Mengenal Pengobatan Holistik, Perpaduan Terapi Modern & Tradisional Juga Beragam Jenisnya
Pexels/Oleksandr Pidvalnyi
Health

Yuk kenalan lebih dalam dengan pengobatan holistik perpaduan antara terapi modern dan tradisional yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan luka hati.

WowKeren - Pengobatan holistik dikenal sebagai terapi yang berpusat pada olah tubuh dan psikoterapi. Holistik merupakan terapi yang dirancang untuk memadukan pengobatan tradisional dan modern. Dengan begitu, pasien akan menerima pengobatan secara menyeluruh baik itu luka fisik maupun batin.

Dinamakan pengobatan holistik lantaran berasal dari kata Holisme dari bahasa Yunani yang artinya semua atau keseluruhan. Pengobatan alternatif di luar medis ini sudah dikenal dan dipakai di sejumlah negara termasuk Indonesia.

Salah satu pakar pengobatan holistik terkenal di Indonesia diketahui adalah Reza Gunawan suami penulis Dewi Lestari. Sayang, Reza baru saja tutup usia akibat stroke di usia 46 tahun. Sementara, pengobatan holistik pertama kali dikenalkan sejak peradaban Babilonia di Mesipotamia sekitar 2600 tahun sebelum Masehi.


Pengobatan holistik umumnya melibatkan berbagai aspek seperti fisik, mental dan spiritual guna meningkatkan kesejahteraan seseorang. Terapi ini akan menyelami semua persoalan dan rasa sakit pasiennya ke tingkat yang jauh lebih dalam. Terapi holistik telah terbukti efektif dalam mengobati beberapa kondisi psikologis berbeda.

Sejauh ini, pasien yang memerlukan pengobatan ini masih memerlukan bantuan profesional atau praktisi yang ahli di bidang tersebut. Namun, salah satu kelebihan pengobatan ini adalah bisa dilakukan secara mandiri. Dengan memahami jenis dan cara kerja pengobatan holistik, seseorang bisa melakukannya sendiri saat sedang stres atau tertekan.

Buat kalian yang tertarik dengan pengobatan holistik, WowKeren telah merangkum beberapa jenis terapi holistik yang biasa digunakan para ahli. Penasaran apa saja? Yuk, langsung simak dalam ulasan berikut ini.

(wk/Sisi)

1. Terapi Pikiran & Tubuh


Terapi Pikiran & Tubuh
Unsplash

Terapi holistik jenis ini dipraktikan untuk meningkatkan sistem relaksasi dalam tubuh. Terapi ini fokus memperbaiki interaksi antara pikiran Anda dengan fungsi tubuh. Tujuannya agar fungsi tubuh dan pikiran seseorang bekerja kian optimal.

Beberapa metode yang dipakai dalam holistik jenis ini adalah hipnose alias hipnotis serta relaksasi, meditasi dan terapi seni. Cara ini berguna untuk menenangkan pikiran dan menyenangkan hati pasien sebelum menggali lebih dalam tentang luka mereka.

Sementara metode penyembuhan melalui tubuh biasanya dilakukan dengan sentuhan seperti pijat, yoga, tai chi atau pengobatan kiropraktik dan asteopatik. Beberapa penanganan modern juga diperlukan bila cedera atau sakit yang diderita memerlukan penanganan dengan standar medis.

2. Eklektik Atau Integratif


Eklektik Atau Integratif
Pexels/cottonbro

Dengan pendekatan eklektik seseorang memiliki hak untuk memilih jenis pengobatan mereka sendiri. Ahli holistik biasanya akan memberikan pengobatan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasiennya.

Sederhananya, eklektik adalah penyembuhan melalui proses konseling. Metode eklektik tak didasarkan pada teori sehingga masing-masing jenis konseling yang diterapkan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi pasien.

Individu yang menerima pengobatan jenis ini biasanya memiliki suatu masalah yang berkaitan dengan diri sendiri, keluarga atau teman. Tujuan dari metode ini adalah mengubah tingkah laku yang terlalu kompulsif dan emosional dengan sikap yang lebih rasional dan konstruktif.

3. Spiritual


Spiritual
Pexels/Andrea Piacquadio

Jenis pengobatan satu ini memasukan sistem kepercayaan dan keyakinan seseorang. Unsur agamis akan dipakai untuk menggali dan mengatasi masalah yang pasien hadapi. Terapi jenis ini efektif dalam menanggulangi depresi maupun gangguan psikologis lainnya.

Pendekatan spiritual berperan penting dalam mengekspresikan perasaan dan memberikan kenyamanan bagi klien. Cara ini mendorong pasien untuk lebih dekat dengan Tuhan. Dengan begitu, mereka akan lebih ikhlas menerima segala masalah atau sakit yang tengah dialami.

Pendekatan spiritual juga membantu pasien memiliki komitmen untuk segera sembuh dari sakit atau luka masa lalu. Pikiran tegar dan semangat seperti ini begitu dibutuhkan untuk memperbaiki kualitas atau kesejahteraan hidup seseorang.

4. Somatik


Somatik
Pexels/cottonbro

Somatik adalah jenis terapi yang melibatkan olah tubuh dengan menggunakan beberapa strategi guna membantu seseorang sembuh dari trauma. Terapi somatik membantu pasien menyatukan semua kenangan menakutkan dan membantu mereka menghadapi traumatis masa lalu.

Orang cenderung merasa terjebak di masa lalu karena mereka merasakan kecemasan, serangan panik, dan kesulitan berkonsentrasi pada apa pun. Beberapa pengalaman traumatis yang biasa ditangani dengan teknik ini adalah kehilangan orang yang dicintai, kecelakaan fatal, kekerasan atau pelecehan masa kecil.

Tak cuman trauma, metode ini ampuh untuk memperbaiki kesehatan mental, meredakan stres dan masih banyak lagi. Terapi somatik berfokus pada pernapasan, meditasi, atau bahkan menari. Teknik pernapasan contohnya yang disebut mampu meningkatkan kapasitas paru-paru, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan kualitas tidur.

Nah itu dia penjelasan seputar pengobatan holistik dan berbagai macam jenisnya. Lebih lanjut, WowKeren akan mengulas mengenai teknik-teknik yang biasa dipakai dalam pengobatan holistik. Terus nantikan artikel selanjutnya ya. See you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait