Istri Ricky Perdana Hamil 2 Bulan Ternyata Idap Talasemia, Apa Bahayanya ke Janin?
Instagram/rickyperdana06
Selebriti

Ricky Perdana kini sedang berbahagia atas kehamilan pertama sang istri, Chacha Takya. Namun Chacha yang sedang hamil 2 bulan ternyata divonis mengidap penyakit Talasemia.

WowKeren - Ricky Perdana dan sang istri yang bernama Chacha Takya kini sedang berbahagia. Pasalnya Chacha diketahui sedang hamil calon buah hatinya yang pertama dengan Ricky, usai menantikan momongan selama hampir 4 tahun.

Usia kehamilan Chacha kini sudah memasuki bulan kedua. Ricky pun bersyukur karena Tuhan menjawab doanya, sebelum berangkat ibadah umrah ke Tanah Suci bersama Chacha. Pasangan yang menikah pada Juli 2016 tersebut pun berkonsultasi ke dokter usai pulang umrah.

"Kebetulan sebenarnya kita mau konsultasi sama dokter, tapi berangkat umrah dulu, eh ternyata Allah udah kasih duluan," ungkap Ricky saat ditemui di RSUD Tangerang, Banten, pada Rabu (29/1). "Jadi istri saya udah ketahuan hamil sebelum berangkat umrah. Makanya setelah umrah baru kita konsultasi karena belum tahu usia kehamilannya. Kata dokter sih kemarin istri saya harus banyak istirahat karena udah hamil dua bulan."

Akan tetapi, dokter juga menyampaikan tentang penyakit Talasemia yang diidap oleh Chacha. Ricky sendiri baru tahu Chacha mengidap Talasemia, yakni penyakit kelainan darah yang menyebabkan protein penyusun hemoglobin cacat. Penyakit Talasemia sendiri muncul akibat kelainan genetik dan bisa diwariskan.


"Nah karena diperiksa itu, ternyata istri ada penyakit Talasemia. Kalau di Chacha itu dokter agak sedikit bingung karena karena HB (hemoglobin) cuma 10, makanya sering lemas, pusing atau apa," jelas Ricky. "Talasemia itu penyakit dari genetik, tentang darah yang biasanya bikin pusing, terus HB suka turun. Biasanya itu setiap mingguan atau bulanan harus transfusi darah."

Meski begitu, Ricky belum tahu pasti jenis penyakit Talasemia yang diidap oleh Chacha. Penyakit Talasemia dibagi menjadi dua macam, yakni mayor yang bisa menyebabkan komplikasi berupa gagal jantung, pertumbuhan terhambat, gangguan hati, hingga kematian.

Tak hanya itu, Talasemia mayor juga kemungkinan besar diwariskan kepada keturunannya. Sedangkan Talasemia minor biasanya hanya anemia ringan bahkan tidak menunjukkan gejala apapun, serta kecil kemungkinannya untuk diwariskan ke anak.

"Tapi itu juga tergantung apakah orang yang mengidap itu sebagai mayor atau minor, kalau yang mayor itu yang bahaya, dia harus menikah dengan orang yang tidak mengidap Talasemia," papar Ricky. "Tapi kalau dia minor, insya Allah enggak akan turun ke anaknya."

(wk/evaa)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait