Bikin Nggak Nyaman, Ini yang Harus Kamu Lakukan Saat Jadi Korban Orbiting Mantan Pacar
Pexels/Ivan Samkov
SerbaSerbi

Orbiting adalah keadaan di mana seseorang masih suka kepoin mantan pacar lewat media sosial. Meski tidak kejam, tindakan ini bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman.

WowKeren - Orbiting menjadi salah satu masalah yang muncul usai putus cinta. Ini adalah perilaku toxic yang bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman jika terus dibiarkan.

Secara lebih detail, orbiting adalah suatu kondisi ketika seseorang masih suka memantau aktivitas mantan pacarnya di media sosial. Misalnya dengan melihat story Instagram atau WhatsApp hingga menyukai dan mengomentari postingan mereka.


Perilaku ini tak berbeda dengan istilah orbit yang berarti peredaran. Sebab meskipun sudah putus komunikasi, mereka masih sering muncul dan meninggalkan jejak di media sosial milikmu.

Meski tidak kejam, orbiting dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman bagi para korbannya. Mereka akan kebingungan, berprasangka negatif hingga kesulitan untuk move on. Padahal, mereka bisa saja ingin membuka lembaran baru dengan orang lain yang lebih baik dari mantan kekasihnya.

Jika sebelumnya WowKeren telah merangkum beberapa dampak orbiting, kali ini tim redaksi menghadirkan sejumlah cara untuk menyikapi perilaku tersebut. Apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini:

(wk/eval)

1. Kontrol Dirimu Sendiri


Kontrol Dirimu Sendiri
Pexels/Andrea Piacquadio

Saat mantan memantau aktivitas kita di media sosial, kita mungkin berpikir bahwa mereka masih menyimpan rasa untuk kita. Kita akhirnya mengembangkan harapan palsu untuk bisa kembali menjalin hubungan dengan mereka.

Jika ini terjadi, sebaiknya kontrol dirimu dengan sebaik mungkin dengan cara tidak melakukan hal serupa. Tahanlah untuk tidak melihat story mereka atau menyukai dan mengomentari postingan mereka.

2. Istirahat Sejenak dari Media Sosial


Istirahat Sejenak dari Media Sosial
Pexels/freemockups.org

Istirahat sejenak dari media sosial penting dilakukan untuk menjaga kesehatan mental kita. Salah satunya adalah membuat jera para mantan yang suka mengorbit media sosial kita.

Saat kita berhenti membuat story atau memposting konten di media sosial, minat mereka pada kita juga akan menurun. Mereka akhirnya berhenti mengorbit dan melupakan kita sepenuhnya. Dengan begitu, kita dapat melanjutkan hidup tanpa bayang-bayang masa lalu.

3. Introspeksi Diri


Introspeksi Diri
Pexels/Alex Green

Langkah berikutnya yang harus kalian lakukan adalah introspeksi diri. Tak ada salahnya untuk bertanya pada diri sendiri apakah kalian memiliki kesalahan atau tanggungan yang belum terselesaikan hingga membuat mereka terus "menempel" di sisi kalian.

Selain itu, jika kalian tidak suka melihat mantan terus mengawasi media sosial kalian, maka jangan pernah melakukan itu pada mereka. Dengan demikian, kalian bisa hidup dengan lebih nyaman daripada sebelumnya.

4. Abaikan Tindakan Mereka


Abaikan Tindakan Mereka
Pexels/Keira Burton

Jika mantan ingin kembali menjalin hubungan denganmu, maka dia akan "menempuh cara yang benar" untuk melakukannya. Dia akan menghubungimu secara pribadi, bukan mengintaimu di media sosial. Karena itulah perilaku orbiting menunjukkan bahwa mereka hanya penasaran denganmu, bukan ingin kembali bersamamu.

Jadi, salah satu cara terbaik untuk menghadapi para pengorbit adalah dengan mengabaikan tindakan mereka. Jangan buang waktumu untuk menerka-nerka apa maksud mereka yang sebenarnya. Daripada menaruh harapan palsu, biarkan saja mereka mengorbit dan fokus saja melakukan hal-hal yang lebih positif.

5. Unfollow atau Blokir Medsos Mantan


Unfollow atau Blokir Medsos Mantan
Pxhere/Q000024

Jika cara keempat tidak mempan dan kamu menjadi sangat terganggu dengan perilaku sang mantan, tak ada salahnya untuk berhenti mengikuti dan memblokir akun media sosial mereka. Jangan ragu untuk menetapkan batasan jika kamu benar-benar merasa tidak nyaman dengan perilakunya.

Namun jika kamu merasa tindakan itu terlalu ekstrem, tak ada salahnya untuk menyembunyikan story maupun postinganmu darinya. Dengan begitu, kamu akan meminimalisir kontak dengannya di media sosial.

6. Komunikasikan dengan Mantan


Komunikasikan dengan Mantan
Pexels/mentatdgt

Kalau kamu adalah tipe orang yang suka mengkomunikasikan sesuatu dengan baik, tak ada salahnya untuk membicarakan masalah ini secara langsung dengan mantan. Kamu bisa memilih untuk membicarakannya lewat pesan atau bertemu secara langsung.

Katakan pada mereka bahwa kamu merasa tidak nyaman dengan tindakannya. Tegaskan pula bahwa kamu merasa ketakutan, marah sekaligus frustrasi karena hal itu. Selain itu, pilih waktu dan kata-katamu dengan hati-hati agar maksudmu bisa tersampaikan dengan baik dan tak meninggalkan dendam.

7. Report Akun Mereka atau Laporkan ke Pihak yang Berwenang


Report Akun Mereka atau Laporkan ke Pihak yang Berwenang
Pxhere

Jika sejumlah cara di atas tak membuahkan hasil, tak ada salahnya untuk melaporkan akun mereka melalui fitur yang disediakan masing-masing platform. Dengan begitu, platform yang bersangkutan akan mengambil langkah pencegahan agar kamu tak diganggu lagi oleh mereka.

Dan jika cara mereka menguntit sudah sangat parah, kamu bisa melaporkannya ke pihak yang berwenang. Kejadian ini bisa menyebabkan trauma dan ketakutan berkepanjangan jika tak segera dihentikan.

Demikian tujuh cara menyikapi pelaku orbiting yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian ya!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait