Cemburu Picu Pembakaran Kios di Monas, Hindari Kejadian Serupa dengan Tips Pacaran Sehat Berikut Ini
Pexels/Keira Burton
SerbaSerbi

Berkaca dari insiden pembakaran kios yang dipicu oleh rasa cemburu, tim WowKeren telah merangkum beberapa tips pacaran sehat agar kita terhindar dari hubungan toxic yang dapat merugikan orang lain. Apa saja?

WowKeren - Baru-baru ini masyarakat dikejutkan dengan kebakaran besar yang melanda ratusan kios di kawasan Lenggang Jakarta, Monumen Nasional (Monas). Kebakaran yang menelan kerugian hampir Rp 20 miliar ini dipicu oleh masalah yang cukup sepele, yakni rasa cemburu.

Insiden pembakaran ini bermula ketika tersangka WST bertengkar dengan Dasril Lubis yang memiliki kios di lokasi tersebut pada Kamis (31/3), sekitar pukul 02.00 dini hari. Dasril meninggalkan lokasi setelah bertengkar, sedangkan WST sempat membakar gorden kios sebelum mencari keberadaan Dasril. Setelah itu api menjalar hingga menghanguskan ratusan kios, musala dan toilet.


Wakapolres Jakpus, AKBP Setyo Koes Heriyanto, mengatakan bahwa pembakaran ini didasari oleh motif cemburu. "Jadi kita keterangan dari tersangka hanya cemburu saja, apa kaitannya masih kita belum dapatkan, masih kita dalami," tutur Setyo.

Hal ini tentu cukup miris. Karena perasaan pribadi seseorang, ratusan pedagang harus kehilangan sumber mata pencaharian. Mereka yang tak tak ada sangkut pautnya dengan masalah kedua belah pihak pun harus merasakan penderitaan yang teramat besar.

Berkaca dari insiden tersebut, tim WowKeren telah merangkum beberapa tips pacaran sehat agar kita terhindar dari hubungan toxic yang dapat merugikan orang lain. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini!

(wk/eval)

1. Jalin Komunikasi Secara Terbuka


Jalin Komunikasi Secara Terbuka
Pexels/Mikhail Nilov

Komunikasi adalah kunci penting dalam sebuah hubungan. Tanpa adanya komunikasi, hubungan yang tadinya sangat erat dapat merenggang dengan mudah. Oleh karena itu, jika ingin memiliki hubungan yang harmonis, sebaiknya jalin komunikasi secara terbuka yang berjalan dua arah.

Berkomunikasi secara terbuka juga mengharuskanmu untuk menghormati pasangan meski memiliki perbedaan pendapat. Kalau kamu dan pasangan sudah terbiasa menjalin komunikasi, segala permasalahan yang datang dapat diatasi dengan mudah.

2. Saling Mendukung


Saling Mendukung
Pexels/Alex Green

Kehadiran pasangan di masa-masa sulit atau bahagia terkadang jauh lebih berharga dari apapun. Saling mendukung dan memotivasi satu sama lain juga bisa dijadikan tips penting dalam menjalani hubungan yang sehat.

Jika pasangan sedang melalui hari yang berat, sebaiknya dengarkan keluh kesahnya dan hibur dia dengan berbagai lelucon kecil. Kamu juga bisa memberinya motivasi agar tetap bersemangat dalam menjalani setiap rintangan yang hadir.

Yang tak kalah penting, usahakan untuk memahami apa yang dia lalui tanpa menghakiminya sedikit pun. Saling mendukung dan berbagi tawa akan membuatmu dan pasangan lebih dekat secara emosional.

3. Memiliki Batasan Privasi


Memiliki Batasan Privasi
Pexels/Keira Burton

Tips penting berikutnya dalam sebuah hubungan yang sehat adalah memiliki batasan privasi. Berpacaran adalah menggabungkan dua jiwa dalam satu hubungan, sehingga kita tetap harus menghormati privasi satu sama lain jika ingin menjalani hubungan dengan nyaman.

Usahakan untuk tidak mengekang pasangan dan biarkan dia menikmati waktu luangnya saat tidak sedang bersama. Beri pasangan waktu me time untuk mengembangkan kemampuan diri maupun kesehatan mentalnya.

Ingat, pasangan kita juga memiliki kehidupan dan kesibukan lain yang harus dilakukan, dan itu tidak selalu tentangmu. Oleh karena itu, bebaskan dia dan dukung setiap keinginannya, termasuk sekolah, kuliah, pekerjaan maupun hobi.

4. Bedakan Antara Cinta dan Nafsu


Bedakan Antara Cinta dan Nafsu
Pexels/PNW Production

Masih banyak orang yang tidak dapat memahami perbedaan antara cinta dan nafsu. Sebab keduanya adalah hal yang sangat manusiawi dan sering kita rasakan saat menjalin hubungan romantis dengan seseorang. Bila ingin menjalani hubungan yang sehat, penting untuk membedakan cinta dan nafsu agar kita terhindar dari berbagai hal yang merugikan.

Sebaiknya buat batasan tertentu saat berpacaran. Kamu bisa membicarakannya secara baik-baik dengan pasangan, dengan menentukan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat sedang bersama. Hindari juga seks bebas yang cukup berbahaya dan melanggar norma.

Dua orang yang sedang jatuh cinta biasanya lebih mengutamakan kualitas hubungan dan tak akan kehabisan bahan obrolan. Kamu juga bisa melakukan kencan bermanfaat seperti olahraga bersama, pergi ke tempat bernuansa alam, ikut kegiatan sosial bareng dan masih banyak lagi.

5. Jangan Ragu Menunjukkan Kasih Sayang


Jangan Ragu Menunjukkan Kasih Sayang
Pexels/Katerina Holmes

Love languange atau bahasa cinta sangat penting dipahami jika sedang menjalani hubungan romantis dengan seseorang. Hal ini memiliki banyak tujuan penting, seperti membantumu mengkomunikasikan kebutuhan, membuatmu merasa lebih dihargai, memperkuat hubungan dengan pasangan dan masih banyak lagi.

Perlu diketahui bahwa kamu dan pasangan tidak harus memiliki love languange yang sama. Yang perlu kamu lakukan adalah memahami bahasa cinta pasangan agar dapat menghindari terciptanya masalah.

Setelah memahami love languange pasangan, jangan ragu untuk mengungkapkan perasaan cintamu kepadanya. Misalnya jika bahasa cinta pasanganmu adalah words of affirmation, kamu bisa memberinya pujian atau beragam kata manis. Dijamin deh dia bakal klepek-klepek!

6. Mengenal Keluarga dan Sahabat Pasangan


Mengenal Keluarga dan Sahabat Pasangan
Pexels/Nicole Michalou

Menjalin silaturrahmi dengan orang-orang terdekat pasangan adalah salah satu tips pacaran sehat yang patut kamu terapkan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kehidupan pasangan tidak hanya berpusat padamu. Dia juga memiliki keluarga, kerabat dan rekan dekat yang memiliki peran penting dalam hidupnya.

Mengenal keluarga atau sahabatnya dengan lebih dekat bisa menjadi kunci penting untuk memahami pasanganmu. Tips pacaran satu ini cocok dilakukan oleh siapapun, terutama mereka yang berencana untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius.

7. Mengatasi Konflik dengan Kepala Dingin


Mengatasi Konflik dengan Kepala Dingin
Pexels/Keira Burton

Tips terakhir untuk menjalani hubungan yang sehat adalah dengan mengatasi konflik dengan kepala dingin. Selesaikan konflik yang muncul sesegera mungkin sebelum hari berakhir agar tidak sampai berlarut-larut. Jika berhasil melakukan ini, kamu dan pasangan akan merasa nyaman. Hubungan kalian juga bisa lebih langgeng.

Untuk itu, pastikan kamu tetap berbicara dengan tenang, sopan dan terbuka agar bisa menemukan solusi terbaik. Yang tak kalah penting, hindari kekerasan verbal maupun fisik dan keluarkan semua uneg-unegmu tanpa menyakiti perasaan pasangan.

Demikian tujuh tips penting yang bisa kamu terapkan untuk menjalin hubungan pacaran yang sehat. Simak juga artikel ini untuk mengenali ciri-ciri pelaku flexing yang kerap menipu masyarakat. Kamu juga bisa mengetahui cara menyikapi pelaku flexing melalui artikel ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait