Birthday Spotlight: Happy Kai Day
Selebriti

Kai merayakan ulang tahunnya yang ke-28 (29 tahun menurut perhitungan Korea) pada hari ini, 14 Januari 2023. Simak perjalanan karir pemilik nama asli Kim Jongin tersebut lewat Birthday Spotlight pekan ini.

WowKeren - Seperti pekan-pekan sebelumnya, tim redaksi WowKeren kembali mengulas perjalanan karir bintang Korea Selatan melalui rubrik mingguan Birthday Spotlight. Kali ini, idol populer yang menghiasi rubrik Birthday Spotlight adalah Kai EXO.

Kai merayakan ulang tahunnya yang ke-28 (29 tahun menurut perhitungan Korea) pada hari ini, 14 Januari 2023. Kai secara resmi diperkenalkan kepada publik sebagai member EXO-K dan EXO, dan debut dengan merilis mini album "MAMA" pada 8 April 2012.

Kai memulai debutnya sebagai solois pada November 2020 dengan merilis mini album "KAI". Selain karir musiknya, Kai juga membintangi berbagai drama televisi seperti "Choco Bank" (2016), "Andante" (2017), dan "Spring Has Come" (2018). Kai secara luas dianggap sebagai salah satu penari terbaik Korea Selatan dan K-pop, dan merupakan salah satu ikon mode Korea yang paling berpengaruh.

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Kai lahir pada 14 Januari 1994 di Suncheon, Provinsi Jeolla Selatan, Korea Selatan, sebagai anak termuda di keluarganya, dengan dua kakak perempuan. Meskipun orang tuanya awalnya ingin dia belajar Taekwondo dan piano, Kai mulai berlatih balet saat di kelas tiga setelah menonton "The Nutcracker", dan mulai menari jazz saat dia berusia delapan tahun di kelas empat sekolah dasar.

Ayahnya, yang sekarang sudah meninggal, adalah dermawan terpenting dari perjumpaannya dengan tarian, yang sangat penting bagi hidupnya, menurut sebuah film tentang kisah pertumbuhannya yang ditampilkan dalam proyek Gucci tahun 2019 "The Performers". Kai masuk SMA di School of Performing Arts Seoul, di mana dia lulus pada tahun 2012.

2. Debut


Debut
SM Entertainment

Kai secara resmi diperkenalkan kepada publik sebagai member EXO-K dan EXO, dan debut dengan merilis mini album "MAMA" pada 8 April 2012. EXO-K menjalani kegiatan promosi selama kurang lebih dua bulan, namun lagu debut mereka yang berjudul sama kurang mendapat tanggapan hangat dari publik.

Meski begitu, baik EXO-K maupun "grup kembaran" mereka, EXO-M, meraih hasil yang sangat baik dalam penjualan album fisik di mana mini album "MAMA" versi Korea dan Mandarin terjual sekitar 500 ribu copy di 2012. EXO juga menjalani masa hiatus yang cukup panjang sebelum mereka comeback dengan full album pertama yang berjudul "XOXO" pada tahun berikutnya, Juni 2013.

3. Puncak Karir


Puncak Karir
SM Entertainment

Album "XOXO" memuat title track berjudul "Wolf" yang mengantarkan EXO meraih piala kemenangan pertama mereka di acara musik. Kai dan kawan-kawan membawa pulang trofi "Music Bank" pada 14 Juni 2013.

Pada 5 Agustus 2013, EXO merilis album repackage berjudul "Growl" di mana title track-nya sukses menjadi mega hits dan membuat mereka menjadi boy grup nasional. "Growl" juga berjasa memberikan EXO beberapa trofi Daesang dari ajang penghargaan Melon Music Awards, Mnet Asian Music Awards, Golden Disc Awards serta Seoul Music Awards.

Dan lewat album "Growl" pula EXO dinobatkan sebagai million seller dan sukses menghidupkan kembali pasar album fisik yang sempat lesu. EXO juga menjadi penyanyi pertama di Korea Selatan yang berhasil menjual satu juta copy album dalam 12 tahun.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo
SM Entertainment

Pada Januari 2016, Kai melakukan debut aktingnya sebagai pemeran utama pria dalam web drama "Choco Bank", yang meraih rekor dalam jumlah penonton. Pada Januari 2017, Kai diumumkan sebagai pemeran utama pria dalam drama remaja KBS "Andante", berperan sebagai siswa SMA. Pada Februari 2017, ia berperan dalam drama Jepang "Spring Has Come", berdasarkan novel Jepang dengan judul yang sama.

Pada Desember 2017, Kai terpilih sebagai model sampul untuk edisi Desember The Big Issue, sebuah majalah yang dikenal membantu para tunawisma. Majalah tersebut terjual habis sebanyak 20.000 copy dalam dua hari pertama, dan hingga saat ini, 80.000 copy telah terjual, yang mencatat jumlah penjualan tertinggi sejak majalah tersebut diluncurkan pada Juli 2010. Pada 2018, Kai berperan dalam melodrama KBS "The Miracle We Met".

Pada 7 Agustus 2019, Kai dipastikan menjadi anggota SuperM, "grup super K-pop" yang dibuat oleh SM Entertainment bekerja sama dengan Capitol Records. Promosi grup ini dijadwalkan akan dimulai pada bulan Oktober dan ditujukan untuk pasar Amerika. Kai juga terpilih sebagai Global Ambassador Gucci Eyewear Men pertama di Korea.

Pada 3 Juli 2020, SM Entertainment mengumumkan bahwa album solo pertama Kai sedang diproduksi dengan target dirilis pada paruh kedua tahun 2020. Pada 12 Oktober, ia diumumkan sebagai muse pria pertama dari brand kosmetik Bobbi Brown.

Pada 30 November, Kai merilis mini album debut "KAI" dan single utamanya "Mmmh", menjadi member EXO kelima yang memulai debutnya sebagai penyanyi solo. Album ini memuncak di nomor 2 di Tangga Album Gaon dan telah disertifikasi Platinum oleh KMCA.

Pada 30 November 2021, Kai merilis mini album solo keduanya, "Peaches" dan single utamanya dengan judul yang sama. Album ini memuncak di nomor 3 di Tangga Album Gaon dan juga telah disertifikasi Platinum.

5. Kontroversi


Kontroversi
VOGUE Korea

Selama berkarier sebagai idol, Kai belum pernah ditimpa kontroversi mulai debut hingga sekarang terkait perilakunya. Ia justru dipuji sebagai sosok yang baik kepada orang di sekitarnya, mulai staf hingga pemilik salon langganannya.

Pada April 2016, Dispatch melaporkan hubungannya dengan Krystal Jung, yang saat itu masih bernaung di bawah SM Entertainment dan seumuran dengannya. Keduanya mengakhiri hubungan pada 2017. Pada 1 Januari 2019, Dispatch kembali melaporkan tentang hubungan asmara Kai, kali ini dengan Jennie BLACKPINK. Namun mereka mengumumkan putus tak lama sesudahnya.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
VOGUE Korea

Mengingat EXO digadang-gadang akan comeback sebagai full team pada tahun ini, Kai dipastikan akan disibukkan dengan kegiatannya bersama EXO. Apalagi menurut kabar yang beredar, grup tersebut tak hanya akan merilis album baru tapi juga menggelar tur konser nantinya.

Selain itu, Kai juga diharapkan akan merilis album solo ketiganya tahun ini, serta menggelar konser solo. Ia juga masih aktif sebagai brand ambassador global Gucci dan sesekali berpartisipasi dalam kampanye serta melakukan pemotretan untuk brand tersebut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait