EXO-CBX Resmi Ajukan Keluhan Terkait Praktik Perpanjangan Kontrak yang Dilakukan SM
Selebriti
Konflik Kontrak EXO-CBX

Meskipun menerima perintah korektif KFTC pada tahun 2007, SM mengajukan klausul yang tidak adil dalam kontrak eksklusif Baekhyun, Xiumin, dan Chen pada tahun 2010 dan 2011, klaim perwakilan tersebut.

WowKeren - Baekhyun, Xiumin, dan Chen EXO mengumumkan bahwa mereka telah mengajukan keluhan terhadap SM Entertainment ke Korea Fair Trade Commission (Komisi Perdagangan Adil Korea). Hal tersebut diumumkan pengacara Lee Jae Hak dari Firma Hukum Lin, yang mewakili ketiga idol tersebut (selanjutnya disebut sebagai artis) pada Senin (5/6).

"Pada 4 Juni, kami mengajukan keluhan terhadap SM Entertainment (selanjutnya disebut sebagai SM) atas penyalahgunaan kekuasaan dalam tawar-menawar yang tidak adil dengan Komisi Perdagangan Adil Korea (selanjutnya disebut sebagai KFTC). KFTC telah mengeluarkan dua perintah korektif untuk memperbaiki perilaku kontrak yang tidak adil tersebut pada bulan Oktober 2007 dan Januari 2011 terhadap SM. Kami melaporkan bahwa SM telah terlibat dalam perilaku kontrak yang tidak adil dan mengabaikan perintah ini," kata Lee Jae Hak.

Ia melanjutkan, "Kami meminta penyelidikan atas pelanggaran SM dan tindakan korektif segera untuk memperbaikinya, serta penyelidikan penuh atas kontrak eksklusif semua artis SM." Pengacara tersebut juga menyatakan, "SM mengulangi penyalahgunaan kekuasaan pada 2023 yang diputuskan KFTC terhadap mereka pada 2007 dan 2011."

"SM telah dianggap tidak adil atas klausul yang menetapkan tanggal dimulainya kontrak sebagai tanggal debut, dan periode kontrak yang sangat tidak menguntungkan dibandingkan dengan yang lain di industri. Itu juga dianggap bahwa SM tidak boleh memperpanjang masa kontrak para trainee dengan alasan seperti ekspansi internasional untuk merugikan para trainee lagi," sambung Lee Jae Hak.


EXO-CBX Resmi Ajukan Keluhan Terkait Praktik Perpanjangan Kontrak yang Dilakukan SM

Allkpop

Perwakilan EXO-CBX itu mengklaim tanggal berakhirnya kontrak eksklusif para artis juga bermasalah. Pada tahun 2007, KFTC melarang praktik memperpanjang masa kontrak secara berlebihan seperti menetapkan tanggal akhir menjadi tahun kelima setelah perilisan album pertama atau tahun kelima setelah penampilan peran di level pendukung atau lebih tinggi. Namun, meskipun menerima perintah korektif KFTC pada tahun 2007, SM mengajukan klausul yang tidak adil dalam kontrak eksklusif Baekhyun, Xiumin, dan Chen pada tahun 2010 dan 2011, klaim perwakilan tersebut.

"Karena masa kontrak mulai berjalan sejak tanggal debut, masa trainee mereka ditambahkan ke masa kontrak agensi mereka, yang kemudian diperpanjang tiga tahun dalam perjanjian tambahan. Menambahkan masa wajib militer menghasilkan sebuah hubungan keagenan lebih dari 12 atau 13 tahun," ujarnya.

"SM meminta artis menandatangani kontrak eksklusif berikutnya, masing-masing mengklaim jangka waktu minimal 17 atau 18 tahun. SM mengikat mereka ke kontrak lagi setahun sebelum kontrak berakhir," klaim perwakilan tersebut.

Perwakilan menyimpulkan, "Kami berharap upaya dan keberanian kami akan berkontribusi pada perlindungan hak dan kepentingan junior kami dan untuk pengembangan industri yang adil dan sehat."

(wk/dewi)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Trending
Berita Terbaru