Birthday Spotlight: Happy Jimin Day
Selebriti

Birthday Spotlight kali ini Jimin BTS baru saja merayakan ulang tahun pada Kamis (13/10). WowKeren secara khusus akan mengupas tuntas tentang pemilik nama Park Jimin tersebut.

WowKeren - Momen ulang tahun anggota BTS selalu dirayakan secara meriah oleh penggemar. Dan kini, giliran Jimin BTS yang sedang berbahagia merayakan hari ulang tahunnya.

Dalam rubrik Birthday Spotlight minggu ini, tim WowKeren secara khusus mengulas tuntas tentang sosok Jimin yang akan merayakan ulang tahunnya yang ke-26 tahun (perhitungan nasional). Jimin telah membuktikan berkali-kali sebagai idol favorit bangsa melalui pengaruhnya pada ekonomi, budaya dan pariwisata negara.

Jimin merupakan idol kelahiran tahun 1995 yang mendapatkan banyak cinta dari penggemar di seluruh dunia sejak BTS debut dengan album "Dark & Wild". Hingga kini, Jimin selalu dikenal sebagai idol yang perhatian dan sopan kepada anggota maupun orang-orang di sekitarnya.


Dalam rangka merayakan momen spesial ini, penggemar Jimin di seluruh dunia kini diketahui mempersiapkan proyek ulang tahun. Salah satunya proyek ulang tahun dengan perayaan besar yang disebut "Jiminland".

Proyek ulang tahun yang digelar oleh penggemar ini diadakan di Seongsu Yeonbang, yang dianggap sebagai hotspot Seongsu-dong. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 7-9 Oktober dan diperpanjang sampai 13 Oktober karena antusias penggemarnya yang di luar target.

ALLFORJIMIN_KOR menyatakan bahwa beberapa item bahkan terjual habis lebih awal pada hari itu karena banyaknya orang yang mengunjungi tempat tersebut. Menurut laporan dari pengunjung tempat dan tuan rumah acara mengungkapkan jika jumlah tamu pada hari pertama jauh lebih tinggi dari yang mereka perkirakan.

(wk/inta)

1. Pra Debut


Pra Debut

Sebelum debut dengan BTS, pemilik nama asli Park Jimin atau yang akrab disapa Jimin ini merupakan trainee yang memiliki segudang kemampuan menarinya. Sejak masih kecil, Jimin mendalami kelas untuk menari kontemporer yang hingga kini melekat dalam dirinya.

Jimin lahir pada 13 Oktober 1995 di Distrik Geumjeong, Busan, Korea Selatan. Ia merupakan putra pertama dan memiliki seorang adik laki-laki. Ketika masih kecil, Jimin bersekolah di SD Hodong Busan dan SMP Yonsgan. Jimin juga kerap menghadiri Just Dance Academy dan belajar popping dan locking dance ketika ia masih duduk di bangku SMP.

Sebelum menjadi trainee, Jimin belajar tari kontemporer di Busan High School of Arts dan merupakan siswa terbaik di departemen tari modern. Karena kelihaiannya dalam menari, seorang gurunya menyarankan Jimin untuk ikut audisi dengan perusahaan hiburan.

Hingga akhirnya hal ini membawanya ke Big Hit Entertainment. Secara alami, Jimin merupakan sosok yang berbakat, tetapi gaya tariannya sangat berbeda dari yang dilakukan oleh kebanyakan idok K-pop biasanya.

2. Debut


Debut
YouTube/HYBE LABELS

Perjalanannya untuk debut tergolong tidak mudah. Karena kemampuan Jimin akan tari kontemporernya kuat, ia mengalami kesulitan membentuk dirinya ke dalam gaya koreografi K-Pop selama masa trainee-nya. Bahkan ia ditolak 8 kali sebelum akhirnya terpilih sebagai anggota BTS.

Hal ini lantaran beberapa orang di agensi tidak berpikir dia akan melakukannya dengan baik di BTS. Sehingga, Jimin juga hampir dikeluarkan dari grup. Namun, berkat kerja kerasnya Jimin pun membuktikannya dengan maksimal.

Tepat pada 13 Juni 2013, nama Jimin disebut paling terakhir sebagai salah satu line up BTS. Jimin didapuk memegang posisi sebagai vokalis dan penari di grupnya. Ia pun melakukan debut sebagai anggota BTS dengan merilis single "No More Dream".

Di bawah BTS, Jimin telah menunjukkan kemampuan yang ia miliki dan menjadi ikonik bagi dirinya sebagai idol K-Pop. Dan kini, Jimin bersama anggota BTS selalu berhasil mengeluarkan karya-karya musik terbaik mereka.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Bersamaan dengan popularitas BTS yang terus meningkat di ranah global, Jimin membuat dan memecahkan beberapa rekor pribadinya sendiri. Tagar "RecordMakerJimin" mendominasi tangga lagu di berbagai platform musik dengan lagu solonya. Jimin muncul sebagai idol dengan reputasi brand teratas selama dua tahun berturut-turut. Ia juga merupakan raja media sosial dan namanya kerap trending menaklukkan berbagai situs jejaring sosial dengan kehadirannya. Sebagian besar media menyebut sebagai Media Darling dan banyak prestasi lainnya.

