Jangan Dibuang Begitu Saja, 8 Biji Buah Ini Aman Dikonsumsi dan Bernutrisi Untuk Tubuh
Kuliner

Saat mengkonsumsi buah-buahan, kebanyakan orang akan membuang bagian bijinya. Padahal beberapa jenis buah memiliki biji yang bisa dimakan dan mengandung banyak gizi baik untuk tubuh.

WowKeren - Beberapa jenis buah-buahan memiliki biji. Saat mengkonsumsinya, kebanyakan dari kita lebih memilih untuk membuangnya dan hanya menyantap bagian dagingnya. Hal ini biasanya terjadi begitu saja bahkan tanpa kita sadari. Beberapa orang bahkan menganggap jika biji buah-buahan beracun dan tidak boleh dimakan.

Tapi tahukah kamu kalau beberapa jenis buah yang bijinya biasa dibuang ternyata bisa dimakan? Biji-biji ini selain enak dikonsumsi, ternyata juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Penasaran biji buah-buahan apa saja yang bisa dimakan? Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Biji Durian Ternyata Bisa Dimakan dan Mengandung Banyak Manfaat Baik Untuk Kesehatan


Biji Durian Ternyata Bisa Dimakan dan Mengandung Banyak Manfaat Baik Untuk Kesehatan

Kebanyakan kita biasanya membuang biji durian karena menganggapnya tidak bermanfaat. Padahal menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Pharmacological and Pharmaceutical Sciences, biji durian mengandung banyak nutrisi baik dan tidak kalah menakjubkan seperti dagingnya.

Di antara manfaat dari biji durian adalah untuk mengatasi masalah pencernaan, sebagai sumber energi dan tenaga, menjaga kesehatan tulang dan gigi serta menguatkan otot dan menjaga daya tahan tubuh. Tapi ingat, kamu harus merebus biji itu dulu sebelum memakannya. Karena jika dikonsumsi dalam keadaan mentah, biji durian masih mengandung asam lemak siklopropena, sebuah racun yang berbahaya bagi tubuh.

2. Biji Nangka Jangan Dibuang! Karena Bisa Dimakan dan Memiliki Banyak Nutrisi


Biji Nangka Jangan Dibuang! Karena Bisa Dimakan dan Memiliki Banyak Nutrisi

Serupa dengan biji durian, biji nangka juga memiliki sejumlah nutrisi baik bagi tubuh. Di antaranya adalah protein, karbohidrat, serat, vitamin A, C dan B, kalsium, seng serta fosfor yang sangat berkhasiat. Salah satunya adalah untuk meningkatkan kesehatan mata.

Selain itu biji nangka juga memiliki sejumlah manfaat menakjubkan, seperti membantu memberi energi pada tubuh, mengontrol rasa lapar, menurunkan kadar gula darah, meningkatkan pencernaan dan sensitivitas insulin. Seperti halnya dengan biji durian, jangan pernah mengkonsumsi biji nangka dalam keadaan mentah. Lebih baik rebus atau panggang terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya.

3. Biji Pepaya Tak Hanya Aman Dikonsumsi, Tapi Juga Bisa Mengurangi Risiko Kanker Loh


Biji Pepaya Tak Hanya Aman Dikonsumsi, Tapi Juga Bisa Mengurangi Risiko Kanker Loh

Seringkali orang-orang membuang biji pepaya begitu saja dan hanya mengambil bagian dagingnya. Padahal biji yang memiliki nama ilmiah carica papaya ini selain aman dikonsumsi, juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan serat di dalamnya.

Selain itu, biji pepaya juga bisa mengurangi risiko penyakit kanker, melawan infeksi hingga melindungi fungsi ginjal. Untuk mengkonsumsinya, kamu bisa memakannya bersamaan dengan dagingnya sekaligus. Jika ingin menggunakan cara lain kamu bisa menggerusnya sampai halus sebelum memakannya.

4. Biji Alpukat Memiliki Banyak Manfaat Menakjubkan, Jadi Jangan Ragu Untuk Mengkonsumsinya


Biji Alpukat Memiliki Banyak Manfaat Menakjubkan, Jadi Jangan Ragu Untuk Mengkonsumsinya

Alpukat dikenal sebagai salah satu buah yang lezat dan memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Dan ternyata bijinya yang biasa dibuang juga memiliki sejumlah manfaat yang tak kalah menakjubkan. Berdasarkan hasil penelitian dalam International Journal of Research in Pharmacology, biji alpukat bersifat bakterisida dan fungisida yang bisa menetralkan berbagai mikroorganisme berbahaya dalam tubuh.

Selain itu biji alpukat ternyata juga bisa menurunkan berat badan, kolesterol, bersifat anti diabetes, mencegah penyakit tekanan darah tinggi hingga mengatasi jerawat. Sebelum mengkonsumsinya, kamu harus mengolah biji alpukat terlebih dahulu. Pertama kupas kulit bagian luarnya, lalu panggang dalam oven selama dua jam.

5. Biji Semangka Juga Bisa Dimakan Loh, Bahkan Sering Dijadikan Bahan Pelengkap dalam Kue


Biji Semangka Juga Bisa Dimakan Loh, Bahkan Sering Dijadikan Bahan Pelengkap dalam Kue

Biji berikutnya yang aman untuk dikonsumsi adalah biji semangka. Biji buah yang menyegarkan ini sendiri memang cukup sering dijadikan olahan makanan. Misalnya dibuat kuaci hingga dijadikan bahan pelengkap dalam pembuatan kue bulan.

Soal manfaatnya tak perlu diragukan lagi. Pasalnya biji semangka dapat mengatur tekanan darah karena memiliki kandungan magnesium yang berlimpah. Biji ini bahkan bisa membantu menurunkan berat badan karena memiliki kandungan kalori yang rendah.

Selain dimakan secara langsung, kamu juga bisa merebus dua liter air yang dicampur dengan 20-30 biji semangka. Air rebusan ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti hipertensi, masalah jantung hingga batu ginjal.

6. Jangan Dibuang, Biji Anggur Bisa Menjadi Sumber Nutrisi Penting dalam Tubuh


Jangan Dibuang, Biji Anggur Bisa Menjadi Sumber Nutrisi Penting dalam Tubuh

Biji buah anggur yang kecil bentuknya ternyata memiliki manfaat yang cukup besar dan luar biasa. Biji anggur bahkan telah digunakan sebagai obat tradisional dan menjadi sumber nutrisi yang penting bagi tubuh.

Di antara manfaat baik biji anggur adalah untuk mendukung metabolisme tubuh, menjaga kelenturan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah, mencegah kanker, gagal jantung serta gangguan stres oksidatif.

Selain bisa dimakan langsung bersama dagingnya, biji anggur juga bisa diolah menjadi ekstrak yang telah terbukti secara klinis bisa mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Seperti menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah radikal bebas, menguatkan tulang, menyehatkan otak, ginjal dan hati.

7. Biji Delima Juga Mengandung Sejumlah Manfaat Baik Untuk Kesehatan, Jadi Aman Dikonsumsi


Biji Delima Juga Mengandung Sejumlah Manfaat Baik Untuk Kesehatan, Jadi Aman Dikonsumsi

Sebagian besar isi buah delima terdiri dari biji. Karena itulah ada banyak orang yang memilih untuk tidak mengkonsumsinya, padahal biji buah delima memiliki sejumlah manfaat menakjubkan. Biji delima mengandung banyak vitamin C, K, mineral dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Karena itulah buah delima beserta bijinya kerap diolah menjadi sirup, selai, bahan pelengkap makanan atau dikonsumsi dalam keadaan segar.

8. Aman Dimakan, Biji Buah Kiwi Memiliki Banyak Kandungan Baik yang Bermanfaat Bagi Tubuh


Aman Dimakan, Biji Buah Kiwi Memiliki Banyak Kandungan Baik yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Biji buah kiwi mungkin jadi salah satu biji buah yang sudah umum dikonsumsi. Bagian biji kiwi sendiri mengandung lemak yang baik, antioksidan dan omega 3. Kandungan inilah yang membuat biji kiwi sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan otak. Dengan demikian, kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung dalam keadaan segar.

Demikian delapan biji buah-buahan yang aman dikonsumsi dan bermanfaat untuk kesehatan. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa jenis bunga yang dapat dikonsumsi. Selain itu kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa jenis makanan yang sering dianggap bikin gemuk padahal ampuh dalam menurunkan berat badan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel