'Mask Girl' Singgung Beauty Previlege, 10 Drama Ini Juga Eksplor Soal Standar Kecantikan Wanita
TV

Sementara itu, drama Korea banyak menyuguhkan berbagai genre yang sukses membuat pemirsa terhibur. Bahkan banyak pula yang mengangkat realitas yang dihadapi oleh para perempuan, salah satunya adalah masalah standar kecantikan.

WowKeren - "Mask Girl" saat ini tengah naik daun. Drama garapan Netflix ini menggambarkan kisah Kim Mo Mi, pekerja kantoran yang tidak percaya diri dengan penampilannya. Namun di malam hari, wanita itu menjadi BJ seksi yang menutupi wajahnya dengan topeng. Drama ini semakin menarik karena menyinggung soal standar kecantikan yang menjerat kaum hawa.

Sejak usia muda, banyak wanita diberi tahu bahwa mereka tidak cukup cantik, tidak cukup kurus, tidak cukup apa pun - dan itu dapat merusak jiwa mereka. Hal ini pun tergambarkan pada karakter Kim Mo Mi. Ia ingin menjadi bintang namun karena parasnya, ia mendapat hujatan alih-alih dukungan.

Sementara itu, drama Korea banyak menyuguhkan berbagai genre yang sukses membuat pemirsa terhibur. Bahkan banyak pula yang mengangkat realitas yang dihadapi oleh para perempuan, salah satunya adalah masalah standar kecantikan. "Mask Girl" dan deretan K-Drama ini juga angkat tema serupa.

(wk/rosi)

1. 'True Beauty'


'True Beauty'
Official tvN

Diambil dari webtoon dengan judul yang sama, "True Beauty" bercerita tentang murid SMA bernama Lim Joo Kyung (Moon Ga Young) yang terlihat cantik setelah menggunakan riasan. Awalnya ia menghadapi pembully hanya karena wajahnya, hingga Joo Kyung akhirnya bertekad belajar soal make up.

Setelah mahir dalam bermake up, ia alam semalam menjadi seorang dewi, dipuja oleh teman-temannya karena penampilannya. Namun saat bare face, ia mengalami insecure yang parah. Joo Kyung kemudian mengalami kisah cinta yang menggetarkan hati dengan satu-satunya pria yang mengetahui wajah aslinya tanpa riasan.

2. 'She Was Pretty'


'She Was Pretty'
Official MBC

"She Was Pretty" bukan hanya drama soal cinta antara Ji Sung Joon (Park Seo Joon) dan Kim Hye Jin (Hwang Jung Eum) bertemu saat masih anak-anak dan menjadi cinta pertama bagi satu sama lain. Dramanya juga menyoroti tentang Hye Jin yang dulunya cantik dan kaya menjadi hancur karena akhirnya tak punya apa-apa saat beranjak dewasa. Hal ini yang membuatnya insecure bertemu dengan Sung Joon dan menyuruh temannya yang lebih cantik untuk menjadi dirinya.

Hal makin rumit, karena Hye Jin yang gagal menjaga kecantikan justru mendapatkan pekerjaan di perusahaan majalah cinta pertamanya itu. Ia juga mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan selama bekerja di sana. Secara keseluruhan, drama ini ingin menunjukkan bahwa, meski memiliki wajah yang berubah, tak ada yang mengalahkan talenta dan kemampuan Hye Jin.

3. 'My ID Is Gangnam Beauty'


'My ID Is Gangnam Beauty'
Official JTBC

"My ID Is Gangnam Beauty" mengambil kisah tentang seorang perempuan yang mengubah penampilannya dengan operasi. Diintimidasi karena penampilannya sepanjang hidupnya, Kang Mi Rae (Lim Soo Hyang) memutuskan untuk menjalani operasi plastik dengan harapan dapat memulai awal yang baru di perguruan tinggi.

Ia menjadi populer namun hancur saat rahaisanya ditemukan, Mi Rae diejek oleh temannya dengan julukan "Gangnam Beauty", yang membuatnya sama tertekannya seperti saat masih kecil. Terlebih ia harus berhadapan dengan pick me girl Soo Ah. Drama ini sendiri memperlihatkan bagaimana Mi Rae akhirnya bisa mengembalikan kepercayaan dirinya usai bertemu dengan pria teman masa kecilnya.

4. 'Birth of a Beauty'


'Birth of a Beauty'
Official SBS

Beauty privilege digambarkan dengan jelas dalam "Birth of a Beauty". Meskipun baik Sa Geum Ran (Ha Jae Seok) yang kelebihan berat badan diperlakukan dengan buruk oleh mertuanya atau orang sekitar karena penampilannya itu. Hidupnya berubah ketika suaminya pulang dari Amerika Serikat setelah tujuh tahun dan meminta cerai agar bisa bersama kekasihnya.

Untuk balas dendam, Geum Ran meminta seorang dokter bernama Han Tae Hee (Joo Sang Wook) untuk mengubahnya menjadi seorang wanita cantik. Ia pun "bangkit" dengan identitas baru bernama Kim Duk Sun (Han Ye Seul). Awalnya ingin mengejar mantan suaminya, namun ia marah dan kecewa setelah mengetahui bahwa pria tersebut adalah orang yang mencoba membunuh dirinya yang dulu.

5. 'Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo'


'Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo'
Official MBC

"Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo" mengangkat tentang keindahan kekuatan dan atletis, saat karakter utama mengejar mimpinya menjadi atlet angkat besi. Kim Bok Joo (Lee Sung Kyung) menghadapi tantangan dan kemunduran saat ia terjebak antara bekerja untuk mencapai mimpinya menjadi atlet angkat besi dan mencoba tampil lebih cantik untuk memenangkan hati seseorang yang disukainya.

Menjadi seorang atlet, Bok Joo oun memiliki badan yang gak sesuai dengan standar kecantikan. Pada akhirnya, ia menyadari bahwa orang-orang yang benar-benar mencintainya tidak peduli seperti apa penampilannya.

6. 'Oh My Venus'


'Oh My Venus'
Official KBS

Hampir mirip "Birth of a Beauty", "Oh my Venus" menceritakan tentang perempuan yang dicampakkan oleh pasangannya karena penampilan. Kang Jo Eun (Shin Min A) merupakan pengacara yang sukses di umur 33 tahun namun masih tidak dihormati dan diejek oleh teman-temannya karena berat badannya.

Hanya karena penampilan belaka, prestasinya seolah gak berlaku. Jo Eun pun semakin muntab saat dicampakkan oleh pacarnya selama 15 tahun karena alasan yang sama, dan akhirnya meminta bantuan pelatih pribadi terkenal untuk mengubah penampilannya.

7. 'Perfume'


'Perfume'
Official KBS

Memang penampilan bisa membuat pasangan berpaling. Hal serupa dialami oleh Min Jae Hee (Ha Jae Seok) "Perfume". Dikhianati oleh perselingkuhan suaminya, Jae Hee yang merupakan seorang ibu rumah tangga paruh baya pekerja keras, berusaha untuk mengakhiri hidupnya. Namun secara gak terduga, ia secara misterius mendapatkan kiriman parfum yang secara ajaib membuatnya tampak muda dan cantik kembali.

Ia pun menjelma menjadi Min Ye Rin (Go Won Hee), menghidupkan kembali masa mudanya dan mendaftar menjadi seorang model. Ia yang berubah cantik pun memiliki kehidupan yang baru di industri entertainment. Jae Hee kemudian bertemu dengan seorang pria yang sempurna namun punya banyak fobia dan alergi.

8. 'Shadow Beauty'


'Shadow Beauty'
Kakao Page

"Shadow Beauty" merupakan drama yang diadaptasi dari webtoon populer dengan judul yang sama. Drama ini menceritakan kisah siswa sekolah menengah Goo Ae Jin (Shim Dal Gi), cewek penyendiri yang diintimidasi di sekolahnya karena penampilannya yang dicap buruk. Ia pun tubuh dengan kurangnya rasa percaya diri.

Namun ia punya kehidupan ganda, di mana Ae Jin juga influencer populer bernama "Genie" yang terkenal dengan penampilannya yang sempurna (Lee Nagyung fromis_9). Suatu hari, kehidupan gandanya terungkap oleh seseorang dan drama pun terungkap.

9. 'Mask Girl'


'Mask Girl'
Netflix Korea

"Mask Girl" menjadi salah satu drama Korea terbaru 2023 yang menyinggung soal standar kecantikan. Dramanya mengikuti Kim Mo Mi (Lee Han Byul) yang punya cita-cita menjadi bintang namun dibully karena penampilannya. Ia kemudian menjadi BJ seksi yang menutupi wajahnya dengan topeng.

Drama ini semakin menarik karena terdapat kasus pembunuhan yang disertakan serta ada tiga pemeran wanita yang berbeda untuk tokoh utamanya. Moo Mi sebelum operasi dimainkan oleh Lee Han Byul. Kemudian versi sesudah oplas dimainkan oleh Nana After School. Terakhir, Mo Mi yang hidup di penjara saat usia 40 tahun diperankan oleh Go Hyun Jung, runner up Miss Korea 1989.

10. 'The Miracle'


'The Miracle'
NAVER TV

"The Miracle" menggambarkan perbedaan kehidupan saudara kembar yang memiliki penampilan berbeda pula. Kwon Shi Ah (Kim Na Hyun) adalah idola K-pop yang populer dan sempurna. Di sisi lain, Kwon Shi Yeon Hong Yoon Hwa adalah perempuan yang kelebihan berat badan yang tidak pernah meninggalkan kamarnya.

Seluruh dunia mereka berputar-putar ketika mereka secara ajaib bertukar tubuh dan sekarang harus menjalani kehidupan asing satu sama lain. Shi Ah pun mengalami apa yang dirasakan oleh saudara kembarnya yang kerap mendapat intimidasi karena penampilannya tersebut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait