Biografi Fatin Shidqia

Fatin Shidqia merupakan penyanyi yang terkenal usai memenangkan ajang pencarian bakat "X Factor Indonesia" season pertama. Penyanyi yang akrab disapa Fatin ini mengikuti audisi "X Factor Indonesia" dengan menyanyikan lagu Bruno Mars, "Grenade". Suaranya yang merdu dan serak-serak basah membuat ia mendapatkan pujian dari para juri yaitu Ahmad Dhani, Rossa, Bebi Romeo dan Anggun sehingga bisa lolos ke tahap selanjutnya.

Video Fatin saat menyanyikan lagu "Grenade" pun tersebar luas di dunia maya dan mendapat respon positif dari publik. Bahkan video yang telah ditonton oleh 400 ribu orang tersebut berhasil muncul di website resmi Bruno Mars.

Fatin terus melaju ke babak Gala Show di bawah asuhan Rossa. Di sana penyanyi yang dikenal pemalu ini terus mendapat berbagai pujian saat menyanyikan lagu seperti "Pudar" (Rossa), "Girl On Fire" (Alicia Keys) dan "Perahu Kertas" (Maudy Ayunda). Namun perjalanan Fatin di Gala Show juga menuai kritikan saat ia lupa menyanyikan lirik lagu "Mercy" milik Duffy.

Usai mengikuti rangkaian panjang Gala Show, Fatin akhirnya resmi menjadi pemenang "X Factor Indonesia" mengalahkan Novita Dewi, 25 Mei 2013. Ia menyanyikan lagu "Katakan Tidak" (Afgan), "Stay" (Rihanna) dan lagu kemenangannya sendiri yang berjudul "Aku Memilih Setia" di Grand Final.

Tak lama setelah memenangkan "X Factor Indonesia", lagu Fatin yang berjudul "Aku Memilih Setia" dirilis secara digital via iTunes dan serentak di seluruh radio Indonesia. Tak butuh waktu lama, lagu ciptaan M. Freddy Harahap ini langsung menjawarai chart iTunes Indonesia.

Sejak saat itu kepopuleran Fatin terus meroket. Beberapa kali ia diundang ke berbagai acara musik maupun acara penghargaan seperti Indonesia Movie Awards dan Indonesia Kids Choice Awards 2013. Penyanyi yang pernah digosipkan berpacaran dengan Mikha Angelo ini kemudian merilis single keduanya "KekasihMu". Lagu yang dirilis saat bulan puasa ini menceritakan tentang hubungan manusia dengan pencipta-Nya.

Penyanyi yang juga jago karate ini kemudian kembali ke blantika musik Indonesia dengan meluncurkan single ketiganya yang berjudul "Dia Dia Dia", November 2013. Tak tanggung-tanggung video klip lagu ini pun dibuat langsung dari Eropa.

Popularitas Fatin ternyata ikut mengundang putri Amien Rais, Hanum Salsabiela Rais, untuk memintanya bermain dalam film "99 Cahaya di Langit Eropa". Dalam film yang juga dibintangi Acha Septriasa ini, Fatin berperan sebagai dirinya sendiri dan ikut menyanyikan soundtracknya yang berjudul "Cahaya di Langit Itu".

Fatin akhirnya merilis album pertamanya yang bertajuk "For You", 11 November 2013. Album yang berisi 12 lagu ini sukses di pasaran dengan berhasil meraih 7 platinum setelah 3 minggu rilis. Tak hanya itu saja, Fatin juga berhasil meraih penghargaan Pendatang Baru Terdahsyat dalam ajang Dahsyatnya Awards 2014.