'Dark Phoenix' Ditarik dari Bioskop Padahal Baru Tiga Pekan Tayang, Kenapa?
20th Century Fox
Film

Setelah tiga pekan ditayangkan, 'Dark Phoenix' hanya mendapat total box office USD 60 juta, jumlah yang sangat rendah dibandingkan angka produksi yang menelan biaya USD 200 juta.

WowKeren - Sudah menjadi rahasia umum bahwa "Dark Phoenix" menuai hasil yang mengecewakan di box office sejak dirilis secara global pada 7 Juni lalu. Kini setelah tiga pekan tayang, secara mengejutkan Twentieth Century Fox akhirnya memutuskan untuk menarik seri terakhir dari franchise "X-Men" tersebut.

Dilansir Heroic Hollywood pada Senin (24/6), Exhibitor Relations Company menyebut bahwa film ini akan kehilangan 1.667 penayangannya hanya dalam minggu ketiga. Akhir pekan lalu, "Dark Phoenix" hanya menghasilkan USD 3,6 juta. Secara global, total box office film yang dibintangi oleh Sophie Turner ini pun hanya mencapai USD 60 juta, jumlah yang sangat rendah dibandingkan angka produksi yang menelan biaya USD 200 juta.


"Dark Phoenix" sendiri mengalami penurunan tajam pekan lalu. Oleh karena itu, seharusnya tidak mengherankan jika Fox memutuskan untuk menarik penayangan film yang menjadi penutup 20 tahun perjalanan "X-Men" ini.

Jebloknya "Dark Phoenix" di box office sendiri tentunya tak lepas dari kritik negatif yang dilayangkan pada film tersebut. Diketahui, film yang diarahkan oleh sutradara Simon Kinberg ini hanya meraih rating sebesar 22% di laman agregator Rotten Tomatoes. Padahal, film ini digadang-gadang sebagai proyek terbesar franchise "X-Men".

Faktor lain yang berpengaruh tentunya akuisisi Disney terhadap sejumlah aset Fox, dimana franchise "X-Men" termasuk di dalamnya. Semenjak proses merger pada bulan Maret lalu, Fox memang seakan tak begitu mempromosikan "Dark Phoenix" dalam skala besar, pun juga Disney yang belum turun tangan dalam proyek ini.

Sebelumnya, sutradara Simon Kinberg yang menggarap "Dark Phoenix" diketahui sempat menyalahkan dirinya sendiri akibat gagalnya film ini. Simon juga mengatakan bahwa "Dark Phoenix" tidak bisa terhubung dengan penonton yang belum menyaksikan seri "X-Men" sebelumnya.

"Film ini jelas tidak bisa terhubung dengan penonton yang tidak menontonnya (X-Men), juga tidak cukup terhubung dengan penonton yang menontonnya. Jadi ini karena (kesalahan) ku," ujarnya.

Meski demikian, Simon mengaku tak sabar melihat bagaimana karakter-karakter "X-Men" akan berkembang di franchise Marvel Cinematic Universe (MCU) nantinya. "Aku mencintai karakter-karakter ini. Aku sangat bersemangat untuk melihat apa yang Marvel lakukan pada mereka," lanjutnya lagi.

You can share this post!

Related Posts
Loading...