9 Peran Ikonik Jeon Do Yeon Di Drama dan Film, Rating 'Crash Course in Romance' Melesat Naik
TV

Memerankan tokoh Nam Haeng Sun, Jeon Do Yeon mencuri perhatian di 'Crash Course In Romance'. Dikenal sebagai aktris senior, ia telah banyak makan asam garam dan telah membintangi banyak proyek film atau drama.

WowKeren - "Crash Course In Romance" saat ini tengah menjadi perbincangan hangat. Drama ini sendiri mengisahkan tentang cinta dari Nam Haeng Sun (Jeon Do Yeon), seorang mantan atlet nasional yang membuka toko lauk dan Choi Chi Yeol (Jung Kyung Ho), instruktur matematika ternama Korea yang bekerja di tempat les elit.

Memerankan tokoh Nam Haeng Sun, Jeon Do Yeon mencuri perhatian. Nam Haeng Sun sendiri merupakan seorang mantan atlet nasional yang memiliki kepribadian super positif serta stamina yang tiada akhir. Ia membesarkan keponakan dan adiknya yang menderita asperger dengan sepenuh hati.

Akting Jeon Do Yeon yang luar biasa pun mencuri perhatian. Jeon Do Yeon memang telah banyak makan asam garam di dunia hiburan. Bagaimana tidak, aktris cantik ini telah membintagi film dan drama sejak era 90-an. Jeon Do Yeon merupakan aktris senior yang telah melalang lintang di dunia perfilm-an hingga drama. Simak berikut deretan potret peran Jeon Do Yeon di drama atau film.

(wk/rosi)

1. 'Shoot for the Stars'


'Shoot for the Stars'

Jeon Do Yeon terbilang cukup jarang bermain drama dan lebih aktif bermain film. Meski begitu, drama yang dibintangi oleh aktris kelahiran tahun 1973 ini wajib ditonton. Salah satunya adalah "Shoot for the Stars", di mana Jeon Do Yeon beradu akting dengan Jo In Sung. Jeon Do Yeon bermain sebagai Han So Ra, manajer dari Sung Tae (Jo In Sung) aktor yang menderita disleksia.

Karakternya digambarkan sebagai seorang yang penuh semangat untuk membantu Sung Tae menjadi bintang besar. Jeon Do Yeon pun meraih Top Excellence Award kategori Aktris dan Top 10 Stars dari SBS Drama Awards lewat "Shoot for the Stars".

2. 'Secret Sunshine'


'Secret Sunshine'

"Secret Sunshine" merupakan salah satu film terbaik Jeon Do Yeon. Bahkan ia memborong banyak penghargaan mulai dari Asian Film Awards hingga Grand Bell Awards dan Blue Dragon Film Awards. Film ini sendiri mengisahkan tentang seoang ibu bernama Shin Ae yang menghadapi hari-harinya usai ditinggal meninggal suami dan anaknya.

Kesedihan mendalam dialami oleh Shin Ae hingga mengganggu mentalnya. Ia sering marah-marah bahkan beberapa kali mencoba bunuh diri. Ia kemudian bertemu dengan Jung Chan (Song Kang Ho) yang iba dan berusaha membantu melanjutkan kehidupan normalnya. Berkat perannya sebagai Shin Ae, Jeon Do Yeon bahkan berhasil memborong 17 penghargaan untuk beragam kategori di berbagai ajang award. Jeon Do Yeon beberapa kali memerankan sosok ibu yang berpisah dengan anak seperti di "Birthday" dan "Way Back Home".

3. 'The Housemaid'


'The Housemaid'

Banyak makan asam garam di dunia akting, Jeon Do Yeon juga menjajal berbagai peran salah satunya adalah seorang asisten rumah tangga di film "The Housemaid" yang tayang di tahun 2010. Jeon Do Yeon bermain sebagai Eunyi yang memiliki hubungan gelap dengan majikannya, Hoon (Lee Jung Jae). Sementara itu, sang majikan perempuan tengah hamil. Film tersebut adalah sebuah remake dari film 1960 dengan judul yang sama. Karena perannya did "The Housemaid", Jeon Do Yeon sukses menyabet dua penghargaan Aktris Terbaik.

4. 'Memories of the Sword'


'Memories of the Sword'

Muncul di berbagai genre, Jeon Do Yeon juga bermain di film genre saeguk atau sejarah berjudul "Memories of the Sword". Mengambil latar era Goryeo, terdapat tiga prajurit kuat yakni Deok Ki (Lee Byung Hun), Poong-Chun (Bae Soo Bin), dan Seol Rang (Jeon Do Yeon). Usai Poong Chun meninggal, Deok Ki mencoba membujuk Seol Rang untuk bergabung dengannya namun ditolak. Seol Rang lari dengan pedang Poong-Chun dan bayi perempuannya.

18 Tahun kemudian, Seol Rang terungkap buta dan ternyata melatih wanita muda (Kim Go Eun) untuk menggunakan pedang untuk balas dendam. Sementara itu, Deok-Ki adalah orang paling berkuasa di negeri ini. Pertumpahan darah pun tak terelakkan terjadi. Memerankan karakter pendekar buta tentu bukan hal yang mudah, namun Jeon Do Yeon bisa bemain dengan baik.

5. 'The Shameless'


'The Shameless'

Film "The Shameless" yang dibintangi Jeon Do Yeon dan Kim Nam Gil juga gak kalah menarik perhatian. Ceritanya berpusat pada Kim Hye-Kyung (Jeon Do Yeon) yang bekerja di bar. Ia menunggu pacarnya (Park Sung-Woong) yang membunuh orang lain dan kemudian melarikan diri. Jung Jae-Gon (Kim Nam Gil) adalah seorang detektif. Dia mendekati Hye-Kyung untuk menangkap pacarnya. Klise tapi menarik karena akhirnya sang detektif jatuh cinta pada Kim Hye Kyung. Lewat film ini, Jeon Do Yeon memenangkan Best Actress dari berbagai ajang penghargaan.

6. 'The Good Wife'


'The Good Wife'

"The Good Wife" merupakan salah satu drama yang dibintangi oleh Jeon Do Yeon sebagai pemeran utama. Drama ini mengisahkan tentang seorang suami bekerja sebagai jaksa yang sukses dan masa depannya tampak cerah, tetapi ditangkap karena korupsi dalam skandal politik. Jeon Do Yeon bermain sebagai sosok istri yang bekerja sebagai pengacara sebelum pernikahan mereka, sekarang melanjutkan kariernya setelah absen selama 15 tahun. Ia pun mulai menemukan jati dirinya yang sebenarnya.

7. 'Lost'


'Lost'

"Lost" merupakan drama yang mengambil kisah percintaan dua orang beda usia. Seorang wanita berusia 40 tahun bekerja sebagai ghost writer. Ia belum mencapai apapun dalam hidupnya dan tidak memiliki arah. Di sisi lain, ada seorang pria berusia 27 tahun yang akan berakhir sendirian. Jeon Do Yeon bermain sebagai Lee Bu Jung, sang tokoh utama. Sementara pemain utama laki-laki dimainkan oleh Ryu Jun Yeol. Lewat perannya ini, Jeon Do Yeon masuk nominasi Best Actress in series.

8. 'Emergency Declaration'


'Emergency Declaration'

Film terbaru yang dibintangi oleh Jeon Do Yeon adalah "Emergency Declaration" yang tayang di tahun 2022. "Emergency Declaration" adalah film yang bercerita tentang bencana yang belum pernah terjadi sebelumnya yang muncul ketika ancaman teroris dilakukan terhadap suatu penerbangan. Jeon Do Yeon bermain sebagai Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan.

9. 'Crash in Romance'


'Crash in Romance'
Instagram/tvn_drama

"Crash in Romance" meraih rating rata-rata 16% di wilayah metropolitan Seoul dan 18,1% secara nasional menjadi peringkat penonton tertinggi drama. Penayangan episode terbaru mengambil tempat pertama dalam peringkat pemirsa di zona waktu yang sama di semua saluran, membuktikan respons yang luar biasa pemirsa terhadap romansa antara Jeon Do Yeon dan Jung Kyung Ho. Di episode 12, Haeng Seon (Jeon do Yeon) dan Chi Yeol (Jung Kyung Ho) yang menjadi karakter utama skandal itu, memilih perpisahan yang memilukan sambil menyembunyikan perasaan mereka satu sama lain.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru