Gita Savitri Pilih Childfree, Deddy Corbuzier Teringat Fenomena Unik di Jepang
Instagram
Selebriti

Deddy Corbuzier ikut memberi tanggapan terkait kehebohan yang dibuat oleh influencer Gita Savitri tentang childfree. Deddy mengaitkan permasalahan ini dengan fenomena yang ada di Jepang.

WowKeren - Deddy Corbuzier agaknya sependapat dengan sang istri, Sabrina Chairunnisa yang menduga kalau kemungkinan Gita Savitri memilih untuk childfree karena sedikit banyak mendapat pengaruh dari netizen. Namun dalam hal ini Deddy tak ingin menyalahkan siapa pun, baik Gita maupun para netter.

"Gue nggak bisa nyalahin yang ribut, gue nggak bisa nyalahin yang ngomong," ujar Deddy Corbuzier dalam kanal YouTube-nya saat berbincang dengan Coki Pardede, Sabtu (11/2).

Deddy pun mencoba menjelaskan kemungkinan alasan Gita Savitri dan sang suami memutuskan untuk tidak memiliki anak. Bisa saja pasangan itu sudah pada titik jenuh mendengar pertanyaan yang terus menyerang bertubi-tubi mengenai kapan mereka akan memiliki anak.

Deddy menjelaskan bahwa pandangan itu berdasarkan coping mechanism, di mana sebagai suatu cara yang digunakan seseorang ketika dihadapkan pada situasi sulit untuk membantu mereka mengatur emosinya. Dalam konteks ini, childfree mungkin menjadi cara yang digunakan Gita dan Paul untuk menghindari pertanyaan tersebut.

"Bisa juga terjadi orang ngomong seperti ini 'gue mending nggak punya anak karena nggak punya anak bisa buat gue lebih muda' karena coping mechanism, karena capek sama orang-orang Indonesia yang nanyain 'kapan punya anak'," tutur ayah Azka Corbuzier ini.


Melihat permasalahan ini menjadi heboh di Indonesia, Deddy Corbuzier lantas teringat dengan fenomena yang terjadi di Jepang. Deddy menuturkan bahwa di Jepang banyak ditemukan rumah kosong yang sebelumnya ditempati oleh pasangan yang tak memiliki keturunan. Alhasil rumah tersebut dibiarkan kosong begitu saja.

"Di Jepang justru banyak rumah kosong, ketika orangtuanya meninggal, nggak punya keturunan jadi rumahnya kosong," beber Deddy Corbuzier.

Deddy mengatakan jika orang yang tinggal di Jepang tidak akan bisa dengan seenaknya koar-koar tentang keputusannya memilih childfree. Hal ini justru akan menimbulkan masalah jika seandainya Gita Savitri tinggal di Jepang dan menyampaikan idealismenya seperti itu.

"Jadi ketika anak tidak ada, itu jadi masalah sendiri. Jadi harusnya penyelesaian setiap negara berbeda. Kalau di Jepang teriak-teriak childfree bisa jadi masalah karena nanti tidak ada orang," jelasnya lagi.

Menurut Deddy Corbuzier, membahas soal childfree sebenarnya bukan suatu masalah yang harus dibesar-besarkan. Hanya saja alangkah lebih baik jika yang dibahas adalah alasan dibalik keputusan itu, bukannya malah fokus ingin menyampaikan informasi bahwa dirinya memilih childfree.

"Jadi ngomongin childfree bukan cuma soal punya anak atau nggak punya anak tapi alasan kenapa sampai tidak ingin punya anak, itu yang harus dibahas," tandas Deddy Corbuzier.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait