Wapres Ma'ruf Amin Benarkan Soal Kabar Reshuffle Kabinet: Ada Dua yang Lowong
wapresri.go.id
Nasional

Hingga saat ini, kabar mengenai reshuffle atau perombakan kabinet masih santer terdengar seperti baru-baru ini. Atas hal ini, Wapres Ma'ruf Amin pun telah membenarkan akan ada reshuffle.

WowKeren - Belakangan, beredar kabar terkait dengan adanya perombakan atau reshuffle kabinet menteri. Namun hal ini rupanya tidak lagi hanya sekadar kabar lantaran Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin telah membenarkan bahwa reshuffle kabinet akan terjadi.

Menurut Ma'ruf, reshuffle itu nantinya akan terjadi pada dua Kementerian yakni Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (MenPAN-RB) dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

"Reshuffle kan ada dua yang lowong, satu MenPAN-RB itu pasti diisi, dua wakil menteri luar negeri jadi Ketua OJK, nah itu yang pasti diisi," ujar Ma'ruf Amin dalam rekaman video yang diterima Liputan6.com, Sabtu (20/8).

Sementara terkait dengan reshuffle di kementerian lainnya, Ma'ruf Amin tidak membeberkannya secara gamblang. Sehingga ia pun meminta publik untuk menunggu perombakan kabinet tersebut. "Kalau yang lainnya, saya kira tunggu saja," ungkap Ma'ruf Amin.

Sebagaimana diketahui, Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Stafsus Mensesneg) Faldo Maldini sebelumnya sempat mengatakan bahwa reshuffle sangat mungkin dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. Hal ini dikarenakan ada kursi menteri yang hingga saat ini belum terisi.


"Semuanya sangat memungkinkan, apalagi masih ada pos menteri yang masih kosong hingga hari ini," terang Faldo kepada wartawan, Jumat (19/8). "Ya pasti, akan diisi. Pasti ada reshuffle."

Selanjutnya, Faldo mengatakan bahwa Jokowi membutuhkan tim yang mampu membuat kemajuan bangsa dan melakukan lompatan lebih tinggi. Maka dari itu, ia menyebut bahwa reshuffle kabinet bisa saja dilakukan apabila Presiden Jokowi membutuhkan.

Faldo lantas menilai bahwa Jokowi tentunya sudah memiliki perhitungan, terlebih di tengah situasi ketidakpastian global, krisis pangan dan energi yang saat ini menjadi perhatian. "Butuh solusi untuk itu, maka perombakan pun dapat dilakukan bila dibutuhkan," beber Faldo.

Mengenai kosongnya kursi MenPAN-RB sendiri sudah berlangsung sejak meninggalnya Tjahjo Kumolo. Namun hingga kini Jokowi belum juga melantik MenPAN-RB yang baru.

Meski begitu, Jokowi disebut sudah mengantongi nama calon MenPAN-RB yang baru. Akan tetapi akan dibahas terlebih dahulu dengan Ketua PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait