Bisa Dilakukan Sendiri, Kenali Teknik Pengobatan Holistik Guna Meningkatkan Kesejahteraan Mental
pxhere.com
Health

Pengobatan Holistik dikenal praktis dan mudah lantaran beberapa terapi bisa dilakukan secara mandiri. Kenali 9 teknik pengobatan holistik berikut guna mendapat kualitas hidup yang lebih baik.

WowKeren - Pengobatan holistik adalah gabungan dari terapi modern dan tradisional. Pengobatan ini semakin dikenal masyarakat usai muncul banyaknya pakar holistik. Pengertian beserta jenis pengobatan holistik juga sudah sempat dibahas WowKeren di artikel sebelumnya.

Pengobatan holistik adalah serangkaian terapi yang melibatkan pikiran, tubuh dan jiwa. Terapi ini dilakukan untuk menyelami lebih dalam masalah atau luka seseorang. Terapis sekaligus pakar holistik Minkyung Chung menyebut terapi ini berguna untuk meningkatkan kesejahteraan hidup seseorang.


"Terapi holistik bekerja untuk melihat secara keseluruhan gangguan tertentu yang seseorang hadapi. Ini membantu klien memperbaiki hidup dengan memasukkan terapi pikiran, tubuh, dan jiwa sehingga dapat bekerja seimbang untuk mengatasi masalah atau sakit yang dihadapi," kata Minkyung Chung.

Pengobatan holistik dinilai cukup mudah dan praktis lantaran bisa dilakukan secara mandiri. Anda hanya perlu mempelajari dan mengerti teknik-teknik yang diajarkan dalam dunia holistik. Karena itu, WowKeren telah merangkumkan beberapa teknik pengobatan holistik dalam ulasan berikut ini.

(wk/Sisi)

1. Mindfulness


Mindfulness
pxhere.com

Teknik mindfulness melibatkan kemampuan pernapasan dan pikiran yang fokus. Teknik ini digunakan untuk meresapi segala persoalan dan luka yang dialami individu secara lebih dalam. Teknik ini sangat mudah dilakukan sendiri di rumah dan kapan saja.

Mindfulness membantu membangun perasaan tenang juga meningkatkan kualitas tidur dan memori. Tak cuman baik untuk psikis, teknik sederhana ini juga telah terbukti dapat mengurangi stres dan rasa sakit bagi penderita penyakit serius seperti kanker.

2. Meditasi Atau Yoga


Meditasi Atau Yoga
pxhere.com

Tak beda jauh dengan mindfulness, meditasi atau yoga juga melibatkan kemampuan pernapasan. Teknik ini juga melibatkan beberapa aktivitas olah tubuh seperti gerakan kaki dan tangan guna membangun kekuatan serta fleksibilitas. Teknik ini dinilai cocok untuk segala usia.

Metode ini dikenal ampuh untuk menenangkan pikiran yang stres dan suntuk karena aktivitas sehari-hari. Teknik ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko sakit jantung lantaran mampu mengurangi tekanan darah tinggi dan aktivitas detak jantung yang berlebih.

3. Akupunktur


Akupunktur
pixabay.com

Teknik satu ini biasanya melibatkan praktisi dan tenaga ahli. Pasalnya, metode yang asal China ini menggunakan beberapa alat seperti jarum dan benda tradisional lainnya. Teknik ini berguna untuk meredakan berbagai jenis nyeri kronis di leher, punggung atau lutut dan sakit kepala.

Menurut kepercayaan orang Timur, akupunktur bekerja mengembalikan keseimbangan energi dalam diri seseorang. Penelitian menunjukan akupunktur dapat memicu otak melepas endorfin guna memunculkan perasaan lega dan membantu proses penyembuhan lebih cepat daripada obat-obatan.

4. Tai Chi


Tai Chi
pixabay.com

Tai Chi juga memerlukan kemampuan meditasi. Bedanya, teknik ini melibatkan gerakan seperti seni bela diri. Menurut kepercayaan Tiongkok kuno, metode ini membantu meredahkan stres dan baik untuk kualitas kesehatan. Teknik ini juga membantu meredahkan kecemasan, trauma dan memperbaiki kualitas tidur.

Seorang terapis holistik, Elizabeth Sumpf menyebut teknik ini sangat baik untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan kerja indera manusia. Pasalnya, beberapa teknik Tai Chi melibatkan indera perasa, penciuman, dan pengelihatan karena menyatukan komponen alam seperti tanah, air juga udara.

5. Reiki


Reiki
pixabay.com

Reiki merupakan teknik penyembuhan asal Jepang. Umumnya, metode ini juga memerlukan bantuan seorang praktisi. Teknik Reiki memerlukan bantuan sejumlah media seperti meja atau tikar, pasien kemudian diminta untuk berbaring di atasnya.

Praktisi yang mahir dalam bidang ini kemudian meletakkan tangan mereka di atas tubuh pasien guna membebaskan energi tak baik dalam diri seseorang. Menurut penelitian, Reiki bermanfaat untuk mengurangi depresi, menyembuhkan trauma dan meningkatkan kualitas hidup seseorang.

6. Hipnose


Hipnose
pixabay.com

Hipnose alias hipnotis adalah terapi yang dilakukan untuk meningkatkan perhatian dan konsentrasi secara penuh. Metode ini juga tak bisa dilakukan secara mandiri dan memerlukan bantuan profesional.

Pakar yang menggeluti terapi hipnose akan memberi pasiennya sugesti positif dan membangun. Pasien yang melakukan terapi ini sekilas akan tampak tertidur, tapi sebenarnya mereka tersadar dan sangat fokus untuk mengakses alam bahwa sadar.

7. Imajinasi


Imajinasi
pixabay.com

Teknik ini bisa dilakukan secara mandiri. Anda hanya perlu memikirkan hal-hal atau angan-angan yang membuat hati senang dan bahagia. Berimajinasi dipercaya memiliki kekuatan untuk memicu respons fisiologis seolah-olah pikiran itu benar terjadi di dunia nyata.

Kabar baiknya, imajinasi membantu memperbaiki mental dan memicu perasaan damai serta pikiran positif. Penelitian menunjukan metode ini juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi kecemasan serta gangguan kesehatan seperti darah tinggi, kolestrol dan gula darah.

8. Aromaterapi


Aromaterapi
pixabay.com

Teknik aromaterapi sangat mengandalkan indera penciuman. Beberapa aromaterapi memang dirancang untuk menenangkan, menyejukkan dan membuat perasaan dan pikiran seseorang menjadi lebih baik. Pakar holistik Kathyann O'Maley membenarkan manfaat positif dari aromaterapi untuk otak dan psikis.

"Minyak esensial sangat terkonsentrasi, memberikan aroma yang lebih kuat dalam satu tetes daripada buket bunga. Setelah dihirup, mereka mengaktifkan reseptor bau di hidung Anda, yang mengirim pesan ke otak Anda yang memiliki berbagai manfaat," jelas Kath.

9. Biofeedback


Biofeedback
pixabay.com

Sesuai namanya biofeedback adalah teknik yang melibatkan sistem tubuh manusia. Cara kerja terapi ini dilakukan dengan mengontrol beberapa fungsi tubuh seperti denyut jantung, suhu tubuh, dan tekanan darah guna mengobati dan meredakan penyakit tertentu.

Terapi ini juga melibatkan sensor listrik untuk mendeteksi seberapa baik fungsi tubuh seseorang. Teknik ini biasanya memerlukan bantuan medis dan penanganan dokter. Karena itu, pasien yang hendak menjalani metode ini disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Nah, itu dia beberapa teknik dasar yang sering diterapkan dalam pengobatan holistik. Semoga artikel di atas membantu sobat WowKeren yang tertarik untuk menjajal jenis pengobatan ini. Nantikan artikel selanjutnya seputar manfaat pengobatan holistik ya. See you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait