Jokowi Minta ASN Pangkas Program Tak Bermanfaat Demi Permak APBN
Twitter/KemensetnegRI
Nasional

Jokowi ingin agar program yang digagas ASN bisa benar-benar memberikan dampak positif yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

WowKeren - Presiden Joko Widodo alias Jokowi ingin agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki komitmen untuk melakukan pekerjaan yang hasilnya bisa bermanfaat bagi rakyat. Untuk itu, Ia mengimbau agar mereka mengubah orientasi dalam bekerja.

Jika selama ini para ASN berorientasi pada prosedur, maka selanjutnya harus lebih mengutamakan hasilnya. Imbauan tersebut berlaku untuk seluruh ASN yang duduk di instansi pemerintah. Jokowi menilai bahwa orientasi prosedur sudah menjadi kewajiban yang harus dipenuhi oleh ASN sehingga harus lebih ditekankan pada hasil apa yang bisa diberikan.

"Sekarang ini harus orientasi hasil, prosedur mengikuti," kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam Rapat Kerja Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) tahun 2019 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (26/2). "Karena prosedur sudah kewajibannya. Bukan orientasi prosedur, orientasi hasil."

Capres 01 tersebut ingin agar apa yang dilakukan oleh ASN bisa berkontribusi untuk memberikan manfaat bagi bangsa dan negara. "Hasil yang bisa dimanfaatkan, bermanfaat bagi rakyat , bagi masyarakat, bagi negara. Semuanya harus ke sana," ujar Jokowi.


Untuk itu, Jokowi meminta agar saat menyusun program dengan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) serta Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) ASN tidak membuat terlalu banyak. Menurut Jokowi, program yang dicanangkan lebih baik sedikit namun bisa fokus daripada terlalu banyak tapi tidak efektif.

Jokowi mengimbau agar ASN memangkas program-program yang dinilai kurang bermanfaat. Dengan jumlah program yang lebih sedikit, akan lebih mudah untuk melakukan pengecekan serta memiliki sasaran yang jelas. Dengan begitu, rakyat bisa merasakan hasilnya secara langsung.

"Enggak usah banyak-banyak program, enggak usah," jelas Jokowi. "Program itu sedikit, tapi fokus, konsentrasi, sasarannya jelas, tepat, gampang kontrolnya, gampang ngeceknya, hasilnya dirasakan oleh rakyat."

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengimbau ASN agar tidak terjebak dalam pekerjaan yang sifatnya administratif. Ia ingin ASN lebih aktif untuk terjun langsung ke lapangan guna mengecek permasalahan yang tengah ada di masyarakat.

"Sering ke lapangan jadi masalahnya betul-betul bisa dikuasai. Bukan terjebak pada hal-hal yang sangat administratif," terang Jokowi. "Sehingga manfaat layanan betul-betul dirasakan langsung oleh masyarakat."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait