Saham Sony Anjlok Drastis Gara-Gara Spider-Man Keluar dari MCU
Sony Pictures
Film

Tepat setelah berita keluarnya Spider-Man dari franchise MCU merebak, harga saham Sony Corp mengalami penurunan di akhir perdagangan di bursa New York pada Selasa (20/8) waktu setempat.

WowKeren - Polemik soal berakhirnya kesepakatan antara Marvel dan Sony terkait karakter Spider-Man memang tengah jadi bahasan hangat saat ini. Diketahui, karakter Spider-Man telah resmi keluar dari franchise Marvel Cinematic Universe (MCU) akibat gagalnya kesepakatan ini.

Permasalahan ini bermula saat Disney dan Marvel meminta agar film Spider-Man di masa depan dibiayai 50-50 oleh kedua studio. Namun permintaan tersebut ditolak oleh Sony. Rumah produksi yang masih memegang penuh lisensi seluruh karakter Spider-Verse tersebut justru memberikan tawaran untuk menjaga kesepakatan saat ini, di mana Marvel menerima di kisaran 5 persen dari first dollar gross (persentase pendapatan kotor box office di hari pertama rilis film).


Disney pun menolak penawaran tersebut. Pasalnya dalam kerja sama saat ini, Marvel adalah pihak yang mengelola seluruh merchandising Spider-Man.

Buntut dari masalah ini, saham Sony rupanya mengalami penurunan yang cukup signifikan. Dilansir Bloomberg pada Rabu (21/8), harga saham Sony Corp mengalami penurunan di akhir perdagangan di bursa New York pada Selasa (20/8) waktu setempat. Di sesi penutupan, saham Sony Corp ditutup turun 0,11 persen menjadi USD 55,66 per saham.

Terlepas dari hal tersebut, karakter Spider-Man versi live-action sendiri sebenarnya diperkenalkan pertama kali sejak era 1970-an dan dimainkan oleh Nicholas Hammond. Setelahnya, Tobey Maguire menjadi sosok yang begitu melekat dengan karakter tersebut usai melakukan debutnya pada tahun 2002.

Aktor berusia 43 tahun ini kembali mengulang perannya sebagai Peter Parker untuk dua sekuel film tersebut, yakni "Spider-Man 2" dan "Spider-Man 3". Kedua sekuel tersebut masing-masing dirilis pada 2004 dan 2007.

Pada tahun 2012, Sony rupanya kembali me-reboot kisah Spider-Man lewat film "The Amazing Spider-Man" yang menampilkan Andrew Garfield sebagai Peter Parker. Aktor tampan tersebut lantas kembali mengulang perannya dalam "The Amazing Spider-Man 2" yang dirilis pada 2014. Peran Andrew sebagai Spider-Man terhenti karena Marvel Studios membuat kesepakatan dengan Sony untuk membawa karakter itu ke MCU.

Sementara itu, karakter Spider-Man sendiri diboyong ke MCU pada tahun 2015 lalu. Karakter ini kemudian diperkenalkan pertama kali dalam film "Captain America: Civil War" yang dirilis pada 2016 dan diperankan oleh aktor muda Tom Holland

Setelahnya, Spider-Man mendapatkan film solonya sendiri pada 2017, "Spider-Man: Homecoming". Ia juga kembali muncul di film "Avengers: Infinity War" serta "Avengers: Endgame" sebelum tampil di sekuel film solonya, "Spider-Man: Far From Home".

You can share this post!

Related Posts
Loading...