Dan di sanalah penggemar mereka secara global meneriakkan nama para member BTS. Penggemar BTS yang dipanggil ARMY ini juga menghafal lirik lagu Korea mereka dengan luar biasa.

Hingga kini, BTS terus mengantongi penghargaan. Salah satunya BTS telah mencapai 26 rekor di Guinness World. Hal tersebut termasuk keterlibatan Twitter terbanyak, video musik yang paling banyak dilihat di YouTube dalam 24 jam. Tak hanya itu, BTS dilantik ke dalam Hall of Fame badan rekaman pada tahun 2022 setelah mengklaim 13 rekor dunia pada tahun 2021 dan BTS menerima penghargaan Order of Cultural Merit termuda di antara lainnya.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Sejak debut dengan BTS, Jimin telah merilis beberapa karya lagu, baik solo maupun kolaborasi. Lagu solo pertama Jimin, "Promise" dirilis pada tahun 2018 di Soundcloud.

Tak hanya itu, Jimin juga merilis lagu solo yang berjudul "Lie", "Serendipity", dan "Filter". Tak hanya itu, Jimin juga telah bekerja sama dengan mantan anggota Wanna One yakni Ha Sung Woon untuk lagu kolaborasi mereka berjudul "With You".

Lagu ini dirilis sebagai bagian dari soundtrack untuk serial drama Korea Selatan "Our Blues. Pada bulan Mei, lagu tersebut menduduki puncak Hot Trending Billboard dan menghabiskan total tujuh minggu dan terus bertambah di tangga lagu.

Jimin juga memberi lagu spesial Natal berjudul "Christmas Love" yang sentimental di tahun 2020. Dan kini, di tahun 2022 di mana para anggota BTS sedang memprioritaskan kegiatan solo mereka mulai muncul desas-desus paling dinantikan penggemar.

Dalam Festa 2022 yang diadakan pada bulan Juni, Jimin mengungkapkan bahwa dia sedang mengerjakan beberapa lagu yang akan dimasukkan dalam album solonya. Ini menandakan bahwa Jimin akan debut secara solo dan memiliki album sendiri seperti anggota BTS yang terlebih dahulu, yakni J-Hope.

5. Kontroversi


Kontroversi

Dengan melambungnya popularitas Jimin sebagai seorang anggota BTS, tidak dapat terhindarkan jika dirinya sempat terlibat dalam kontroversi. Alih-alih tentang kepribadiannya, kaos yang dipakai Jimin bersama BTS saat manggung di Jepang menuai kontroversi yang menghebohkan.

Kontroversi yang hangat diperbincangkan di tahun 2018 ini disebabkan kaos yang dikenakan Jimin mengandung pesan patriotisme bergambar bom atom. Kaos itu merayakan kemerdekaan dan pembebasan Korea dari Jepang dan juga memiliki foto bom nuklir yang nyatanya menyinggung warga setempat. Hal ini lantaran dipicu karena adanya hubungan diplomatis antara Korea Selatan dan Jepang yang cukup memanas sehingga ikut mempengaruhi industri musik. Hingga akhirnya, TV Asahi selaku stasiun penyiaran Jepang menunda penampilan BTS kala itu. Setelah kontroversi tersebut mencuat, Jimin pun meminta maaf secara terbuka kepada publik dan menyesali dirinya.

Kemudian, di tahun 2022 Jimin sempat terlibat dalam masalah utang piutang. Apartemen Jimin dilaporkan hampir disita karena tunggakan premi asuransi kesehatan yang belum dibayarkan. Hal ini membuat Jimin dituding sengaja menghindari pajak.

Dilaporkan bahwa Jimin baru membayar tunggakan hanya setelah surat penyitaan dikirim empat kali. Namun, agensi Jimin angkat bicara dan mengatakan jika sang idol tidak mengetahui keterlambatan karena jadwal luar negeri, liburan panjang hingga jadwal luar negeri berikutnya sejak akhir tahun 2021. Dan atas permasalahan ini, Jimin juga kembali menyampaikan permintaan maafnya kepada publik.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

J-Hope merupakan anggota BTS pertama yang telah debut solo dengan album "Jack in the Box" pada pertengahan Juli. Dan kini, muncul desas-desus jika Jimin menjadi anggota BTS selanjutnya yang akan debut solo dengan albumnya.

Namun, hal ini belum dikonfirmasi oleh agensi maupun Jimin sendiri. Akan tetapi, beberapa kali Jimin telah membuat penggemar curiga karena aktivitasnya yang seolah-olah menjadi petunjuk jika ia sedang mengerjakan proyek musik solonya dan segera dirilis dalam waktu dekat ini.

Salah satunya adalah setelah Jimin mengunjungi J-Hope yang tampil di Lollapalooza di Amerika Serikat. Sementara J-Hope segera kembali ke Korea pasca manggung secara solo di Lollapalooza, Jimin tampaknya tetap tinggal di Amerika Serikat.

Dan ARMY curiga bahwa ini karena persiapan untuk album atau mixtape solonya yang akan datang yang dikenal oleh penggemar sebagai "PJM1". Tak hanya itu, penggemar juga curiga karena lokasi yang dipamerkan Jimin sama seperti tempat dari produser Big Hit ternama, Slow Rabbit. Sebab itu, banyak yang menduga debut solo Jimin akan segera dirilis dalam waktu dekat ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru