Cocok Diputar Bareng Teman Dekat, 10 Lagu Indonesia Ini Menceritakan Hangatnya Persahabatan
Unsplash/Simon Maage
Musik

Indahnya arti persahabatan tak jarang membuat musisi Tanah Air menjadikannya sebagai inspirasi untuk karya lagu. Berikut lagu Indonesia yang mengangkat tema persahabatan.

WowKeren - Memiliki sahabat memang bisa dikatakan adalah anugerah dalam hidup seseorang. Sebab, seorang sahabat sejati pada umumnya akan bisa menjadi teman baik untuk melalui berbagai momen, tak hanya momen suka namun juga duka.

Sahabat biasanya akan menjadi orang yang paling mengerti dan memahami bahkan menjadi penopang ketika hidup tidak berjalan seperti yang diharapkan. Bagi sebagian orang, persahabatan adalah hal yang tak ternilai harganya. Tak heran, jika tema persahabatan ini sering kali menjadi inspirasi bagi para musisi Tanah Air untuk menulis syair lagu.


Indahnya persahabatan yang dituangkan dalam sebuah lagu bisa membuat kita semakin menghargai arti pertemanan. Deretan lagu berikut menggambarkan hangatnya persahabatan yang tak lekang oleh waktu dan sangat cocok dinikmati bersama sahabat tercinta.

Berikut tim WowKeren rangkum sepuluh lagu karya musisi Tanah Air yang mengangkat tema persahabatan. Yuk, ajak teman kamu mendengarkan deretan lagu berikut saat meluangkan waktu berharga kalian!

(wk/zodi)

1. 'Untuk Sahabat' - Audy ft Nindy


 'Untuk Sahabat' - Audy ft Nindy
YouTube/audyVEVO

Lagu pertama yang bisa kamu dengarkan bareng sahabat tercinta adalah "Untuk Sahabat" yang dinyanyikan secara duet oleh Audy Item dan Nindy. Lagu yang ditulis oleh gitaris Sheila On 7, Eross Candra, ini menceritakan kisah sahabat yang saling mendukung satu sama lain untuk mewujudkan mimpi masing-masing.

Di awal lagu, pendengar diingatkan bahwa ketika seseorang ditinggal pergi oleh kekasih yang dicintai, masih ada sahabat yang siap menemani untuk melalui semuanya. Sahabat, dijelaskan dalam lagu ini, adalah sosok yang bisa diajak berbagi untuk menggapai mimpi maupun mencari jati diri bersama-sama.

2. 'Kepompong' - Sindentosca


'Kepompong' - Sindentosca
YouTube/doddy irawan

"Kepompong" merupakan single dari Sindentosca yang dirilis pada tahun 2008. Sindentosca sendiri adalah grup musik indie yang unik. Pasalnya, grup ini hanya memiliki satu orang anggota yakni Jalu. "Kepompong" adalah soundtrack sinetron remaja dengan judul serupa yang pernah sangat populer di antara tahun 2008-2010.

Tak hanya memiliki lirik yang sederhana dan mudah diingat, lagu ini menceritakan kisah persahabatan bagai kepompong. Menjalin persahabatan memang tidak mudah, yang digambarkan sebagai kepompong namun jika berhasil dipertahankan maka itu akan menjadi sesuatu yang indah, yang digambarkan sebagai kupu-kupu.

3. 'Sahabat' - Peterpan


'Sahabat' - Peterpan
YouTube/Musica Studios

Selanjutnya, ada "Sahabat" yang dinyanyikan oleh grup musik Peterpan, atau yang sekarang dikenal sebagai NOAH. Menjadi salah satu grup musik yang paling populer di Indonesia, membuat NOAH memiliki banyak lagu hits, termasuk "Sahabat" yang dirilis pada tahun 2003.

"Sahabat" diciptakan sendiri oleh Ariel, Lukman, dan Uki. Lagu ini menceritakan pentingnya keberadaan seorang sahabat dalam hidup seseorang untuk berbagi cerita kehidupan. Memiliki lirik yang mendalam, lagu ini menjadi salah satu single dari album "Taman Langit".

4. 'Arti Sahabat' - Nidji


'Arti Sahabat' - Nidji
YouTube/NIDJI OFFICIAL

Satu lagi yang tak kalah populer, ada lagu bertema sahabat dari grup musik ternama Tanah Air, Nidji. Lagu yang dirilis pada tahun 2008 ini menjadi salah satu single dari album kedua Nidji yang bertajuk "Top Up". Diciptakan oleh sang drummer, Adri Prakarsa, lagu ini menceritakan pentingnya sosok sahabat yang hadir dalam kehidupan kita.

Meskipun dalam menjalani hidup rintangan datang silih berganti, namun itu semua bisa dilalui bersama sahabat. Sahabat akan menjadi teman untuk menghadapi tantangan di dunia bersama-sama, walaupun itu tidak mudah. Sahabat, dijelaskan dalam lagu ini, adalah orang yang bisa menerima kekurangan dan kelebihan kita.

5. 'Sahabat Kecil' - Ipang Lazuardi


'Sahabat Kecil' - Ipang Lazuardi
YouTube/MusicEverywhereNet

Lagu bertajuk "Sahabat Kecil" karya Ipang Lazuardi ini merupakan soundtrack dari film "Laskar Pelangi" yang dirilis pada tahun 2008 silam. "Sahabat Kecil" menceritakan betapa berharganya untuk memiliki seorang sahabat. Waktu-waktu yang dihabiskan bersama sahabat sangat berharga dan kebahagiaan itu tak akan bisa dibeli dengan uang.

"Sahabat Kecil" memiliki lirik yang mendalam, yang menceritakan bagaimana seorang sahabat membantu menghadapi seseorang melawan segala keterbatasan tanpa pantang menyerah. Sahabat akan tetap berada di sisi untuk menemani di kala sedih.

6. 'Sahabat Setia' - Andien


'Sahabat Setia' - Andien
YouTube/Dario Music

Lagu bertemakan sahabat yang bisa diputar bersama teman dekat lainnya adalah "Sahabat Setia" dari penyanyi jazz wanita Andien. Memiliki irama musik pop jazz yang dinamis, lagu ini menceritakan bagaimana sahabat setia menjadi teman untuk berbagi kisah, baik di kala suka maupun duka.

Dalam lagu ini, sahabat setia digambarkan akan tetap ada untuk merajut impian bersama dan menggapai cita-cita. Meski hari datang silih berganti, sahabat akan tetap berada di sisi hingga memberikan rasa hangat di hati. Bahkan dalam lagu ini sahabat setia digambarkan sebagai mutiara dunia yang bisa memberikan kebahagiaan.

7. 'Kita Selamanya' - Bondan Prakoso ft. Fade 2 Black


'Kita Selamanya' - Bondan Prakoso ft. Fade 2 Black
YouTube/sonymusicindonesia

Lagu bertema sahabat yang dinyanyikan oleh Bondan Prakoso ft. Fade 2 Black ini dikombinasikan dengan rap. Dirilis pada tahun 2010, lagu ini bercerita tentang menyongsong masa depan bersama sahabat. Cerita-cerita yang telah dirajut bersama sahabat, tidak akan lekang oleh waktu dan akan menjadi kenangan yang tak akan pernah berlalu.

Sahabat akan menjadi orang yang terus ada dalam pikiran karena ia adalah orang yang berharga dalam hidup. Kenangan akan sahabat yang terus setia menemani dalam suka dan duka akan menjadi semangat dalam menjalani hidup.

8. 'Teman Sejati' - HiVi


'Teman Sejati' - HiVi
YouTube/HIVI!

Menghadirkan sentimen yang hampir sama dengan lagu sebelumnya, lagu bertajuk "Teman Sejati" dari HiVi ini juga menceritakan seorang sahabat yang selalu ada di hati. Meski tak ada sesuatu di dunia ini yang abadi, seorang teman sejati akan terus ada di dalam hati dan pikiran. Lagu dari grup ini menceritakan indahnya persahabatan masa SMA.

Diciptakan oleh Nino Kayam dan Febrian Nindyo Purbowiseso, "Teman Sejati" menjadi salah satu lagu dalam album "Ceritera" yang rilis tahun 2019. Lagu ini memiliki musik yang ceria dan akan membawa pendengar mengingat serunya kisah persahabatan masa SMA yang akan tetap abadi.

9. 'Sebuah Lagu' - Payung Teduh


'Sebuah Lagu' - Payung Teduh
YouTube/DisneyMusicAsiaVEVO

Lagu bertema persahabatan dari Payung Teduh ini dirilis pada tahun 2018. "Sebuah Lagu" menceritakan bagaimana seorang sahabat bisa menjadi penghibur di kala lelah. Duduk berdua dengan sahabat untuk menghabiskan waktu, bisa menjadi momen yang berharga untuk melepas keluh kesah dari perjuangan hidup yang sulit.

Dengan musik yang kalem, lagu ini sangat cocok diputar saat minum teh bersama sahabat. Tak hanya tentang cinta dan luka, "Sebuah Lagu" juga menceritakan tentang jarak dan rindu, serta kehidupan. Lagu ini juga berisi ucapan terima kasih kepada teman sejati yang selalu ada di masa-masa kelam.

10. 'Sahabat Kecil' - Betrand Peto


'Sahabat Kecil' - Betrand Peto
Facebook/moploversindonesia

Meski memiliki judul yang sama dengan lagu Ipang Lazuardi seperti yang dijelaskan sebelumnya, "Sahabat Kecil" yang dinyanyikan oleh Betrand Peto ini menceritakan betapa berartinya kehadiran sahabat dalam hidup seseorang. Sahabat kecil yang selalu dirindukan telah menjadi teman setia saat menangis maupun tertawa.

Diciptakan oleh Charly Van Houtten, lagu ini menggambarkan bahwa ketika sosok sahabat ini pergi, maka hanya perasaan hampa dalam diri yang tersisa. Sang penyanyi, dalam lagu ini, sangat berharap bahwa suatu saat nanti sahabatnya akan datang kembali untuk menemaninya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru