Moeldoko: Kalau Ada Pasukan Turun Masyarakat Harus Merasa Aman, Jangan Takut
Instagram/dr_moeldoko
Nasional
Pemilu 2019

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menginstruksikan jajaran Kapolri maupun TNI untuk tetap menjaga stabilitas ketertiban pasca Pemilu agar situasi tetap kondusif.

WowKeren - Pesiden Joko Widodo alias Jokowi dalam rapat kabinet menginstruksikan agar aparat terus menjaga stabilitas keamanan pasca Pemilu. Sebab, ia melihat adanya riak-riak kecil yang muncul di masyarakat. Untuk itu, ia meminta agar aparat bisa menjaga situasi tetap kondusif.

"Kepada para menteri/ kepala lembaga, Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BIN," kata Jokowi di Bogor, Selasa (23/4). "Saya minta agar stabilitas keamanan dan ketertiban terus dijaga agar kondisi yang ada betul-betul kondusif."


Menurut Jokowi, wajar jika muncul riak kecil selama penyelenggaraan Pemilu selama tidak mengancam ketertiban. "Saya kira biasa dalam pesta demokrasi ada riak-riak kecil, tapi jangan sampai ganggu keamanan dan ketertiban, mengganggu rasa aman masyarakat," tutur mantan Wali Kota Surakarta itu.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menilai bahwa arahan ini adalah wajar. Pengerahan aparat diharapkan mampu membuat masyarakat merasa aman dan nyaman selama masa Pemilu.

"Kan mengingatkan, situasi abis Pemilu, kondisi seperti ini kan perlu semuanya mewaspadai," ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (23/4). "Jangan sampai masyarakat merasa tidak aman, tidak nyaman."

Jokowi, dikatakan Moeldoko, hanya ingin menekankan pada Polri agar benar-benar memahami situasi yang ada. "Makanya presiden tadi memberikan penekanan supaya TNI dan Polri lebih fokus lagi pada memahami situasi," tambah Meoldoko.

Moeldoko menuturkan bahwa sejauh ini, belum terhadap indikasi-indikasi adanya potensi kericuhan. Namun meski demikian, tindakan antisipasi dan pencegahan tetap harus dilakukan. Pemerintah ingin meyakinkan pada masyarakat bahwa situasi Pemilu akan tetap aman.

"Ada sementara masyarakat yang gamang," jelas Moeldoko. "Kita harus memberikan keyakinan kepada masyarakat enggak ada apa-apa situasinya."

Adapun salah satu langkah menjaga stabilitas keamanan yang dimaksud adalah dengan menerjunkan pasukan Brimob Polri ke lapangan. Adanya pasukan di tengah-tengah masyarakat, dikatakan Moeldoko akan memberikan rasa aman dan tenang bagi publik. Oleh sebab itu, ia meminta agar publik tidak takut.

"Jadi masyarakat kalau ada pasukan yang turun di lapangan justru harus merasa nyaman," tutur Moeldoko. "Jangan merasa ketakutan."

You can share this post!

Related Posts
Loading...