Nikmat dan Berkhasiat, Ini 8 Jenis Teh yang Terbuat dari Bunga
Kuliner

Ada beberapa jenis bunga yang bisa diolah menjadi teh. Beberapa teh dari bunga selain memiliki rasa dan aroma yang nikmat, juga diketahui memiliki segudang manfaat untuk tubuh.

WowKeren - Meminum secangkir teh hangat di pagi atau sore hari bisa jadi pilihan tepat untuk menenangkan pikiran. Bahkan teh kerap dijadikan minuman andalan saat badan sedang tidak sehat.

Kebanyakan kita mungkin mengenal beberapa jenis teh yang terbuat dari daun. Namun tahukah kamu kalau sebenarnya ada banyak teh yang terbuat dari bunga? Ya, ada beberapa jenis bunga yang dapat dimanfaatkan untuk membuat teh yang nikmat.


Proses pembuatannya pun tak jauh berbeda dengan teh pada umumnya. Pertama kita harus mengeringkan bunga yang telah dibersihkan sebelum diseduh dengan air hangat untuk dijadikan teh.

Teh dari bunga tak hanya memiliki rasa nikmat, namun juga menghasilkan berbagai warna cantik dan aroma yang cukup menggoda. Selain itu, teh dari bunga juga memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh. Nah, apa kamu penasaran bunga apa saja yang bisa dijadikan teh? Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Selain Nikmat, Teh dari Bunga Melati Juga Bisa Mencegah Penyakit Kanker Loh


Selain Nikmat, Teh dari Bunga Melati Juga Bisa Mencegah Penyakit Kanker Loh

Bunga pertama yang bisa diolah menjadi teh adalah melati. Teh melati bahkan diketahui memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko serangan jantung, membuat sistem kekebalan tubuh jadi lebih kuat dan mencegah diabetes. Selain itu, teh ini juga mampu mencegah kanker, memperbaiki sistem pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol.

Manfaat teh melati tak berhenti di situ saja. Sebab jika kamu menghirup aromanya, stres di pikiran akan mereda. Kandungan antioksidan yang dimilikinya juga mampu menangkal radikal bebas serta membantu mengatasi berbagai masalah kerusakan kulit. Bagaimana, tertarik untuk meminum teh melati?

2. Teh dari Bunga Chamomile Bermanfaat Untuk Mengatasi Masalah Insomnia Loh


Teh dari Bunga Chamomile Bermanfaat Untuk Mengatasi Masalah Insomnia Loh

Apa kamu memiliki masalah insomnia atau kesulitan tidur? Jika iya, maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi teh chamomile untuk mengatasinya. Sebab teh ini bisa membantu meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak. Sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dimilikinya juga mampu mengurangi noda dan kerutan pada wajah.

Manfaat teh dari seduhan bunga chamomile tak berhenti di situ saja. Sebab teh ini dapat memerangi infeksi bakteri di tubuh karena mengandung senyawa fenolik. Selain itu, sifat anti-inflamasinya juga bermanfaat untuk meredakan kembung, kram dan perubahan emosi saat haid. Menariknya lagi, teh chamomile juga mampu mengontrol gula darah sehingga bisa mengurangi risiko diabetes.

3. Teh Bunga Dandelion Tak Hanya Nikmat, Tapi Juga Berkhasiat untuk Kesehatan


Teh Bunga Dandelion Tak Hanya Nikmat, Tapi Juga Berkhasiat untuk Kesehatan

Bunga dandelion kaya akan nutrisi sehat, mulai dari sterol, flavonoid, karotenoid, seskuiterpen, vitamin, hingga mineral. Karena berbagai kandungan baik yang dimilikinya, teh yang diseduh dari bunga ini memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Seperti membantu liver untuk memproduksi cairan empedu, mengatasi sembelit, penyakit batu ginjal serta menurunkan berat badan.

Kandungan kalsium di dalamnya juga sangat bagus untuk kesehatan tulang. Selain itu, teh ini juga bisa membantu tubuh menghilangkan radikal bebas serta meminimalkan stres oksidatif yang merupakan penyebab utama penyakit kronis, termasuk kanker. Dan bagi kamu yang memiliki masalah dengan jerawat, teh dandelion bisa jadi salah satu solusi tepat untuk mengatasinya.

4. Bunga Mawar yang Indah Juga Bisa Dijadikan Teh yang Nikmat dan Berkhasiat Loh


Bunga Mawar yang Indah Juga Bisa Dijadikan Teh yang Nikmat dan Berkhasiat Loh

Bunga mawar dikenal sebagai salah satu bunga indah yang bisa digunakan untuk mempercantik ruangan. Jika diseduh sebagai teh, bunga ini akan menghasilkan citarasa manis yang menghangatkan. Kandungan antioksidan, asam nitrat, vitamin E, vitamin D, vitamin C, vitamin B3, kafein, dan polifenol di dalamnya mampu memberikan manfaat baik untuk tubuh.

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsi teh bunga mawar. Di antaranya adalah membantu mencegah kanker, menenangkan pikiran, menurunkan berat badan, mengatasi dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, teh ini juga bagus untuk mengatasi inflamasi, mengatasi nafsu makan berlebih, melancarkan pencernaan, membuang racun serta meningkatkan sistem imun tubuh. Dan bagi kamu yang menderita insomnia, tak ada salahnya untuk meminum teh ini sebelum tidur untuk mengatasi masalah tersebut.

5. Bisa Cegah Penuaan Dini, Teh Bunga Krisan yang Nikmat Miliki Sejumlah Manfaat Ini


Bisa Cegah Penuaan Dini, Teh Bunga Krisan yang Nikmat Miliki Sejumlah Manfaat Ini

Bunga krisan juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan teh. Teh krisan bahkan telah lama digunakan sebagai minuman herbal untuk pengobatan tradisional Tiongkok. Bahkan penelitian dari Chungnam National University membuktikan bahwa ekstrak krisan yang bersifat anti-inflamasi dapat memperlambat peradangan serta kerusakan sel.

Kandungan vitamin A dan C di dalamnya bersifat antioksidan sehingga bisa melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Teh ini juga bisa membantu mempercepat regenerasi sel di kulit sehingga membuatnya jauh dari tanda-tanda penuaan dini.

Selain itu, teh ini juga berfungsi untuk meredakan gejala flu, mengurangi nyeri pada sinusitis, menurunkan tekanan darah, mendinginkan tubuh serta mencegah osteoporosis. Bagi kesehatan otak, teh krisan juga dapat mempertajam pikiran serta membantu meningkatkan kadar konsentrasi dan fokus.

6. Teh Bunga Rosela Tak Hanya Lezat Saat Diminum, Namun Juga Memiliki Banyak Manfaat Untuk Tubuh


Teh Bunga Rosela Tak Hanya Lezat Saat Diminum, Namun Juga Memiliki Banyak Manfaat Untuk Tubuh

Salah satu kandungan nutrisi yang paling menonjol dalam teh bunga rosela adalah vitamin C. Bahkan kandungan vitamin C-nya berjumlah enam kali lipat lebih banyak daripada sebuah jeruk. Kandungan vitamin C dan beta karoten yang ada di dalamnya dapat berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Karena itulah teh bunga rosela memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Seperti mencegah dan menyembuhkan penyakit darah tinggi, meningkatkan stamina tubuh, meremajakan sel tubuh serta melindungi tubuh dari infeksi kuman dan virus.

7. Tak Cuma Miliki Warna yang Cantik dan Rasa Nikmat, Teh Bunga Telang Juga Berkhasiat Untuk Tubuh


Tak Cuma Miliki Warna yang Cantik dan Rasa Nikmat, Teh Bunga Telang Juga Berkhasiat Untuk Tubuh

Bunga telang adalah jenis bunga lainnya yang bisa diolah menjadi teh. Teh ini sempat populer karena memiliki warna ungu yang cantik dan rasa yang nikmat. Di samping itu, teh ini juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Di antaranya adalah mengobati sakit tenggorokan dan panas dalam, meningkatkan kesehatan mata serta kesuburan pada wanita.

Kandungan bioflavonoid yang ada di dalamnya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut beruban. Antioksidan yang dimilikinya bisa merangsang kolagen sintesis dan elastin untuk membantu meremajakan kulit dan mengurangi kerutan serta berbagai tanda penuaan lainnya.

Manfaatnya tak berhenti di situ saja. Sebab teh ini juga bisa melawan depresi, meredakan stres, gangguan kecemasan serta meningkatkan kemampuan kognitif otak.

8. Nikmat dan Berkhasiat, Teh Bunga Sakura Juga Bisa Mengatasi Berbagai Masalah Kulit Loh


Nikmat dan Berkhasiat, Teh Bunga Sakura Juga Bisa Mengatasi Berbagai Masalah Kulit Loh

Bunga berikutnya yang bisa diolah menjadi teh adalah bunga sakura. Bunga ini dikenal memiliki kandungan antioksidan dan lemak yang tinggi sehingga sangat berguna untuk merawat kulit. Karena itulah tidak heran jika bunga ini dianggap sebagai lambang kecantikan di negara asalnya, Jepang.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rajin mengkonsumsi teh bunga sakura. Di antaranya adalah kulit akan terlindung dari radikal bebas, kulit akan tetap lembut dan kenyal. wajah jadi lebih cerah, pori-pori kulit akan mengecil, membantu mengatasi peradangan hingga sun burn.

Demikian delapan bunga yang bisa diolah menjadi teh yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa bunga yang bisa dikonsumsi. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini jika ingin mengetahui beberapa jenis biji buah yang aman dikonsumsi dan berkhasiat untuk tubuh.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel