Hati-Hati! Serangan Bom Teks WhatsApp Bisa Buat Ponselmu Lumpuh Seketika
student problem
SerbaSerbi

Pesan bom ini terdiri atas dua bentuk yang harus segera kamu hapus dari ponselmu, seperti apa?

WowKeren - Pada era digital ini, masyarakat seolah semakin tidak bisa dilepaskan dari penggunaan internet. Berbagai macam komunikasipun dilakukan serba canggih, yakni melalui perantara aplikasi percakapan online. Salah satu aplikasi percakapan yang paling populer saat ini adalah WhatsApp.

Baru-baru ini, para pengguna WhatsApp di seluruh dunia telah diperingatkan dengan serangan bom teks yang mengintai pengguna WhatsApp di iOS dan juga Android. Pihak WhatsApp meminta seluruh penggunanya untuk berhati-hati jika menerima serangkaian pesan tidak jelas yang dikirimkan secara bertubi-tubi pada mereka. Alasannya, pesan tersebut bisa membuat aplikasi WhatsApp error hingga membuat ponsel penggunanya lumpuh sampai mati seketika.

Pesan berantai yang disebarkan lewat aplikasi yang banyak digemari ini disebarkan lewat dua bentuk. Sama saja, kedua jenis pesan tersebut bisa membahayakan kelangsungan ponsel milikmu.

Hati-Hati! Serangan Bom Teks WhatsApp Bisa Buat Ponselmu Lumpuh Seketika

Dailymail

Bentuk pesan pertama bertuliskan, "This is very interesting" yang diikuti dengan emoji menangis sambil tertawa. Selanjutnya, pengguna akan melihat kata-kata "Read More". Nah, jika kamu mengklik kata "Read More" ini maka ponselmu bisa-bisa lumpuh dan berlanjut mati.

Pesan-pesan berantai ini awalnya dibagikan di situs Pastebin. Hal itu membuat semua orang bisa menemukannya secara online lalu disebarkan sebagai bom pesan ke berbagai pengguna WhatsApp.


Sementara itu, bentuk kedua dari bom pesan ini bertuliskan, "If you touch the black point then your WhatsApp will hang" yang artinya jika kamu menyentuh titik hitam ini, maka WhatsApp milikmu akan lumpuh. Sama halnya dengan bentuk pesan pertama, bentuk ini pun juga membuat ponsel penggunanya hang.

Hati-Hati! Serangan Bom Teks WhatsApp Bisa Buat Ponselmu Lumpuh Seketika

Dailymail

Namun, jangan terlanjur panik dulu jika kamu mendapatkan pesan-pesan itu. Cara paling aman jika mendapatkan pesan tersebut adalah dengan cara menghapus semua percakapan yang mengandung pesan bom itu alih-alih meng-klik-nya. Akan tetapi, jika sudah terlanjur meng-klik-nya, maka ponselmu perlu di-restrart ulang.

Pihak WhatsApp sendiri belum mengeluarkan pernyataan apapun. Akan tetapi, perusahaan yang kini sudah dimiliki oleh Facebook tersebut kemungkinan akan mengeluarkan perangkat lunak yang bisa memperbaiki masalah pesan bom ini dalam waktu dekat.

Kedua kode yang bisa membuat ponselmu lumpuh ini bekerja dengan cara membebani sistem operasi dengan puluhan ribu karakter teks. Hal itulah yang membuat aplikasi WhatsApp akhinya membekukan dan membawa serta pesan peringatan yang mengatakan bahwa aplikasi tidak merespon.

Pesan bom berantai ini juga bisa menyebabkan seluruh sistem operasi mengalami crash dan butuh untuk di-restart meski tampaknya tidak terjadi kerusakan permanen. "Tidak hanya WhatsApp saja yang mogok, seluruh proses sistem saya macet, dan saya perlu me-restart ponsel saya," ujar salah satu pengguna Reddit yang terkena pesan bom WhatsApp ini dilansir Dailymail pada Jumat (11/5).

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait