Begini Cara Menangani Serangan Bom Fosfor Putih yang Diduga Digunakan Rusia
Dunia

Saat terkena kulit, sebaiknya hindari mengoleskan salep berbasis lipid atau minyak, karena langkah itu justru dapat meningkatkan penyerapan fosfor putih.

WowKeren - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengklaim bahwa Rusia telah menggunakan fosfor putih terhadap warga sipil di negaranya. Bagi warga sipil, zat ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan luka bakar yang dalam hingga menembus ke tulang.

CDC dalam situsnya menyebutkan bahwa pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyingkirkan partikel fosfor putih yang terbakar, dalam kasus paparan kulit atau mata. Jika kulit atau mata terkontaminasi dengan fosfor putih, tutupi dengan kain basah yang sejuk untuk menghindari penyalaan ulang.

Masih belum ada penawar yang bisa digunakan untuk menetralkan racun dari fosfor putih. Jika terkena mata, maka segeralah mencuci mata dengan air dingin selama minimal 15 menit. Tutup mata dengan kompres basah untuk mencegah partikel fosfor putih menyala kembali.


Sebaiknya hindari mengoleskan salep berbasis lipid atau minyak, karena langkah itu justru dapat meningkatkan penyerapan fosfor putih. Pertimbangkan untuk menggunakan pelindung mata untuk mencegah tekanan langsung pada bola mata. Karena ini sifatnya hanya pertolongan pertama maka dianjurkan untuk segera mencari pertolongan medis.

Jika fosfor putih ikut tertelan maka hindari untuk memuntahkannya secara langsung. Ada baiknya memastikan fungsi jantung, tekanan darah, maupun penurunan fungsi pernapasan. Dan yang terpenting, segera cari bantuan medis.

Sedangkan jika zat fosfor putih ikut terhirup saat bernapas, pastikan jalan napas aman sembari mengecek fungsi nadi dan pernapasan. Jika terjadi sesak napas atau sulit bernapas, berikan oksigen dan jika napas berhenti, perlu diberikan pernapasan buatan. Selain memantau kemungkinan gangguan pernapasan, perlu memberikan pengobatan sesuai gejala yang muncul, sebelum mencari pertolongan medis.

Jika zat fosfor putih terkena kulit maka perlu segera merendam bagian kulit yang terpapar ke dalam air dingin atau menutupnya dengan kain basah. Namun, merendamnya dengan air mengalir lebih baik karena dapat menghilangkan fosfor putih yang menempel di kulit. Segera bersihkan area kulit yang terpapar zat tersebut. Saat membersihkan, masukkan partikel fosfor putih yang telah dibuang ke dalam wadah berisi air untuk menghindari risiko.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait