan oleh RFU".

Turki berharap akan sukses kali ini setelah sebelumnya kalah dari Jerman saat ingin menjadi tuan rumah Euro 2024. Sedangkan Italia, telah menjadi tuan rumah Piala Eropa dua kali sebelumnya, pada tahun 1968 dan 1980.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait