Jadi Produser Rekaman, Once Mekel Juga Masih Aktif Bernyanyi di Atas Panggung
transkrip/Fernando
Musik

Once Mekel juga menceritakan keseruan menjadi produser dalam album itu.

WowKeren - Nama Once Mekel memang jarang terdengar lagi. Mantan penyanyi Dewa 19 rupanya tengah disibukkan berada di belakang layar, yakni menjadi produser album.

"Saya merasa beruntung ditawarkan untuk ada di album ini," ujar Once saat ditemui oleh WowKeren di kawasan Kemang, Jakarta Selatan pada Rabu (25/7). "Alasannya bukan karena saya memang ada di JMSI (Jagonya Music and Sport Indonesia)."


Laki-laki berusia 48 tahun ini merasa senang karyanya dapat menghibur masyarakat Indonesia. Once juga membocorkan bahwa sebenarnya album yang ia produseri tersebut sudah ada sejak tahun lalu. Bedanya, kini Once menambahkan sentuhan string yang membuatnya terdengar lebih renyah.

"Hal yang menyenangkan karena saya masih bisa berkarya. Semoga bisa menambah khazanah musik Indonesia," lanjut Once. "Sebenarnya lagunya sudah lama juga lagunya dua tahun lalu. Tapi saya tambahkan string."

Dalam album tersebut, rupanya Once juga didapuk menjadi produser. Untungnya, sebelum ini Once sudah berpengalaman sebagai produser, jadi ia tidak mengalami banyak kesulitan.

"Karena saya jadi executive produser, tentu banyak pengalaman," sambung Once. "Negosiasi angka-angka, sampai menyusun album, cover, bukan satu dua kalimat tapi setahun itu banyak banget. Saya dapet banyak pengalaman juga."

Once juga bercerita tentang profesionalitasnya bekerja dalam dunia musik. Ia memang berusaha semaksimal mungkin agar musiknya diterima oleh masyarakat Indonesia.

"Buat saya harus profesional juga ya. Kita bekerja dengan banyak macam-macam artis. Ada yang artisnya terkenal dan enggak," lanjut Once lagi. "Hari ini yang membuat orang mau beli CD itu lagunya terkenal. Semua itu ada positioning sendiri. Kita pengin jadi bagian dari musim Indonesia yang sehat."

Kendati demikian, Once tidak sembarangan memproduseri suatu album. Ia juga dituntut jeli mana penyanyi yang berbakat dan tidak.

"Album ini kan gak ..Yang tadi saya bilang. Ini fair play banget. Bukan berarti artis terkenal, lagunya juga pasti terkenal," tambah Once. "Sekarang fair play. Semua bisa berkarya. Kita harus jeli yang mana yang memadukan artis yang terkenal, lagu yang terkenal."

Selain memproduseri album, Once juga masih aktif menjadi penyanyi. Ia menegaskan kiprahnya sebagai dalam dunia musik belumlah berhenti.

"Saya sih sebenarnya masih menyanyi, semalam aja masih manggung," cerita Once. "Untuk film dan lain-lain masih jalan juga. Saya tetap berkarya sebagai musisi. Enggak berhenti."

Ketika ditanya lebih seru bernyanyi atau memproduseri suatu album, Once mengaku dua-duannya seru. Baginya, setiap bidang mempunyai daya tarik serta tantangan tersendiri.

"Dua duanya seru," jelas Once. "Otak kita kan ada dua nih. Ada yang menyangkut keindahan kesenangan, ada juga amyang hitung-hitungan, di balik layar otak itu yang saya pakai. Untuk itung-itungan."

(wk/tria)

You can share this post!

Related Posts