Sering Kena Tipu Gambar Iklan? 4 Trik Cerdas Ini Harus Kamu Terapkan Saat Belanja Online
SerbaSerbi

Trik ini bisa banget dimanfaatkan untuk kamu yang hobi berbelanja baju dan sepatu online.

WowKeren - Pernahkah kamu kesal gara-gara merasa produk yang kamu beli tidak sesuai dengan yang kamu bayangkan? Atau mungkin kamu juga merasa sebal karena ukuran yang kamu pilih ternyata tidak pas saat kamu kenakan? Semua kejadian tidak menyenangkan tersebut pasti kebanyakan terjadi pada kamu yang suka berbelanja online.

Sebagai pembeli di toko online, kamu memang harus cerdas dalam memilih produk dengan berjuta pilihan tersebut. Tidak hanya itu, kemampuanmu dalam menentukan ukuran produk-produk seperti baju dan sepatu juga harus kamu kuasai. Bagaimana caranya? Intip trik cerdas berbelanja online untuk baju dan sepatu yang dilansir dari Brightside berikut ini, ya.

Dapatkan Ukuran yang Pas untuk Tubuhmu

Sering Kena Tipu Gambar Iklan? 4 Trik Cerdas Ini Harus Kamu Terapkan Saat Belanja Online

BrightSide

Jika kamu dapat mengenal ukuran yang pas dari tubuhmu, maka kamu akan lebih mudah untuk memilih ukuran baju yang dijual secara online ini. Ada empat bagian tubuh yang harus kamu pastikan ukurannya berikut ini.

Pertama, yakni ukuran lingkar pinggul. Ukur lingkar pinggulmu sambil berdiri menyamping di depan cermin. Kegunaan cermin ini akan membantumu dalam menghindari kesalahan. Kedua, ukuran lingkar pinggang. Untuk mengukur bagian ini, kamu bisa meletakkan selotip di bagian paling tipis di perutmu.

Ketiga, ukuran lingkar dada. Pada bagian ini kamu bisa mengukurnya dengan cara meletakkan selotip di bagian dada yang paling menonjol. Selotip tersebut harus lebih tinggi di bagian belakang daripada di bagian dada. Keempat, yakni ukuran lingkar leher. Penentuan ini biasanya digunakan untuk menentukan ukuran baju pria. Caranya, letakkan pita di sekitar leher sehingga berada di pangkal leher. Kalau sudah melakukan pengukuran dengan cara-cara tersebut, maka kamu bisa membandingkan hasilnya dengan tabel ukuran di atas dan pilih ukuran yang tepat bagimu. US untuk ukuran standar Amerika, INT untuk ukuran standar internasional, dan EU untuk ukuran standar Eropa.

Perhatikan Rekomendasi dari Penjual

Sering Kena Tipu Gambar Iklan? 4 Trik Cerdas Ini Harus Kamu Terapkan Saat Belanja Online

BrightSide

Bagian ini juga tak kalah penting harus kamu perhatikan saat ingin membeli pakaian secara online. Kadang, kamu akan terjebak dengan kesesuaian ukuran yang dipakai oleh modelnya. Padahal, ukuran tersebut belum pasti sesuai dengan ukuranmu.


Oleh karena itu, jangan lupa tanyakan kepada penjual mengenai ukuran apa yang dipakai oleh model tersebut. Jika kamu merasa ukuran tubuhmu mirip dengan si model, maka kamu bisa memesan ukuran yang sama. Akan tetapi, jika ukuran tubuhmu lebih besar atau lebih kecil dari ukuran tubuh si model, jangan segan-segan untuk memesan ukuran yang lebih besar atau lebih kecil. Ingat juga, bahwa ukuran antara satu produsen bisa berbeda dengan produsen yang lain.

Tak Hanya Ukuran, Perhatikan Juga Jenis Kainnya

Sering Kena Tipu Gambar Iklan? 4 Trik Cerdas Ini Harus Kamu Terapkan Saat Belanja Online

BrightSide

Memperhatikan jenis kain ini sangat penting diterapkan untuk menghindari baju yang kamu beli berubah warna atau tiba-tiba mengecil saat sudah dicuci. Hal ini nantinya juga berguna untukmu dalam menentukan ukuran yang akan kamu pilih saat membeli baju.

Untuk sweater yang terbuat dari wol, kamu harus pertimbangkan bahwa ukurannya mungkin menyusut usai dicuci. Jika tidak ingin hal tersebut terjadi, maka kamu harus tahu betul cara mencucinya. Untuk menghindarinya, kamu harus mengeringkan baju dari kain jenis wol ini dengan cara mengeringkannya secara horizontal di atas handuk kering.

Untuk pakaian berupa kaos, pakaian dalam, dan pakaian katun lainnya, kamu juga harus memperhatikan pemilihan ukurannya. Pakaian-pakaian dengan jenis tersebut akan menyusut sedikit usai dicuci. Oleh karena itu, hindari membeli pakaian dari jenis kain tersebut dengan ukuran yang pas dengan tubuhmu.

Untuk baju dengan bahan polyseter, kamu bisa membeli yang ukurannya lebih kecil dari ukuran tubuhmu. Hal itu dilakukan lantaran pakaian jenis ini bisa meregang, terutama di bagian bawahnya.

Tentukan Ukuran Kakimu dengan Benar

Sering Kena Tipu Gambar Iklan? 4 Trik Cerdas Ini Harus Kamu Terapkan Saat Belanja Online

BrightSide

Tips ini berlaku untuk kamu yang ingin membeli sepatu online. Jika kamu ingin membeli sepatu, pastikan kamu mengukur panjang kakimu dari tumit hingga ujung kaki yang paling panjang. Jangan lupa untuk mengukur panjang kedua kakimu, ya. Hal itu dilakukan karena kebanyakan orang tidak memiliki ukuran kaki yang identik.

Parameter lain yang sangat penting adalah lebar. Salah satu sistem pengukuran yang paling populer adalah sistem Amerika yang tertera dalam tabel di atas. Oiya, pilih juga sepatumu berdasarkan ukuran yang lebih besar dari ukuran kakimu.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait