Bak Kartini Masa Kini, NIKI dan 9 Selebriti Perempuan Ini Memiliki Kisah Perjuangan Yang Inspiratif
Instagram/nikizefanya
Selebriti

Hari Kartini jatuh pada tanggal 21 April setiap tahunnya. Sebenarnya, semua wanita Tanah Air bisa menjadi Kartini di bidangnya. Sederet nama artis Nusantara ini layak disebut Kartini masa kini.

WowKeren - Pengaruh sosok Raden Ajeng Kartini bagi Indonesia sungguhlah besar. Pahlawan Nasional asal Jawa ini sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Kartini diketahui rajin menulis surat tentang pemikirannya terhadap kesetaraan gender, kesamaan kelas sosial dan budaya, serta masalah umum lain yang kerap terjadi di Indonesia.

Buah pemikiran Kartini terus berkembang hingga saat ini dan jauh melewati apa yang ia dicita-citakan bagi perempuan Tanah Air. Alhasil, hari lahir Kartini selalu diperingati setiap tahunnya. Namun, perayaan Hari Kartini tak hanya sekadar seremoni dengan mengenakan kebaya. Pada hakikatnya, Hari Kartini disebut-sebut sebagai momen pembuktian terkait kegigihan dan keuletan para perempuan dalam memajukan Indonesia.

Di sisi lain, Kartini masa kini banyak ditemukan di Indonesia. Para perempuan mampu membuktikan perannya dalam kemajuan Indonesia baik di bidang pendidikan, kebudayaan, ekonomi, teknologi hingga lingkungan. Beberapa selebriti kondang ini berhak menjadi role mode karena memiliki kisah inspiratif di bidangnya masing-masing. Siapakah mereka? Yuk, simak di bawah ini!

(wk/raud)

1. NIKI


NIKI
Instagram/nattografi

NIKI berhak disebut sebagai Kartini di bidang musik R&B. Penyanyi "La La Lost You" ini seolah menunjukkan betapa indahnya mimpi yang diimbangi dengan kerja keras. Dalam kurun waktu satu dekade, NIKI berhasil membuktikan diri dengan tampil dari panggung "Dahsyat" ke Coachella 2022. Ia bahkan menjadi penyanyi perempuan Indonesia pertama yang tampil di panggung Coachella.

2. Nadine Chandrawinata


Nadine Chandrawinata
Instagram/nadinelist

Artis selanjutnya adalah Nadine Chandrawinata. Istri Dimas Anggara ini memang kerap menyandang gelar Duta di berbagai bidang. Nadine pernah menjadi Duta HAM Bidang Lingkungan, Duta Wisata Bahari, Duta Autisme, Duta Aku Cinta Indonesia (ACI), serta Duta Gajah Sumatra bersama Maia Estianty.

Tak cuma itu, Nadine mendirikan organisasi peduli lingkungan di Indonesia bernama Sea Soldier bersama Dinni Septianingrum pada 28 Maret 2015. Sea Soldier konsisten memberdayakan masyarakat di 15 daerah untuk aktif menjaga lingkungan. Tak ayal Nadine dan Dimas memutuskan untuk mengadopsi pohon meranti sebagai perayaan satu bulan kelahiran putri sulungnya.

3. Sherina


Sherina
Instagram/sherinasinna

Sherina cukup aktif dalam melakukan aksi sosial. Penyanyi "Cinta Pertama dan Terakhir" ini sempat diundang Jackie Chan untuk mengisi acara amal yang digelar di Victoria Park. Acara itu bertujuan untuk menggalang dana bagi korban gempa dan tsunami di Jepang. Pada tahun 2020, Sherina pergi ke Kalimantan untuk mempelajari kehidupan Orangutan bersama BOS Foundation. Ia bahkan melakukan aksi menanam pohon dan ikut melepaskan Orangutan bernama Oci dari sekolah hutan ke ke titik PRA-pelepasliaran di Pulau Bangamat.

Sherina juga menjadi Duta Satu Hati Cerdaskan Bangsa (SHCB) Pocari Sweat. Ini merupakan bentuk kepedulian bagi pendidikan anak Indonesia melalui pengembangan minat baca. Ia bersama tim mendirikan fasilitas perpustakaan di sekolah-sekolah yang tersebar di daerah Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Sumatra Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Papua.

4. Happy Salma


Happy Salma
Instagram/happysalma

Aktris senior Happy Salma memang dikenal sangat mencintai dunia sastra dan teater. Alhasil, ia mendirikan Titimangsa Foundation pada Oktober 2007 yang bergerak di bidang budaya khususnya seni pertunjukan. Pada akhir 2021 lalu, Happy menjadi produser dari teater "Mereka yang Menunggu di Banda Neira" dan menggandeng Lukman Sardi serta putra sulungnya, Akiva. Adapun Happy memiliki bisnis perhiasan dengan merk Tulola yang cukup dikenal publik karena desain elegannya.

5. Marshanda


Marshanda
Instagram/marshanda99

Marshanda juga memiliki kisah tak kalah inspiratif. Aktris kondang ini diketahui didiagnosa mengidap bipolar, sebuah gangguan mental yang berhubungan dengan perubahan suasana hati pada tahun 2009 silam. Ia membutuhkan waktu 4 tahun agar bisa menerima keadaan tersebut. Kini, Marshanda berdamai dengan diri sendiri dan berhasil mendirikan komunitas kesehatan mental bernama MARSHED TRIBE.

6. Dian Sastro


Dian Sastro
Instagram/therealdisastr

Kontribusi Dian Sastro di industri perfilman Tanah Air tak perlu diragukan lagi. Di sisi lain, Dian sangat peduli pada dunia pendidikan perempuan. Ia pun mendirikan Yayasan Dian Sastrowardoyo (YDS) pada 2009 dan memberikan beasiswa pendidikan penuh untuk perempuan-perempuan muda dari keluarga kurang mampu. Beasiswa Dian ini menuai pujian dari publik.

7. Cinta Laura


Cinta Laura
Instagram/claurakiehl

Cinta Laura merupakan salah satu selebriti yang memiliki latar pendidikan yang tinggi. Ternyata, penyanyi "Guardian Angel" itu juga memiliki jiwa sosial yang tinggi di bidang pendidikan. Cinta dan keluarganya pun mendirikan sekolah di bawah naungan Yayasan Soekarseno Peduli. Cinta bahkan melakukan survey dan diskusi dengan tenaga pendidik sebelum mendirikan sekolah.

Tak cuma itu, Cinta juga dikenal berhati besar. Ia memiliki kebiasaan hidup hemat karena lebih suka menggunakan uangnya untuk menyekolahkan anak kurang mampu dan bersedekah. Cinta selalu teringat stafnya di rumah jika ingin berbelanja.

8. Gita Gutawa


Gita Gutawa
Instagram/gitagut

Gita Gutawa merupakan public figure yang konsisten berkarya di bidang musik, Gita remaja memang aktif sebagai penyanyi, namun begitu menyelesaikan pendidikannya di University of Birmingham, ia fokus menjadi komposer. Pada tahun 2021, Gita dan sang ayah, Erwin Gutawa, menggelar konser virtual "Di Atas Rata-Rata" yang bekerjasama dengan UNICEF Indonesia. Sebelumnya, Gita pernah membintangi film pendek "Grain" produksi organisasi besar dunia, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

9. Maudy Ayunda


Maudy Ayunda
Instagram/maudyayunda

Maudy Ayunda memang menjadi panutan di bidang pendidikan bagi perempuan muda Indonesia. Di sisi lain, ia mendampingi Perdana Menteri Inggris, David Cameron, saat mengunjungi Jakarta pada tahun 2015. Maudy juga terlibat dalam kampanye melawan perbudakan modern, yang meliputi kerja paksa, pernikahan, dan pekerjaan berbahaya.

Artis 27 tahun ini merupakan pembicara termuda di Forum Ekonomi Global 2015. Maudy dipilih oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia sebagai Wanita Inspiratif Indonesia pada tahun 2016. Ia juga ditunjuk pemerintah untuk menjadi juru bicara Presidensi G20 Indonesia.

10. Agnez Mo


Agnez Mo
Instagram/agnezmo

Agnez Mo (Agnes Monica) tentu tak boleh dilewatkan sebagai wanita inspiratif Indonesia. Diva kondang ini bahkan sempat meraih Kartini Award dari Wanita Indonesia Tanpa Tembakau (WITT) dan World Health Organization (WHO) karena memiliki citra yang baik. Agnes telah memiliki segudang prestasi di bidang seni karena telah berkarier sebagai artis selama 30 tahun lamanya. Tak mengherankan jika Agnes menjalin hubungan baik dengan sederet selebriti internasional.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel