Alasan Joker Sembunyi di dalam Kulkas Terungkap, Ternyata Begini Maknanya
Film

Sebelum mengurung diri di dalam kulkas, Arthur Fleck (Joker) lebih dulu menghancurkan semua perabotan di dapurnya, bahkan ia mengeluarkan makanan dan rak-rak dari dalam lemari esnya.

WowKeren - Meski telah ditayangkan secara global sejak 4 Oktober lalu, namun beragam detail film "Joker" tampaknya masih menjadi topik yang santer dibahas oleh para penggemar. Tak terkecuali soal adegan ikonik ketika Arthur Fleck (Joaquin Phoenix) bersembunyi di dalam kulkas.

Adegan ini diawali dengan momen ketika Arthur bertemu dengan Thomas Wayne, setelah ia menemukan surat sang ibu, Penny Fleck. Dalam surat tersebut, Penny menyebut kalau Thomas sebenarnya adalah ayah Arthur. Namun begitu Arthur menemui Thomas, calon wali kota Gotham tersebut justru mengatakan kalau Penny memiliki gangguan mental dan mengada-ada. Tak cuma itu, Thomas bahkan melayangkan tinju pada wajah Arthur.

Arthur yang merasa sakit hati pun akhirnya menghancurkan semua perabotan di dapurnya, bahkan ia mengeluarkan makanan dan rak-rak dari dalam kulkasnya. Tak sampai di sana, Arthur bahkan mengurung dirinya dalam kulkas tersebut.

Adegan ini pun rupanya berhasil mencuri perhatian penggemar. Usut punya usut, adegan ini menggambarkan kondisi Arthur yang berada di titik paling rendah dalam hidupnya usai menerima semua penolakan dari masyarakat, termasuk Thomas Wayne yang dianggapnya sebagai ayah.


Arthur mengisolasi dirinya di dalam kulkasnya dapat diartikan dengan berbagai cara. Implikasi yang paling tidak mengganggu adalah bahwa Arthur hanya ingin bersembunyi dari dunia yang terus menolaknya. Bersembunyi di ruang kecil dan terbatas bisa menjadi sesuatu yang menghibur bagi Arthur dibandingkan dikelilingi oleh dunia terbuka yang penuh dengan orang-orang jahat.

Menariknya, sebenarnya adegan ini tidaklah ada dalam naskah asli "Joker", melainkan cuma improvisasi Joaquin Phoenix saja. Sinematografer "Joker", Lawrence Sher, menjelaskan bahwa ada adegan-adegan tertentu dalam film ini yang benar-benar tidak ada di dalam naskah dan tidak direncanakan sebelumnya.

"Ketika dia masuk ke dalam kulkas, kami tidak tahu dia (Joaquin Phoenix) akan melakukan itu. Kami menyiapkan dua posisi kamera, dan Joaquin hanya berpikir tentang apa yang akan ia lakukan jika ia penderita insomnia parah," tutur Lawrence Sher, dilansir Screen Rant pada Selasa (12/11).

Tentunya ini bukanlah pertama kalinya Joaquin kedapatan melakukan improvisasi. Sebelumnya, terungkap bahwa adegan tarian di kamar mandi selepas ia membunuh tiga pria di stasiun bawah tanah juga berasal dari improvisasinya sendiri.

Terlepas dari fakta ini, "Joker" sendiri masih terus mencetak beragam prestasi baru hingga sekarang. Yang terbaru, "Joker" dinobatkan sebagai film adaptasi komik yang paling menguntungkan sepanjang masa. Tak cuma itu, "Joker" juga digadang-gadang sebagai film rating R pertama yang akan meraup USD 1 miliar secara global.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru