Kaleidoskop 2018: Gempa Hingga Tsunami, Rangkaian Bencana Alam yang Landa Indonesia Sepanjang Tahun
Nasional

Simak kembali serangkaian kejadian bencana alam yang guncang Indonesia selama tahun 2018 dalam rangkuman Wowkeren berikut ini.

WowKeren - Serangkaian peristiwa telah terjadi di tahun 2018 ini. Tak terasa, beberapa hari lagi kita akan menyambut Tahun Baru 2019. Namun, sebelum itu ada baiknya kita mencoba mengingat kembali ada apa saja yang terjadi di tahun ini.

Selain kejadian menyenangkan, beberapa hal yang kurang menyenangkan juga terjadi di Indonesia selama setahun penuh. Di antaranya adalah bencana alam yang tak bisa dihindari turut menerjang beberapa wilayah di Indonesia.

Mendapatkan sorotan dari masyarakat, tak heran jika kejadian bencana alam yang terjadi sepanjang tahun ini berhasil membuat heboh. Apa saja bencana alam yang berhasil membuat heboh Indonesia sepanjang tahun 2018 ini? Simak artikel tentang bencana alam yang berhasil menghebohkan Indonesia seperti yang sudah berhasil dirangkum oleh WowKeren berikut ini.

(wk/silm)

1. Gempa Bumi 6,1 SR di Banten Terjadi Pada 26 Januari 2018


Gempa Bumi 6,1 SR di Banten Terjadi Pada 26 Januari 2018

Awal tahun 2018, gempa yang cukup besar terjadi di salah satu wilayah di Indonesia. Gempa tersebut tepatnya terjadi di wilayah Banten, Jawa Barat. Gempa yang berkekuatan 6,1 SR tersebut mengguncang Banten pada 23 Januari 2018 lalu. Akibatnya, getaran dirasakan di sebagian besar masyarakat di Provinsi Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta dan juga sebagian Jawa Tengah.

Akibat kejadian ini, sejumlah rumah warga dikabarkan mengalami kerusakan. Sementara untuk jumlah korban dikabarkan dua orang mengalami luka dan satu orang meninggal dunia. Di Kabupaten Cianjur juga dikabarkan sejumlah sekolah rusak dan menimpa para siswanya.

Berdasarkan penjelasan BMKG, gempa Banten ini disebabkan oleh area intraslab atau dalam Lempeng Eurasia yang tertekan oleh pergerakan Lempeng Indo-Australia. Beruntung, gempa ini tak menimbulkan gempa-gempa susulan lain yang berbahaya.

2. Gunung Sinabung Meletus Pada Februari 2018


Gunung Sinabung  Meletus Pada Februari 2018

Memasuki bulan Februari, bencana alam masih membayangi wilayah Indonesia. Pada 19 Februari 2018, Gunung Sinabung di Sumatera Utara mengeluarkan asap panas hingga ketinggian 5.000 meter. Gunung Sinabung juga dilaporkan menyemburkan awan panas hingga lereng.

Hal ini juga disampaikan oleh Kepala Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam akun Twitter miliknya. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, semburan awan panas yang terlihat mengerikan ini sempat membuat heboh warganet di media sosial.

Gunung Sinabung ini sendiri memang dikenal sebagai gunung berapi yang aktif. Gunung Sinabung yang sudah beristirahat selama 400 tahun kembali meletus pada tahun 2010. Akibat kejadian tersebut, dua orang dikabarkan tewas.

Gunung Sinabung lantas kembali meletus pada tahun 2013 dan juga tahun 2014. Pada tahun 2014 ini, Gunung Sinabung menelan 16 orang. Lalu, letusan pada tahun 2016 juga memakan korban 7 orang tewas.

3. Gunung Agung Meletus Juli 2018, Video Awan Panas Bikin Heboh Media Sosial


Gunung Agung Meletus Juli 2018, Video Awan Panas Bikin Heboh Media Sosial

Masih berkaitan dengan bencana alam gunung meletus, pada 2 Juli 2018, Gunung Agung di Bali dikabarkan erupsi. Hal itu dikabarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Erupsi terjadi sekitar pukul 21.04 WITA dan Selasa (3/7) pukul 04.30 WITA. Kendati demikian, BPBD Provinsi Bali mengimbau masyarakat untuk tetap tenang namun tetap waspada.

Kepala Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, menjelaskan mengenai fenomena meletusnya gunung tertinggi di Bali itu. Sutopo menjelaskan jika erupsi gunung Agung tersebut terjadi secara Strombolian dan bersifat eksplosif melontarkan batu pijar.

Akibat erupsi tersebut, dikabarkan lontaran lava pijar teramati keluar dari kawah sejauh 2 kilometer. Hutan di sekitar puncak kawah Gunung Agung sempat terlihat menyala cukup besar.

4. Gempa Lombok 7 SR, BMKG Sempat Berikan Peringatan Tsunami


Gempa Lombok  7 SR, BMKG Sempat Berikan Peringatan Tsunami

Memasuki bulan Agustus 2018, gempa masih terus mengguncang wilayah Indonesia. Kali ini, gempa berkekuatan 7 SR mengguncang bagian Lombok Nusa Tenggara Barat. Gempa terjadi pada 5 Agustus 2018.

Gempa yang terjadi di Lombok tersebut turut dirasakan di beberapa wilayah di Indonesia seperi Bali dan beberapa daerah di Jawa Timur. Bahkan, beberapa artis Indonesia dan juga dunia yang tengah berada di Bali, turut mengabarkan hal ini. Seperti yang dilakukan John Legend dan juga istrinya Chrissy Teigen yang tengah berlibur di Bali pada saat itu.

Terkait gempa besar yang melanda wilayah Lombok ini, Presiden Indonesia, Joko Widodo turut menyampaikan ucapan duka. Presiden melalui unggahan di Instagram miliknya juga menegaskan akan segera memberikan bantuan yang dibutuhkan para korban.

Akibat gempa ini, dikabarkan sejumlah 564 orang meninggal dunia. Selain itu, terdapat pula 1.584 korban luka-luka. Peristiwa ini berbarengan dengan gegap gempita perayaan Asian Games di mana Indonesia menjadi tuan rumahnya. Oleh karena itu, pada saat penutupan, Jokowi sempat meminta doa bagi para korban gempa Lombok.

5. Gempa dan Tsunami Guncang Donggala-Palu pada September 2018


Gempa dan Tsunami Guncang Donggala-Palu pada September 2018

Belum usai Indonesia berduka atas kejadian gempa Lombok, guncangan gempa kembali terjadi di Kabupaten Donggala dan Palu Sulawesi Tengah pada 28 September 2018. Gempa mulanya mengguncang Kabupaten Donggala dengan kekuatan 7,7 SR. BMKG pada saat itu juga sudah memberikan peringatan dini terjadinya tsunami.

Terjadinya tsunami pasca gempa yang terjadi di Donggala ini lantas menelan banyak korban jiwa. Dikabarkan sebanyak 2.113 orang harus merenggang nyawa akibat terkena dampak gempa dan tsunami.

Beberapa kisah berhasil diungkap oleh para saksi mata kejadian gempa dan tsunami Donggala-Palu. Mulai dari kisah desa yang "hilang" hingga kisah bocah Izrael yang berbincang dengan Presiden Jokowi. Sementara itu, tagar #PrayforIndonesia juga sempat menggema di Twitter setelah terjadi gempa dan tsunami di Donggala-Palu.

6. Erupsi Gunung Soputan pada Bulan Oktober dan Desember 2018


Erupsi Gunung Soputan pada Bulan Oktober dan Desember 2018

Memasuki bulan Oktober 2018, keaktivan salah satu gunung di Indonesia kembali menimbulkan kecemasan. Kali ini, kabar letusan gunung datang dari Gunung Soputan di Sulawesi Utara.

Gunung Soputan dikabarkan mengalami letusan pada 3 Oktober 2018 pukul 08.47 WITA. Berdasarkan keterangan dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, Gunung Soputan meletus dan mengeluarkan abu vulkanik. Terpantau tinggi kolom abu sekitar 4.000 meter di atas puncak kawah atau sekitar 5.809 meter di atas permukaan laut.

Pada saat kejadian tersebut dikabarkan, Gunung Soputan sendiri sudah berstatus Siaga. Kendati demikian, Sutopo meminta warga untuk tetap waspada dan lebih menyaring kabar-kabar hoaks yang banyak beredar.

Berada pada status Siaga, Gunung Soputan dikabarkan kembali meletus pada 16 Desember yang lalu. Letusan terjadi sekitar pukul 05.40 WIB. Tinggi abu yang dimuntahkan ditaksir mencapai 8.809 meter di atas permukaan air laut (DPL).

7. Telan Ratusan Korban, Tsunami Selat Sunda di Desember 2018 Jadi Sorotan


Telan Ratusan Korban, Tsunami Selat Sunda di Desember 2018 Jadi Sorotan

Tak disangka-sangka, terjangan tsunami terjadi pada 22 Desember 2018 kemarin. Tsunami yang disebabkan karena aktivitas Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda tersebut menelan ratusan korban. Termasuk beberapa selebriti Indonesia, yakni personel band Seventeen dan juga komedian Aa Jimmy.

Terjadinya tsunami yang melanda Banten dan Lampung ini cukup menjadi sorotan masyarakat Indonesia hingga dunia. Pasalnya, terjadinya tsunami terkesan mendadak dan tak segera dikabarkan. Kendati demikian, BMKG sudah menjelaskan bahwa pihaknya telah memberikan peringatan bahaya ombak tinggi yang berlaku hingga 25 Desember 2018.

Mirisnya, kejadian ini juga memunculkan kejadian yang kurang menyenangkan. Pasalnya, lokasi terjadinya tsunami justru dijadikan ajang selfie oleh beberapa orang. Bahkan, fenomena ini berhasil mendapatkan sorotan media luar negeri.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru