Kelebihan 6 Dompet Digital yang Ada di Indonesia, Mana yang Terbaik?
selular.id
Tekno

Banyak dompet digital yang saat ini mulai digunakan masyarakat untuk melakukan transaksi. Nah, mana yang terbaik diantaranya, ya?

WowKeren - Teknologi yang semakin maju membuat apapun dapat diakses secara digital. Salah satunya adalah soal alat pembayaran. Saat ini, uang dalam bentuk fisik mulai tersingkirkan dan tergantikan dengan uang elektronik dan dompet digital.

Dompet digital saat ini mulai digunakan masyarakat untuk melakukan transaksi. Perlu kalian ketahui bahwa uang elektronik berbeda dengan dompet digital. Menggunakan dompet digital perlu menggunakan aplikasi pada ponsel.


Saat ini, di Indonesia sendiri memiliki banyak dompet digital yang tersebut, mulai dari yang termasuk dalam BUMN dan swasta. Nah, berikut keuntungan yang akan kalian dapat saat kalian mengunduh dompet digital.

Mau tahu apa saja? Ayo simak di sini.

(wk/nris)

1. Mandiri E-Cash dari Bank Mandiri


Mandiri E-Cash dari Bank Mandiri

Mandiri e-cash merupakan salah satu dompet digital dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Meski keluaran bank Mandiri, Mandiri e-cash dapat digunakan tanpa nomor rekening. Jadi, nomor rekening kalian adalah nomor telepon yang ada di ponsel.

Transaksi yang dapat dilakukan dengan menggunakan Mandiri e-cash cukup beragam. Mulai dari Top up e-Money, penyetoran dan penarikan tunai, pengecekan saldo, transfer antar rekening Mandiri e-cash dan fitur lainnya yang dikembangkan. Kalian dapat melakukan beragam pembayaran asal toko bekerjasama dengan Mandiri e-cash.

Keuntungan menggunakan Mandiri e-cash adalah pengguna tidak perlu ke bank untuk membuka rekening. Dompet digital ini juga tidak dapat dipindahtangankan seperti E-money Mandiri yang berupa uang elektronik. Selain itu, terdapat dua pilihan yang membedakan maksimum saldo di dalamnya. Untuk yang belum diregistrasi dapat mengisi saldo hingga 1 juta rupiah sementara yang sudah diregistrasi dapat mengisi maksimum 5 juta rupiah.

2. Go-Pay, Dompet Digital Milik Go-Jek


Go-Pay, Dompet Digital Milik Go-Jek

Siapa yang tak tahu Go-Pay, dompet digital milik Go-Jek yang menawarkan banyak keuntungan bagi penggunanya? Go-Pay sendiri mulanya digunakan hanya untuk transaksi berbagai layanan dalam aplikasi Go-Jek. Namun kini, kalian dapat menggunakannya untuk transaksi di berbagai toko yang bekerjasama dengan Go-Jek.

Go-Pay merupakan salah satu dompet digital yang kerap memberikan potongan harga pada penggunanya. Mulai dari cashback, voucer hingga diskon yang cukup besar. Tak hanya untuk merchant makanan namun juga toko buku, aksesoris dan bioskop.

Nah, yang lebih memudahkan lagi, pengguna dapat melakukan top-up Go-Pay melalui driver, lho. Selain itu, ATM dan internet Banking yang menjadi mitra Go-Jek juga dapat digunakan. Sebut saja BCA, Bank Mandiri, BRI, BNI, Permata Bank dan CIMB Niaga. Kalian juga bisa mengisi saldo melalui mini market terdekat.

3. OVO, Saingan Go-Pay


OVO, Saingan Go-Pay

OVO merupakan dompet digital yang menjadi saingan terberat Go-Pay. Dompet digital yang diusung oleh PT Visionet Internasional ini dapat digunakan untuk berbagai macam pembayaran pada merchant yang telah bekerjasama. Penawaran yang diberikan pun enggak kalah menarik dari Go-Pay, lho. Hal ini yang membuat keduanya cukup bersaing ketat.

Dalam sekali transaksi, OVO akan memberikan OVO Points sebagai Loyality reward untuk penggunanya. Pengguna akan mendapatkan 1 OVO Point bernilah 1 rupiah, poin tersebut dapat digunakan kembali sebagai alat pembayaran di seluruh merchant yang bekerjasama dengan OVO.

OVO juga telah bekerjasama dengan banyak bank, seperti BCA, Mandiri, CIMB Niaga, BNI, BRI, Permata, Bank Mega, BTN, Danamon, Panin Bank, NOBU, BTPN, Maybank dan DBS. Kalian juga dapat melakukan top-up melalui merchant rekanan OVO, yakni Alfamart, Hypermart, Matahri, Boston, Books&Beyond dan lainnya.

4. DANA (Dompet Digital Indonesia)


DANA (Dompet Digital Indonesia)

Dompet digital selanjutnya adalah DANA. Dompet digital ini memilih konsep open platform agar dapat terhubung dengan layanan transaksi digital lain dari vendor yang telah bekerjasama seperti KFC, TIX.ID, Ramayana dan BBM. Beberapa vendor yang sudah terintegrasi dengan siste, Dana. Artinya, pengguna bisa mendaftarkan akun Dana di aplikasi lain yang terhubung.

DANA menyediakan fasilitas pembayaran lewat QR code dengan mesain transaksi di toko yang telah bekerjasama. Pengguna diharuskan membuka aplikasi Dana, lalu pilih tombol "Pay" berlogo kode QR yang terletak di bagian bawah antarmuka aplikasi. Nantinya, pengguna tinggal menyodorkan muka ponsel dengan kode QR di layar ke mesin POS tadi dan proses transaksi pun bakal selesai setelah aplikasi meminta verifikasi PIN lewat ponsel pengguna.

5. Sakuku dari BCA


Sakuku dari BCA

Tak hanya Bank Mandiri, BCA juga memiliki dompet digital, yakni Sakuku. Dengan Sakuku, pengguna dapat melakukan tarik tunai di ATM BCA tanpa membawa kartu. Kalian hanya perlu memilih menu transaksi tanpa kartu, lalu masukkan nomor Sakuku dan kode transaksi, dan uangnya keluar.

Kerennya lagi, pengguna Sakuku dapat membayar patungan makanan dan minuman di restoran bersama teman. Pengguna hanya perlu memasukkan total pembayaran pada menu Split Bill di aplikasi Sakuku. Total pengeluaran tersebut dibagi rata sesuai porsi makan dan ditagihkan ke Sakuku teman lainnya.

Selain itu, Sakuku juga menawarkan banyak promo menarik pada penggunanya. Mulai dari promo makanan di restoran, promo belanja di e-commerce, tiket bioskop hingga tiket wisata.

6. LinkAja yang Dulunya TCASH


LinkAja yang Dulunya TCASH

LinkAja merupakan layanan dompet digital sinergi dari berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). LinkAja akan menyediakan banyak promosi dan rewards menarik bagi Pelanggan. Pelanggan hanya perlu melakukan update aplikasi TCASH (bagi pelanggan TCASH) atau melakukan download dan registrasi aplikasi LinkAja di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS). Aplikasinya baru saja dirilis pada 21 Februari 2019 lalu, lho.

Pengguna TCASH sebelumnya, masih dapat melakukan transaksi menggunakan stiker TCASH Tap dan NFC di merchant yang sebelumnya sudah bekerja sama dengan TCASH. Pengguna juga masih dapat melakukan transfer saldo ke pengguna LinkAja lainnya melalui nomor telepon bahkan ke rekening bank.

Nah, untuk mengetahui terkait pemindahan saldo dan registrasi pelanggan TCASH, simak di sini. Selain dompet digital, belanja juga kini mudah dengan aplikasi belanja online yang kini merebak, simak di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru