Non Diskriminasi, Mendikbud Jamin Pendidikan Anak Pelaku Teror
Twitter/Kemdikbud_RI
Nasional

Menurut Muhadjir, tidak ada diskriminasi mengenai pendidikan meskipun anak seorang pelaku bom bunuh diri.

WowKeren - Pada Minggu (13/5) pukul 21.30 WIB terjadi ledakan bom bunuh diri di rusunawa kawasan Wonocolo, Sidoarjo. Pelaku utamanya adalah Anton yang mengajak istri beserta keempat anakanya.

Dalam peristiwa itu, Anton beserta Puspita sari (istri) dan LAR (anak pertama Anton) tewas di tempat sementara AR (anak kedua), FP (anak ketiga) dan GHA (anak keempat) luka-luka.

Hari selanjutnya, pada Senin (14/5) terjadi ledakan bom bunuh diri juga yang dilakukan oleh Tri Murtiono di Mapolrestabes Surabaya. Dalam ledakan itu, salah satu anak pelaku yang bernama Ais selamat.

Keempat anak dari pelaku bom bunuh diri itu nantinya akan didampingi sesuai pernyataan Kapolda Jawa Timur Irjen Machfud Arifin. Tentunya jika kondisi mereka sudah pulih.

""Kalau sudah sehat kita beri pemahaman, pendampingan terhadap anak-anak ini," kata Machfud. "Polwan, psikolog, terus ahli radikalisasi untuk memberi pemahaman yang benar supaya nggak terngiang-mgiang terus kejadian ini."


Hal itu juga diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Jawa Timur Frans Barung Mangera. Menurut Barung, anak pelaku bom bunuh diri di Sidoarjo juga mengalami kondisi psikologi berat.

"Kalau kami perhatikan ketiga anak ini mengalami tekanan luar biasa terhadap psikologinya," kata Barung di Mapolda Jawa Timur, pada Selasa (15/5). "Sehingga kami melakukan relaksasi itu."

Sementara untuk pendidikan keempat anak pelaku, Menteri Pendidikan dan kebudayaan Muhadjir Effendy akan menjamin pendidikan mereka. Bagi Muhadjir tidak ada diskriminasi mengenai pendidikan meskipun anak seorang pelaku bom bunuh diri.

"Siapapun anak itu harus dijamin pendidikannya," kata Muhadjir saat ditemui di kantor wakil presiden, dilansir CNNIndonesia.com, pada Kamis (17/5). "Kita tidak boleh melihat itu anak siapa. Harus nondiskriminasi."

Muhadjir juga menambahkan, ia masih menunggu kondisi kesehatan anak pelaku bom bunuh diri hingga membaik. Jika sudah dinyatakan sembuh, maka Muhadjir dapat mengambil langkah selanjutnya.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel