Perempuan Tangguh! 14 Artis Ini Jadi Single Mom Besarkan Buah Hati
Pixabay
Selebriti

Tak sedikit dari pernikahan artis Tanah Air yang berakhir dengan perceraian. Berpisah dari pasangan, membuat beberapa selebriti harus menjadi singel mom untuk anaknya.

WowKeren - Menikah adalah keputusan penting seumur hidup. Mengikat janji suci pernikahan artinya bersedia menjalani kehidupan dengan belahan jiwa, baik di saat senang maupun susah. Namun sayangnya, tak semua pernikahan bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Setiap kehidupan rumah tangga tentu memiliki permasalahan masing-masing. Tak jarang pula, masalah yang terjadi sangat sulit untuk dihadapi sehingga perceraian menjadi satu-satunya jalan keluar yang dianggap terbaik bagi kedua belah pihak. Meski terkadang mungkin menyakitkan, namun keputusan semacam ini biasanya dilakukan dengan melakukan berbagai pertimbangan matang sebelumnya.

Begitu pula dengan para artis Tanah Air. Tak sedikit dari pernikahan artis Tanah Air yang berakhir dengan perceraian. Penyebabnya pun juga beragam, mulai dari adanya pihak ketiga hingga perbedaan prinsip yang sulit disatukan. Sehingga ketika semua menjadi tidak sejalan maka jalan terbaik yang bisa ditempuh adalah dengan berpisah.


Perceraian membuat mereka harus berpisah dari pasangan mereka dan dalam hal ini, sang buah hati pun mau tidak mau ikut terdampak. Tidak lagi tinggal serumah dengan ayah dan ibu, mereka harus tinggal dengan salah satunya, meskipun dalam beberapa kesempatan masih bisa bertemu dan menghabiskan waktu dengan ayah mereka.

Berpisah dari pasangan, membuat beberapa selebriti ini harus lebih ekstra dalam membesarkan serta mengurus sang buah hati. Kesendirian itu tak menyurutkan semangat mereka dalam memberikan kebahagiaan serta keperluan sang anak.

Untuk itu, melalui artikel ini tim WowKeren ingin mengajak para pembaca sekalian untuk mengetahui artis Tanah Air mana saja yang menjadi single mom untuk membesarkan anak mereka. Berikut ulasan lengkapnya.

(wk/zodi)

1. Ayu Ting Ting


Ayu Ting Ting
Instagram/ayutingting92

Penyanyi Ayu Ting Ting pertama kali dikenal karena lagu "Alamat Palsu" yang dinyanyikannya pada tahun 2011. Popularitasnya semakin melejit dengan banyaknya tawaran pekerjaan. Di tengah kepopulerannya saat itu, Ayu juga tengah menjalani hubungan asmara dengan Hendri B. Hendraso alias Enji. Hubungan di antara mereka pun berlanjut pada tahap pernikahan. Ayu menikah pada tahun 2013. Namun sayang kehidupan pernikahannya harus kandas usai 1 tahun bersama.

Saat berpisah, Ayu Ting Ting tengah dalam kondisi mengandung. Alhasil, dengan terpaksa Ayu melahirkan tanpa didampingi sang suami. Begitupun saat ia mengurus sang anak yang hanya dibantu oleh kedua orang tuanya. Meski sibuk dengan pekerjaannya sebagai seorang figur publik, Ayu Ting Ting selalu menyempatkan diri untuk menghabiskan waktu bersama anaknya.

2. Denada


Denada
Instagram/denadaindonesia

Denada merupakan seorang single mom tangguh. Sejak bercerai dari Jerry Aurum pada tahun 2015 lalu, Denada berjuang untuk membesarkan anak semata wayangnya seorang diri. Meski begitu ibu satu anak ini tidak pernah menyesali perceraian itu. Perjuangan Denada untuk merawat putrinya tidak mudah.

Dia bahkan sempat tinggal di Singapura untuk menemani sang anak berobat. Tak jarang pula, dia harus bolak-balik Indonesia-Singapura jika mendapat tawaran pekerjaan di Tanah Air. Biaya hidup yang tinggi di Singapura turut memaksa Denada untuk menjual sejumlah asetnya mulai dari perhiasan, tas branded, hingga rumah.

3. Celine Evangelista


Celine Evangelista
Instagram/celine_evangelista

Publik sempat dibuat heboh dengan kabar perceraian pasangan harmonis Celine Evangelista dan Stefan William pada Oktober 2021 lalu. Setelah resmi bercerai dengan Stefan, Celine harus menjadi single mom untuk membesarkan empat orang anaknya. Celine mengakui jika masing-masing keempat anaknya memiliki keinginan yang berbeda-beda.

Meski begitu, wanita kelahiran Roma ini selalu berusaha untuk mendukung mereka. Meski terkadang anaknya saling cekcok, namun Celine menghadapinya dengan mengajarkan untuk mencari solusi. "Aku sebagai ibu hanya bisa support selama mereka menjadi versi diri mereka yang baik, tidak memaksakan kehendak, yang penting mereka bahagia," ujarnya.

4. Kirana Larasati


Kirana Larasati
Instagram/kiranalarasati

Meski sudah banyak dikenal oleh publik Tanah Air, namun Kirana Larasati telah jarang terlihat di layar kaca. Hal itu sengaja dilakukannya karena memang ingin menarik diri dari layar lebar maupun televisi. Sebaliknya, dia ingin fokus untuk mengurus bisnis dan putra semata wayangnya.

Kirana telah memutuskan untuk bercerai dengan Tama Gandjar pada tahun 2017 silam. Pada saat itu, usai anaknya belum mencapai satu tahun. Meski sudah bercerai namun Kirana tak pernah melarang jika mantan suaminya ingin bertemu dengan anaknya. Menjadi single mom, Kirana berusaha mengajarkan anaknya mengenai kemandirian dan bagaimana menghargai orang lain.

5. Mawar AFI


Mawar AFI
Instagram/mysamawar

Gonjang-ganjing kehidupan rumah tangga Mawar AFI sempat menjadi sorotan publik belum lama ini. Kehidupan rumah tangganya dengan Steno Ricardo harus berakhir pada Januari 2022 lalu. Mawar sendiri pun sempat mengisyaratkan bahwa ada orang ketiga dalam rumah tangganya.

Alhasil sejak bercerai dari Steno, dia pun mulai menjadi seorang single mom untuk membesarkan ketiga orang anaknya. Meski mengetahui bahwa mantan suaminya telah menikah dengan orang terdekatnya, Mawar enggan berlarut dalam kesedihan. Ia memilih untuk fokus merawat anak-anaknya dan kerap membagikan aktivitasnya bersama sang buah hati.

6. Nikita Mirzani


Nikita Mirzani
Instagram/nikitamirzanimawardi_172

Nikita Mirzani kerap membagikan momen kebersamaannya dengan anak-anaknya. Hingga kini, Nikita memiliki tiga orang anak yang masing-masing berasal dari pernikahan berbeda. Nikita diketahui menikah sebanyak tiga kali. Meskipun berbeda ayah, anak Nikita tampak akur satu sama lain.

Di tengah kesibukannya sebagai seorang figur publik, Nikita selalu menyempatkan diri untuk meluangkan waktu bersama anak-anaknya. Meski bukan hal yang mudah untuk membesarkan tiga orang anak tanpa kehadiran sosok suami, namun Nikita dikenal sebagai sosok ibu yang hangat untuk ketiga buah hatinya.

7. Ririn Dwi Ariyanti


Ririn Dwi Ariyanti
Instagram/ririndwiariyanti

Sebelas tahun menjalani kehidupan rumah tangga, pernikahan Ririn Dwi Ariyanti dan Aldi Bragi sayangnya harus berakhir dengan perceraian. Sejak bercerai dari Aldi pada tahun 2021 lalu, Ririn diketahui menjadi single mom bersama tiga orang anaknya. Alih-alih terburu-buru untuk memikirkan pengganti, Ririn lebih memilih untuk fokus merawat anaknya.

Meski sebelumnya tak banyak berbicara mengenai perceraiannya dengan mantan suami Ikke Nurjanah itu, namun Ririn bersyukur dirinya sudah bercerai. "Alhamdulillah, semua proses perceraian sudah selesai, sudah resmi bercerai, bersyukur, alhamdulillah," katanya saat menghadiri agenda pembacaan talak pada Desember 2021 lalu.

8. Wulan Guritno


Wulan Guritno
Instagram/wulanguritno

Meski usianya tak lagi muda, namun pesona Wulan Guritno tak tampak memudar. Tak heran jika ibu tiga orang anak ini disebut-sebut sebagai Hot Mom. Wulan telah menikah dua kali dan menjadi single mom untuk ketiga orang anaknya. Tak hanya dikenal lewat aktingnya yang apik, namun Wulan rupanya juga memiliki bisnis sendiri.

Dia menggeluti berbagai bisnis, mulai dari bisnis resto, cafe, spa, hingga home service. Wulan sendiri mengaku bahwa dia tidak memaksakan diri untuk mendapatkan pasangan baru. Sebab untuk saat ini, fokusnya adalah diri sendiri, anak, dan bisninya. "Yah sedapetnya saja, yang terpenting targetnya fokus sama diri sendiri dulu, untuk pasangan ya nggak ada target tertentu," ucapnya awal tahun ini.

9. Dhena Devanka


Dhena Devanka
Instagram/dhenaaldhaliadevanka

Pada Februari 2022 lalu, Dhena Devanka resmi bercerai dari Jonathan Frizzy. Pasangan ini juga sepakat menjual rumah mereka untuk pembagian harta gono-gini. Setelah bercerai, dia mengaku disibukkan dengan merawat ketiga orang anaknya sebagai single mom. Meskipun dia menjadi single mom, namun Dhena mengaku tak terlalu merasa terbebani karena orang-orang terdekatnya turut membantu.

Selain itu, dia juga mengakui bahwa komunikasi dengan Jonathan juga masih berjalan baik. "Enggak repot kok. Karena ada mama dan kakak ipar aku yang menjadi support system. Dengan ayahnya anak-anak juga komunikasi baik," ujarnya.

10. Bunga Citra Lestari


Bunga Citra Lestari
Instagram/bclsinclair

Bunga Citra Lestari menjadi single mom untuk merawat anaknya selepas kepergian sang suami, Ashraf Sinclair pada Februari 2020 lalu. Artis yang akrab disapa BCL ini sempat mengungkapkan kekhawatirannya terkait tumbuh kembang sang anak, Noah, tanpa kehadiran sosok ayah.

BCL pun tetap berusaha untuk menggantikan figur ayah demi putra semata wayangnya. Selain itu, dia juga khawatir jika putranya akan merasa kurang. "Takut dia merasa kurang. Tapi kayaknya itu harus bisa diomongin kalo this is life, this is happen (ini kehidupan, ini yang terjadi)," tutur kata BCL.

11. Rossa


Rossa
Instagram/itsrossa910

Rossa pernah menikah dengan drumer sekaligus juga salah satu pendiri grup band Padi dan Musikimia, Surendro Prasetyo. Namun, pernikahan mereka harus kandas setelah lima tahun berjalan. Mereka bercerai pada tahun 2009. Dari pernikahannya tersebut, mereka dikaruniai seorang putra bernama Rizky Langit Ramadhan.

Meski telah lebih dari sebelas tahun menjadi single mom, Rossa tak menyerah untuk membesarkan anaknya. Pelantun "Hati yang Kau Sakiti" ini tampaknya berhasil menyeimbangkan kehidupan kariernya sebagai seorang ibu. Terbukti, Rossa mampu menjadi diva Indonesia sekaligus produser musik.

12. Sophia Latjuba


Sophia Latjuba
Instagram/sophia_latjuba88

Paras menawan Sophia Latjuba kerap dielu-elukan para penggemarnya. Pasalnya, di usianya yang sudah berada di kepala lima itu ia tetap terlihat awet muda. Sophia telah dua kali menikah dan dikaruniai dua orang anak, termasuk Eva Celia yang juga mengikuti jejak ibunya untuk terjun ke dunia hiburan.

Saat Eva menikah, Sophia sempat ditanya perihal pesan yang ingin dia sampaikan ke putrinya itu. Ibu dua anak tersebut mengaku bahwa dirinya tidak memiliki pesan khusus. Disebutnya, pesan itu telah disampaikan sejak Eva masih kecil. Ia berharap agar Eva dapat belajar dari kehidupan rumah tangga ibunya, bahwa ibunya bukanlah orang yang sempurna.

13. Nathalie Holscher


Nathalie Holscher
Instagram/nathalieholscher

Usia pernikahan Nathalie Holscher dan komedian Sule juga tidak bertahan untuk waktu yang lama. Menikah pada tahun 2020, keduanya harus mengakhiri rumah tangga mereka dua tahun kemudian. Dari pernikahan itu, Nathalie telah dikaruniai seorang anak. Kabar perceraian mereka pun sempat menjadi pembicaraan publik tahun ini.

Kini, Nathalie telah menyandang status single mom setelah bercerai. Ia berharap untuk bisa senantiasa menjalani kehidupan ini bersama sang buah hati. Nathalie juga tampaknya tak mengalami masalah soal keuangan. Sebab sebelum menikah dengan Sule pun, Nathalie telah menjadi wanita mandiri yang mendapat penghasilan dari berbagai sumber, termasuk endorsement dan acara televisi.

14. Yuni Shara


Yuni Shara
Instagram/yunishara36

Kegagalan rumah tangga juga pernah dialami oleh Yuni Shara. Dua kali pernikahannya harus berakhir dengan perceraian, dan dari dua pernikahan itu pula, dia dikaruniai dua orang anak. Meski begitu, kakak Krisdayanti ini mampu membuktikan bahwa dirinya bisa membesarkan anaknya dengan sangat baik.

Yuni pun kerap membagikan momen kebersamaannya bersama anak-anaknya, Calvin dan Cello, melalui unggahan di akun Instagram. Artis yang masih tetap cantik dan terlihat awet muda ini selalu berusaha untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Tak hanya itu, dia juga memikirkan masa depan anaknya dengan memberikan program asuransi untuk mereka.

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait