Kesehatan Joe Biden Dikhawatirkan Usai Sempat Cipika-Cipiki Dengan Ketua DPR AS yang Positif Corona
Instagram/speakerpelosi
Dunia

Biden dan Pelosi tampak berinteraksi dalam jarak dekat di acara Gedung Putih pada Selasa (5/4). Dalam video yang beredar, Pelosi dan Biden bahkan tampak sempat 'cipika-cipiki' alias saling mencium pipi di acara tersebut.

WowKeren - Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi dinyatakan positif terpapar COVID-19. Pelosi dinyatakan positif sehari setelah menghadiri acara di Gedung Putih tanpa masker bersama Presiden Joe Biden.

Pada Kamis (7/3), juru bicara Pelosi, Drew Hammil, mengungkapkan bahwa wanita berusia 82 tahun tersebut dinyatakan positif COVID-19 tanpa gejala. Pelosi juga disebut sempat dinyatakan negatif COVID-19 pada awal pekan ini.

"Ketua DPR telah divaksinasi penuh dan menerima booster, ia berterima kasih atas atas perlindungan kuat yang diberikan vaksin," ujar Hammil.

Hammil menjelaskan bahwa Pelosi akan menjalani karantina sesuai panduan CDC. Pelosi juga disebut mendorong semua orang untuk mendapatkan vaksinasi, booster dan tes secara teratur.

Sementara itu, kekhawatiran atas kondisi kesehatan Presiden Biden pun muncul usai Pelosi dinyatakan positif COVID-19. Biden dan Pelosi tampak berinteraksi dalam jarak dekat di acara Gedung Putih pada Selasa (5/4). Dalam video yang beredar, Pelosi dan Biden bahkan tampak sempat "cipika-cipiki" alias saling mencium pipi di acara tersebut.


Terkait hal ini, Sekretaris Pers Gedung Putih, Jen Psaki, menyatakan bahwa Biden tidak termasuk dalam kategori "kontak dekat" Pelosi meski mereka sempat berinteraksi. Pasalnya, CDC mengkategorikan kontak dekat sebagai mereka yang sempat melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19 tanpa memakai masker dalam jarak 1,8 meter selama lebih dari 15 menit di periode waktu 24 jam.

"Bagaimana kalian bisa mengatakan Presiden Biden bukan kontak dekat Pelosi saat ada video yang menunjukkan Pelosi mencium (pipi) Biden?" tanya awak media kepada Psaki pada Kamis.

"(Kontak dekat) didefinisikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, CDC. Dan definisi mereka (soal kontak dekat) adalah melakukan kontak selama 15 menit dalam periode waktu tertentu, dalam jarak 6 kaki. (Biden) tidak memenuhi syarat tersebut," jawab Psaki.

Meski demikian, Psaki menyatakan bahwa hal ini bukan berarti orang-orang yang tidak melakukan kontak dekat tidak akan bisa terpapar COVID-19. Psaki menjelaskan bahwa pihaknya hanya mendefinisikan apakah Biden dan interaksinya dengan Pelosi termasuk dalam kategori kontak dekat CDC atau tidak.

Berdasarkan pernyataan Gedung Putih, Biden telah dilaporkan negatif COVID-19 pada Kamis. Biden juga disebut berharap agar Pelosi dapat segera sembuh.

"Sebagai bagian dari testing rutinnya, Presiden telah dinyatakan negatif semalam. Ia akan terus menjalani tes COVID-19 secara rutin," demikian pernyataan pihak Gedung Putih.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru