'Parasite' Menang Best Picture, Rating Oscar 2020 Justru Paling Jeblok Sepanjang Sejarah
Film

Oscar tahun ini dianggap tak berhasil mengulang kesuksesan tahun lalu meski sama-sama digelar tanpa pemandu acara. Bahkan Oscar 2020 mengalami penurunan rating yang sangat drastis.

WowKeren - Ajang penghargaan bergengsi Academy Awards ke-92 alias Oscar 2020 telah rampung digelar pada Minggu (9/2) malam lalu. Tahun ini, "Parasite" berhasil menorehkan sejarah baru lantaran sukses membawa pulang piala Best Picture dalam ajang prestisius tersebut.

Namun tak sebanding dengan torehan sejarah ini, rupanya Oscar 2020 justru menuai rating yang mengecewakan. Dilansir Variety pada Rabu (12/2), rating Oscar 2020 mencapai titik terendah sepanjang masa dengan jumlah penonton hanya mencapai 23,6 juta sejak Nielsen mulai melacak peringkat pada tahun 1974.

Tahun ini, angka rating tersebut menunjukkan penurunan sebesar 20% (sekitar 6 juta penonton) dari jumlah pemirsa Oscar pada tahun 2019. Data ini juga didapatkan dari QuickTake by Bloomberg. Dengan hasil ini, Oscar 2020 menggeser predikat rating terburuk di tahun 2018 yang mencapai angka 26,5 juta penonton.

\'Parasite\' Menang Best Picture, Rating Oscar 2020 Justru Paling Jeblok Sepanjang Sejarah\'Parasite\' Menang Best Picture, Rating Oscar 2020 Justru Paling Jeblok Sepanjang Sejarah


Oscar tahun ini dianggap tak berhasil mengulang kesuksesan setahun lalu meski sama-sama digelar tanpa pemandu acara. Pasalnya di ajang ke-91, Oscar yang juga digelar tanpa host itu malah mengalami peningkatan rating dalam lima tahun terakhir.

Oscar 2019 bahkan berhasil menghentikan penurunan rating selama empat tahun sebelumnya, dengan jumlah penonton yang meningkat pertama kali sejak 2014. Kala itu, ketiadaan pemandu acara disebut menjadi salah satu faktor peningkatan jumlah pemirsa. Namun, formula yang sama ternyata tidak manjur dalam gelaran tahun ini.

Oscar sendiri bukanlah satu-satunya acara penghargaan yang mengalami penurunan rating tahun ini. Sederet acara bergengsi lainnya seperti Golden Globes juga mengalami penurunan sekitar 4 persen, serta Grammy yang turun rating hingga 6 persen. Akan tetapi, jelas sekali bahwa Oscar tahun ini benar-benar mengalami penurunan rating yang sangat drastis.

Terlepas dari hal tersebut, ajang Oscar tahun ini ditutup dengan kemenangan "Parasite", yang sekaligus menjadi film non-bahasa Inggris pertama yang mendapat penghargaan tertinggi Best Picture. Sutradara Bong Joon Ho juga mendapatkan piala Best Director, membuatnya menyusul jejak Alfonso Cuarón, sebagai sutradara film berbahasa asing yang memenangkan piala Best Director di ajang Oscar berkat mahakaryanya, "Roma".

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait