Spider-Man Ditendang dari MCU Gara-Gara Marvel dan Sony Gagal Sepakat
Sony Pictures
Film

Gagalnya kesepakatan untuk mempertahankan karakter Spider-Man di franchise MCU ini disebabkan karena Marvel dan Sony sama-sama ingin meraih keuntungan lebih.

WowKeren - Pencapaian gemilang "Spider-Man: Far From Home" rupanya berbanding terbalik dengan kisruh yang dialami oleh Marvel dan Sony. Pasalnya, kerja sama Marvel dan Sony untuk memproduksi franchise Spider-Man harus berakhir.

Dilansir Deadline pada Rabu (21/8), Marvel dan Sony tak lagi bekerja sama lantaran tidak berhasil membuat persyaratan baru. Perdebatan dua rumah produksi itu sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu hingga membuat presiden Marvel Studios, Kevin Feige, merasa cukup geram.

Rampungnya kemitraan Sony dan Marvel ini tentunya akan meredupkan prospek kemitraan Spider-Man di franchise Marvel Cinematic Universe (MCU). Padahal dalam film "Spider-Man: Far From Home", sebagian besar cerita berfokus pada kemungkinan Spider-Man (Tom Holland) yang bakal menggantikan Tony Stark (Robert Downey Jr.) sebagai jenius teknologi di tim Avengers.

Laporan terbaru menyebut bahwa Disney dan Marvel meminta agar film Spider-Man di masa depan dibiayai 50-50 oleh kedua studio. Namun permintaan tersebut ditolak oleh Sony. Rumah produksi yang masih memegang penuh lisensi seluruh karakter Spider-Verse tersebut justru memberikan tawaran untuk menjaga kesepakatan saat ini, di mana Marvel menerima di kisaran 5 persen dari first dollar gross (persentase pendapatan kotor box office di hari pertama rilis film).

Disney pun menolak penawaran tersebut. Pasalnya dalam kerja sama saat ini, Marvel adalah pihak yang mengelola seluruh merchandising Spider-Man.


Selain itu ada juga soal pembahasan mengenai pengembangan semesta Spider-Man. Dengan begitu, Sony dan Marvel bisa membuat film lepas alias spin-off yang masih berkaitan dengan semesta Spider-Man. Sony disebut langsung menolak tawaran itu.

Pihak Sony yang diwakilkan Tom Rothman dan Tony Vinciquerra memberikan penawaran lain pada Marvel dan Disney. Namun kesepakatan itu gagal lantaran Disney menolak penawaran tersebut.

Di sisi lain, sebenarnya masih ada dua film Spider-Man yang akan diproduksi. Dalam dua film itu, Spider-Man masih diperankan Tom Holland, dengan Jon Watts yang kembali didapuk menjadi sutradara. Dengan keluar dari Marvel, nasib dua film Spider-Man tersebut pun menggantung.

Ada dua kemungkinan besar yang bisa terjadi, yakni Sony menggarap Spider-Man sendiri, atau akhirnya kembali memutuskan untuk bekerja sama lagi dengan Marvel. Apalagi menilik bahwa karakter Spider-Man versi Tom Holland sudah terlalu melekat pada sosok Tony Stark di MCU.

Sementara itu, karakter Spider-Man sendiri diboyong ke MCU pada tahun 2015 lalu. Karakter ini kemudian diperkenalkan pertama kali dalam film "Captain America: Civil War" yang dirilis pada 2016.

Setelahnya, Spider-Man mendapatkan film solonya sendiri pada 2017, "Spider-Man: Homecoming". Ia juga kembali muncul di film "Avengers: Infinity War" serta "Avengers: Endgame" sebelum tampil di sekuel film solonya, "Spider-Man: Far From Home".

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel