'Let The Earth Breathe' Jadi Perhatian Luas, Yuk Bantu Selamatkan Bumi  dengan 10 Cara Mudah Ini
Pexels/Porapak Apichodilok
SerbaSerbi

Sehubungan dengan kampanye Let The Earth Breath yang masih ramai dibahas hingga saat ini, tim WowKeren telah merangkum beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan untuk mensukseskannya. Apa saja itu?

WowKeren - Tagar Let The Earth Breath sempat menjadi trending topic di Twitter pada akhir pekan lalu. Bahkan topik tersebut masih menjadi perbincangan luas hingga saat ini.

Sebagai informasi, isu Let The Earth Breath berkaitan dengan aksi protes para ilmuwan NASA yang menangis saat menyuarakan peringatan iklim global. Video mereka kemudian menyebar di media sosial dan menjadi viral usai dibagikan hingga jutaan kali.


Warganet yang merasa bersimpati kemudian melakukan gerakan Let The Earth Breath dalam rangka menyelamatkan Bumi dari pemanasan global. Mereka menilai bahwa kondisi Bumi sudah semakin kritis, sehingga dapat mengancam perubahan iklim secara drastis.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren telah merangkum beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan untuk membantu menyelamatkan Bumi. Penasaran apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Buang Sampah Pada Tempatnya


Buang Sampah Pada Tempatnya
Pixabay/imordaf

Membuang sampah adalah salah satu cara mudah yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan Bumi. Sayangnya, masih ada banyak orang yang belum memiliki kesadaran diri untuk menerapkan hal ini.

Bagi kalian yang ingin berperan dalam kampanye penyelamatan Bumi, sebaiknya selalu buang sampah pada tempatnya. Dengan melakukan hal ini, kalian bisa membantu mengurangi polusi tanah yang dapat mengakibatkan tanah menjadi tidak subur.

2. Cabut Kabel Saat Tidak Digunakan


Cabut Kabel Saat Tidak Digunakan
Pexels/SCREEN POST

Mencabut kabel saat tidak digunakan menjadi salah satu langkah penting dalam menyelamatkan Bumi. Begitupun dengan tindakan sederhana mematikan lampu saat tidak digunakan.

Cara ini bisa membantu Bumi menghemat sumber energi agar tidak cepat habis, karena jika terus dikeruk, sumber energi di Bumi akan langka atau bahkan habis. Yang tak kalah penting, cara ini juga membantu mengurangi kemungkinan terjadinya kebakaran.

3. Hemat Air


Hemat Air
Pexels/Dominika Roseclay

Sebanyak 72 persen permukaan Bumi tertutup oleh air, namun hanya 3 persen air tawar yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan jumlah yang sedikit, ditambah dengan tidak banyak orang yang bisa menyuling air, penting bagi kita untuk menghemat penggunaannya.

Caranya mudah, cukup gunakan air secukupnya dan matikan kran saat tidak digunakan. Dengan begitu, air bersih yang ada tidak akan terbuang sia-sia.

4. Menanam Pohon


Menanam Pohon
Pexels/Akil Mazumder

Salah satu cara terpenting dalam menyelamatkan Bumi adalah dengan menanam pohon. Pasalnya, pohon membantu menyerap karbon dioksida yang kita hasilkan sekaligus menyediakan oksigen yang kita hirup sehari- hari.

Sayangnya, jumlah pohon di Bumi semakin berkurang karena ditebang untuk berbagai keperluan. Jika hal ini terus dibiarkan, pemanasan global akan semakin parah dan pasokan oksigen untuk keperluan kita bernafas akan menipis.

Oleh karena itu, usahakan untuk mulai menanam satu atau dua pohon dalam kurun waktu tertentu dan ajak orang-orang terdekat untuk melakukan aksi serupa. Dengan begitu, kamu bisa membantu menyelamatkan Bumi kita tercinta.

5. Tutup Pintu dan Jendela Saat Menyalakan AC


Tutup Pintu dan Jendela Saat Menyalakan AC
Pexels/Max Vakhtbovych

Cara lain untuk menyelamatkan Bumi adalah dengan mengurangi degradasi lapisan ozon di atmosfer. Untuk melakukan ini, kamu bisa menerapkan langkah sederhana yaitu menutup pintu dan jendela saat menyalakan AC atau pendingin ruangan.

Selain itu, sebaiknya jangan menyemprot parfum di ruangan terbuka, menutup pintu kulkas secepatnya serta mengurangi kegiatan pembakaran di luar ruangan. Dengan menerapkan cara ini, kamu dapat meminimalisir pemanasan global dan mengurangi dampak negatif sinar UV.

6. Jangan Terlalu Sering Ganti HP


Jangan Terlalu Sering Ganti HP
Pexels/Pixabay

Jika kamu terbiasa gonta-ganti HP, sebaiknya hentikan kebiasaan itu mulai dari sekarang. Meski terkesan sepele, tindakan ini dapat membuat kondisi Bumi menjadi semakin buruk. Apa alasannya?

Barang elektronik seperti HP merupakan salah satu barang yang sulit untuk diolah kembali. Proses pengolahan limbahnya juga dapat menimbulkan efek buruk bagi pencemaran udara. Jadi, semakin sering berganti HP, maka efek produksinya akan semakin buruk bagi Bumi.

7. Hemat dalam Menggunakan Kertas


Hemat dalam Menggunakan Kertas
Pexels/Pixabay

Sebagian besar bubur kertas terbuat dari pohon. Artinya, kita harus menebang banyak pohon untuk memproduksi barang tersebut. Jika sudah demikian, jumlah pohon yang ada di Bumi akan semakin menipis dan memperparah pemanasan global.

Oleh karena itu, usahakan untuk menghemat penggunaan kertas. Caranya mudah, yakni kita bisa beralih menggunakan E-Book, memaksimalkan penggunaan kertas dengan print bolak-balik hingga mendaur ulang sampah kertas.

8. Kurangi Penggunaan Plastik


Kurangi Penggunaan Plastik
Pexels/mali maeder

Plastik adalah salah satu barang yang paling sulit untuk diurai, sehingga menimbulkan banyak dampak buruk untuk Bumi. Oleh sebab itu, sebaiknya kurangi penggunaan plastik jika kamu ingin membantu memperpanjang umur Bumi ya.

Untuk menerapkan hal itu, kamu bisa menggunakan tas kain untuk berbelanja dan menghindari minum air kemasan yang menghabiskan banyak plastik. Namun jika terpaksa menggunakan plastik, sebaiknya pilih kantong plastik yang dapat didaur ulang ya.

9. Batasi Penggunaan Kendaraan Bermotor


Batasi Penggunaan Kendaraan Bermotor
Pexels/mentatdgt

Membatasi penggunaan kendaraan bermotor juga berperan penting dalam menyelamatkan Bumi. Tindakan yang terkesan sederhana ini dapat membatasi peningkatan karbon dioksida dan karbon monoksida di atmosfer, salah satu penyebab pemanasan global.

Sebagai gantinya, kamu bisa berjalan kaki atau menggunakan sepeda saat bepergian dalam jarak dekat. Jika bepergian jarak jauh, kamu bisa memilih alat transportasi umum sebagai alternatif.

10. Terapkan Reduce, Reuse dan Recycle


Terapkan Reduce, Reuse dan Recycle
Pexels/Anete Lusina

Cara mudah lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan Bumi adalah dengan menerapkan sistem Reduce, Reuse dan Recycle. Ini adalah cara sederhana yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Reduce adalah tindakan mengurangi jumlah sampah yang kita hasilkan. Untuk menerapkan hal ini, sebaiknya beli produk yang dapat digunakan kembali alih-alih yang bersifat sekali pakai.

Reuse adalah penggunaan kembali barang. Kamu bisa menerapkannya dengan menggunakan kembali benda bekas seperti kantong atau botol plastik.

Sedangkan recycle adalah kegiatan mendaur ulang sampah menjadi barang baru. Untuk melakukan ini, kamu bisa mendaur ulang kertas, plastik dan berbagai jenis limbah lainnya menjadi barang yang lebih bermanfaat.

Demikian beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk membantu menyelamatkan Bumi. Mudah dan tak sulit dilakukan, bukan? Semoga artikel WowKeren di atas bisa membuat kalian termotivasi untuk membantu meminimalisir pemanasan global ya!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait