Oscar Batalkan Penambahan Kategori Film Populer, Gara-Gara 'Black Panther'?
Walt Disney Pictures
Film

Disebut hanya mencari alasan untuk memberikan penghargaan pada 'Black Panther', pihak Academy akhirnya undur pemberlakukan kategori ini.

WowKeren - Belum lama ini, pihak The Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) selaku penyelenggara Academy Awards atau Oscar baru saja memberikan pengumuman yang cukup mengejutkan. Pasalnya, AMPAS baru saja menambah kategori baru untuk penghargaan Oscar tahun depan. Namun sayangnya, keputusan ini justru menimbulkan banyak kontroversi di kalangan sineas maupun anggota internal organisasi tersebut.

AMPAS mengumumkan kategori terbaru yang nantinya akan diperkenalkan di 91st Academy Awards tahun 2019 mendatang melalui akun Twitter resmi mereka. Rupanya, pihak Academy telah resmi menambahkan kategori bertajuk "Best Achievement in Popular Film" dalam perhelatan Oscar tahun depan.

Ini berarti, kategori terbaru itu akan memberikan penghargaan kepada film-film super populer. Maksudnya adalah film-film yang terkenal di kalangan penonton dan memang pantas untuk mendapatkan piala tertinggi industri perfilman tersebut.

Namun alih-alih mendapat sambutan positif, keputusan pihak The Academy justru menuai banyak kritik dan kecaman dari publik. Banyak yang mengklaim jika kategori baru ini merupakan celah untuk memberikan penghargaan pada film-film superhero, action, ataupun komedi yang masuk box office.


Seperti yang diketahui, selama beberapa tahun terakhir Oscar memang tidak pernah memberikan kesempatan bagi film-film bertemakan superhero untuk meraih penghargaan. Apalagi film-film populer seperti ini memang kebanyakan hanya masuk di kategori kecil saja.

"Terlalu terlambat untuk menambahkan kategori ini," komentar seorang netizen. "Kalian hanya mencari cara untuk memberi piala pada 'Black Panther'," sahut lainnya. "Akan sangat lucu jika tahun depan film Marvel mendapat penghargaan sedangkan 'Wonder Woman' tak mendapat apapun tahun lalu," pungkas yang lain.

Melihat reaksi negatif sedemikian rupa, akhirnya pihak Academy pun mengurungkan niatnya. Dilansir The Hollywood Reporter pada Jumat (8/9), penghargaan di kategori Best Achievement in Popular Film tak jadi diberikan dalam Piala Oscar 2019.

"Academy mengakui bahwa mengadakan suatu hal baru saat tahun ini telah mencapai bulan kesembilan, memberikan tantangan tersendiri untuk film-film yang telah dirilis," tulis juru bicara Academy. Tak hanya itu, mereka juga mengatakanakan terus mendengarkan saran dari berbagai pihak tentang kategori ini.

Terlepas dari hal tersebut, voting untuk nominasi Oscar sendiri akan dibuka pada 7 Januari 2019 dan ditutup tujuh hari kemudian. Sedangkan daftar lengkap nominator akan diumumkan pada 22 Januari mendatang. Perhelatan Oscar ini akan dilaksanakan pada 24 Februari 2019.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru