Setya Novanto Dikembalikan ke Lapas Sukamiskin Usai 'Dihukum' di Gunung Sindur Karena Perilaku Ini
Nasional

Setya Novanto sempat dipindah ke Rutan Gunung Sindur Bogor usai kepergok pelesiran ke toko bangunan mewah di Padalarang, Bandung. Genap sebulan, Setnov pun dikembalikan ke Lapas Sukamiskin.

WowKeren - Terpidana kasus korupsi Setya Novanto diketahui dipindah ke Rutan Gunung Sindur Bogor usai kepergok pelesiran ke toko bangunan mewah di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, pada Juni 2019. Genap sebulan, Setnov dikembalikan ke Lapas Sukamiskin pada Minggu (14/7) kemarin.

"Ada surat keputusan dari Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jawa Barat dipindahkan dari Rutan Gunung Sindur ke Lapas Sukamiskin," terang Kalapas Sukamiskin, Tejo Harwanto, di Kota Bandung pada Selasa (16/7). "Yang mana surat keputusan tersebut ada beberapa pertimbangan."


Perilaku Setnov rupanya dinilai telah berubah sejak "dihukum" di Rutan Gunung Sindur. Hal ini disampaikan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Barat, Abdul Aris.

"Indikator assessment dari Bapas Bogor pertama yang bersangkutan sudah berperilaku ke hal yang positif, lalu tingkatannya sudah medium kemudian mempertimbangkan faktor kesehatan dia," terang Abdul dilansir detikcom pada Rabu (17/7). "Itu tiga hal yang menjadi dasar untuk menempatkan dia kembali ke Sukamiskin."

Menurut Abdul, Setnov kerap menaati peraturan selama berada di Rutan Gunung Sindur. Selain itu, mantan Ketua Umum Partai Golkar tersebut juga menghormati petugas Rutan.

"Dia menghormati petugas terus menaati peraturan. Kegiatan kepribadian yang bersangkutan ke arah yang positif," terang Abdul. "Kalau disuruh mau."

Setnov juga disebut sudah menyadari kesalahannya. Abdul mengaku bahwa Setnov beritikad baik untuk memperbaiki diri.

"Dia melakukan hal-hal yang sifatnya sudah didasari dari kesadaran yang bersangkutan," jelas Abdul. "Ada itikad baik berupa penyesalan atas perbuatan yang dilakukan."

Sementara itu, sejak dikembalikan ke Lapas Sukamiskin, Setnov juga menampakkan perubahan perilaku. Mantan Ketua DPR RI tersebut kini lebih rajin beribadah.

"Selama dua hari di Lapas Sukamiskin sudah menunjukkan perilaku yang berubah," ungkap Kalapas Sukamiskin. "Kegiatannya di sini hanya salat di masjid dan masuk kamar, begitu saja."

You can share this post!

Related Posts
Loading...