'The Rise of Skywalker' Jadi Film 'Star Wars' Terburuk Sepanjang Masa
Film

Bukan hanya hasil di box office saja, 'Star Wars: The Rise of Skywalker' juga mendapatkan ulasan terburuk dibandingkan film-film saga 'Star Wars' lainnya dari lama agregator.

WowKeren - "Star Wars: The Rise of Skywalker" boleh saja dibilang tak memenuhi ekspektasi. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa seri terakhir saga "Star Wars" ini tetap menyedot perhatian banyak penggemar.

Terbukti, film arahan J.J. Abrams ini berhasil mengumpulkan USD 1 miliar dan bergabung dengan 1 billion dollar club rilisan tahun 2019 lainnya. Berdasarkan data Box Office Mojo, "Star Wars: The Rise of Skywalker" tercatat meraup USD 1,001 miliar secara global, dengan rincian USD 481 juta dari penayangan domestik dan USD 519 juta dari pemutaran internasional.

Dengan ini, "Star Wars: The Rise of Skywalker" berhasil bertengger di peringkat kesembilan dalam daftar film terlaris tahun 2019. Film terakhir saga "Star Wars" ini menyusul deretan proyek Disney lainnya seperti "Avengers: Endgame", "The Lion King", "Frozen II", "Captain Marvel", "Toy Story 4", hingga "Aladdin".

Namun sayangnya, meski mendapatkan hasil yang mengesankan, pencapaian ini masih kalah jauh dari seri-seri pendahulunya. Bahkan "Star Wars: The Rise of Skywalker" menjadi franchise "Star Wars" terburuk sepanjang masa.


"Star Wars: The Rise of Skywalker" harus tayang selama 28 hari di bioskop untuk mencapai angka USD 1 miliar. Jika dibandingkan langsung, "Star Wars: The Force Awakens" menghasilkan USD 1 miliar dalam 12 hari sementara "Star Wars: The Last Jedi" mencapai angka tersebut dalam waktu 15 hari.

Bukan cuma itu saja, hasil di box office untuk franchise "Star Wars" juga terus menurun sejak "The Force Awakens" yang menghasilkan USD 2.07 miliar di seluruh dunia. "Rogue One: A Star Wars Story" masih cukup baik dengan pendapatan USD 1.06 miliar dan diikuti oleh "The Last Jedi" dengan USD 1.33 miliar secara global.

Photo-INFO

Rotten Tomatoes

Tak hanya hasil di box office, "Star Wars: The Rise of Skywalker" juga mendapatkan ulasan terburuk dibandingkan para pendahulunya. Di laman agregator Rotten Tomatoes, film kesembilan saga "Star Wars" ini hanya meraih skor 52% saja dari para kritikus. Ulasan ini menurun drastis dari sebelumnya.

Sejauh ini, "Star Wars: Episode V - The Empire Strikes Back" dan "Star Wars: Episode IV - A New Hope" adalah film yang mempunyai ulasan terbaik dalam franchise Star Wars, masing-masing dengan 94% dan 93%. Kemudian disusul oleh "The Force Awakens" (93%), "The Last Jedi" (91%), "Rogue One: A Star Wars Story" (83%), "Star Wars: Episode VI - Return of the Jedi" (82%), "Star Wars: Episode III - Revenge of the Sith" (80%), "Solo: A Star Wars Story" (70%), "Star Wars: Episode II - Attack of the Clones" (65%), dan "Star Wars: Episode I - The Phantom Menace (53%).

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru