Tahun Baru Imlek Di Depan Mata, Intip Perayaan Uniknya Di Berbagai Negara
Pixabay
SerbaSerbi

Tak cuman Indonesia dan beberapa negara Asia, masyarakat Eropa juga Amerika ternyata cukup antusias menyambut perayaan Tahun Baru Imlek. Yuk, intip perayaan unik Imlek dari berbagai negara.

WowKeren - Tahun Baru Imlek sudah di depan mata. Imlek adalah tahun baru dalam sistem penanggalan China yang kerap diperingati dengan beragam tradisi unik. Perayaan Imlek 2023 sendiri, jatuh pada 22 Januari 2023 mendatang.

Setiap tahun kalender Imlek atau lunar disimbolkan dengan salah satu dari 12 hewan atau yang akrab dikenal dengan shio. 12 hewan tersebut yakni anjing, babi, tikus, kerbau, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, dan ayam. Adapun berdasarkan penanggalan China, tahun 2023 merupakan tahun kelinci.


Awal mula munculnya Imlek atau Tahun Baru China diyakini sudah ada sejak zaman Dinasti Shang pada 1600-1046 sebelum masehi (SM). Sejak itu bahkan sampai saat ini, Imlek selalu masuk dalam salah satu perayaan penting. Indonesia menjadi salah satu negara yang rutin memperingati Imlek.

Terlepas dari agama dan suku, perayaan Imlek selalu disambut antusias oleh masyarakat di dunia. Beragam tradisi seperti berbagi angpao, parade barongsai dan festival budaya selalu dihadirkan di tengah-tengah perayaan Imlek. Indonesia menjadi salah satu negara di Asia yang memiliki perayaan Imlek meriah.

Tak cuman Indonesia, beberapa negara di Asia, Eropa bahkan Amerika juga memiliki tradisi Imlek unik loh. Penasaran seperti apa? Simak informasinya di ulasan berikut ini ya.

(wk/Sisi)

1. Seollal Di Korea Selatan


Seollal Di Korea Selatan
Flickr/koreanet

Korea Selatan adalah salah satu negara di dunia yang ikut merayakan Tahun Baru Imlek. Perayaan Imlek di Korea Selatan biasa disebut Seollal. Umumnya, Seollal diperingati selama tiga hari. Seollal diperingati untuk menghormati lelulur dan bersilaturahmi dengan keluarga.

Orang Korea biasanya pulang kampung mengunjungi rumah orangtua atau berkumpul di kediaman saudara yang paling tua. Usai semua keluarga berkumpul, mereka akan menyantap masakan tradisional, bermain permainan rakyat dan aktivitas adat lainnya.

2. Jadi Hari Libur Seminggu Di Macau


Jadi Hari Libur Seminggu Di Macau
Pixabay

Tahun Baru Imlek merupakan hari yang selalu dinantikan warga Macau. Pasalnya, Pemerintah Macau menetapkan hari libur Nasional selama satu minggu untuk memperingati Imlek. Di momen itu, anak-anak tak perlu berangkat ke sekolah dan para orangtua bisa libur bekerja.

Selama itu, warga Makau banyak memadati tempat hiburan. Suara kembang api akan sering terdengar di langit Macau. Masyarakat di sana juga memiliki tradisi berkunjung ke kuil untuk berdoa dan meminta keberuntungan. Berbagai festival seperti parade barongsai juga banyak ditemukan di jalanan Macau.

3. Aneka Macam Festival Di Singapura


Aneka Macam Festival Di Singapura
Hippopx

Singapura bisa dibilang sebagai salah satu negara yang memiliki perayaan Imlek termeriah di dunia. Kawasan yang paling sering dikunjungi selama perayaan Imlek adalah Chinatown. Festival Imlek yang paling terkenal di sana adalah Chinatown Street Light Up. Di festival tersebut, pengunjung akan dimanjakan dengan parade barongsai, atraksi kembang api dan tarian tradisional.

Sedang, di area FI Singapura juga akan disulap menjadi tempat festival Chingay Parade. Di sini, pengunjung akan menyaksikan festival kostum dari berbagai etnis seperti Melayu, India, dan Tionghoa. Festival terbesar di Singapura adalah River Hangbao yang digelar di Marine Bay. Di mana, pengunjung bisa melihat beraneka macam lentera, pesta kembang api dan berbagai atraksi menegangkan.

4. Bagi-Bagi Angpao Di Cina


Bagi-Bagi Angpao Di Cina
Pexels

Tahun Baru Imlek adalah hari paling istimewa bagi mayoritas rakyat Cina. Tahun Baru Imlek di negara ini juga dikenal sebagai ChūnJié. Senada dengan tradisi di Indonesia, orang dewasa biasanya memberikan hóng bāo (angpau/amplop merah) berisi uang kepada anak-anak.

Di Tahun Baru Imlek, merah dianggap sebagai warna keberuntungan. Karena itu, banyak lentera dan hiasan unik Imlek identik dengan warna merah. Beraneka macam makanan, parade barongsai, festival lentera dan berton-ton petasan akan mudah ditemui di sepanjang jalanan kota di Cina.

5. Pesta Imlek Di San Francisco dan Los Angeles


Pesta Imlek Di San Francisco dan Los Angeles
Maxpixel.net

Tak cuman negara-negara di Asia, sebagian daerah di Amerika Serikat juga rutin merayakan Tahun Baru Imlek. Dua kota di Amerika Serikat yang memiliki perayaan Imlek paling meriah adalah San Francisco dan Los Angeles.

Beragam hiasan, festival lentera, parade barongsai, beraneka macam street food akan memadati kawasan pecinan di San Francisco dan Los Angeles. Disneyland dan Universal Studios LA bahkan disulap layaknya taman hiburan Cina selama festival berlangsung.

6. Puluhan Orang Menari Dengan Pakaian Tradisional Di Rusia


Puluhan Orang Menari Dengan Pakaian Tradisional Di Rusia
Maxpixel.net

Warga Rusia juga begitu antusias setiap kali Tahun Baru Imlek tiba. Beberapa kawasan pecinan di Rusia salah satunya di Moskow akan didekor dengan nuansa khas imlek. Jika berkunjung ke Rusia saat Imlek, jangan heran bila Anda bertemu dengan puluhan orang yang mengenakan kostum tradisional dan menari di jalanan.

Salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Moskow yakni Gum State Department Store juga biasa bekerja sama dengan China Cultural Center Moskow untuk merancang beragam festival Imlek. Berbagai acara spektakuler akan digelar selama 20 hari sebagai perayaan Tahun Baru Imlek.

7. Parade Barongsai Di Prancis


Parade Barongsai Di Prancis
Maxpixel.net

Tak kalah dengan Rusia, Prancis juga memiliki perayaan Imlek yang unik dan meriah. Perayaan Imlek di Prancis sering kali digelar di kawasan Paris, 13th Arrondissement. Di sana akan ditemui beraneka macam parade, salah satu yang paling populer adalah barongsai.

Bermacam pameran foto dan acara musik juga digelar guna memeriahkan Tahun Baru Imlek. Puncak acara biasanya ditandai dengan menyalanya lampu menara Eiffel. Lampu menara Eiffel akan berubah merah yang melambangkan warna khas Imlek.

8. Pesta Kembang Api di London, Inggris


Pesta Kembang Api di London, Inggris
Pexels

London adalah salah satu kota di Eropa yang turut memeriahkan Tahun Baru Imlek. London bahkan didapuk memiliki perayaan Tahun Baru Imlek terbesar di luar negara Asia. Tahun Baru Imlek di London identik dengan pesta kembang api, parade kostum Tionghoa, festival barongsai dan masih banyak lagi.

Orang-orang di sana biasanya melakukan parade dengan berkeliling melewati Chinatown dan pusat kota London. Setelah parade atau pawai selesai, acara akan dilanjutkan di Trafalgar Square dengan dijamu beraneka jenis makanan Cina dan aktivitas budaya.

Nah, itu dia 8 perayaan unik Tahun Baru Imlek dari beberapa negara di Asia, Eropa juga Amerika. WowKeren mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek, semoga selalu dilimpahi keberuntungan. Sampai jumpa di next artikel, see you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait