Birthday Spotlight: Happy Irene Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Rubrik Birthday Spotlight kali ini akan mengulas perjalanan karier Irene leader Red Velvet. Idol besutan SM Entertainment tersebut akan berulang tahun pada 29 Maret mendatang.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk mengulas perjalanan karier Irene Red Velvet. Idol besutan SM Entertainment itu akan berulang tahun ke-29 (menurut perhitungan internasional) pada 29 Maret.

Irene lahir dengan nama Bae Joohyun di Daegu, Korea Selatan. Ia adalah penyanyi, rapper, aktris, pengisi suara, pembawa acara dan model televisi. Irene merupakan leader Red Velvet.


Keluarga Irene terdiri dari orangtuanya dan seorang adik perempuan. Ia bersekolah Haknam High School di Daegu. Irene bergabung dengan SM Entertainment pada 2009 dan dilatih selama lima tahun. Tidak perlu berlama-lama, yuk intip perjalanan karier idol cantik ini.

(wk/chus)

1. Pra Debut


Pra Debut

Irene bermimpi menjadi penyiar berita ketika masih muda. Ia bahkan pernah menjadi penyiar siaran sekolahnya ketika kelas 5 SD. Selama masa sekolahnya, Irene menarikan "Rising Sun" TVXQ di sebuah acara bakat sekolah. Ia mengambil kelas rias dan bahkan menghadiri akademi pramugari di masa lalu.

Saat kelas 1 SMP, Irene mengikuti temannya ke audisi dan melakukan audisi sendiri. Saat itu ia gagal audisi tapi ia menyadari bahwa ini adalah sesuatu yang benar-benar ingin dia lakukan.

Irene sedang dalam perjalanan untuk makan ddeokbokki ketika ia menerima panggilan telepon yang menunjukkan bahwa SM Entertainment ingin menandatangani kontrak dengannya. Selama masa pelatihannya, ia dikenal di antara peserta pelatihan lainnya karena keterampilan visual dan tariannya yang luar biasa.

Irene bergabung dengan grup pra-debut SM Rookies pada Desember 2013 dan segera muncul di video musik Henry yang bertajuk "1-4-3" sebelum akhirnya memulai debutnya sebagai anggota Red Velvet pada 2014.

2. Debut


Debut

Pada 1 Agustus 2014, Irene melakukan debut resminya sebagai anggota Red Velvet, menjadi leader grup. Pada November 2014, Irene muncul di video musik single Kyuhyun Super Junior yang bertajuk "At Gwanghwamun".

Irene bersama Red Velvet menampilkan debut resmi mereka di program musik "Music Bank". Single debut "Happiness" dirilis secara digital pada 4 Agustus. Video musik resmi memperoleh ditonton lebih dari 2 juta kali di YouTube dalam 24 jam pertama rilis sebelum dihapus karena kontroversi gambar latar belakang yang bermasalah dan diganti dengan versi yang diedit.

"Happiness" adalah video musik K-Pop yang paling banyak dilihat di seluruh dunia untuk bulan Agustus 2014. Red Velvet juga merupakan grup cewek K-Pop pertama yang mengirim single debut mereka ke tangga lagu Billboard, di mana lagu menduduki peringkat 4.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Irene bersama Red Velvet meraih kemenangan pertama mereka di program musik "Music Bank". Grup melawan anggota Minah Girl's Day untuk tempat pertama dengan judul lagu mereka "Ice Cream Cake".

Dengan 5.156 poin lebih dari 4.964 poin, Red Velvet meraih kemenangan pertama mereka sejak memulai debutnya pada 2014 dengan "Happiness". Para member terlihat menangis penuh emosi ketika mereka dengan tulus menyampaikan terima kasih kepada keluarga, agensi, penggemar, dan banyak lagi.

Sejak debut, Red Velvet telah merilis dua album studio, satu album repackage, satu album kompilasi, dan sembilan OST drama Korea, dengan sebelas di antaranya menduduki tangga lagu Gaon Album Chart Korea Selatan. Single mereka "Happiness", "Ice Cream Cake", "Dumb Dumb", "Russian Roulette", "Rookie", "Peek-a-Boo", "Bad Boy", dan "Psycho" semuanya masuk dalam lima besar di Gaon Digital Chart, sementara single mereka "Red Flavour" dan "Power Up" menduduki puncak tangga lagu pada rilis.

Dianggap sebagai salah satu grup K-Pop paling populer di dunia oleh Time dan Billboard, Red Velvet telah menerima beberapa penghargaan untuk musik, koreografi, dan popularitas, termasuk Golden Disc New Artist Award pada 2015 dan Mnet Asian Music Award untuk Best Female Group pada 2017.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Irene ditunjuk menjadi MC "Music Bank" bersama aktor Park Bo Gum sejak Mei 2015 hingga Juni 2016. Mereka berdua mendapatkan perhatian untuk chemistry serta keterampilan bernyanyi dan membawakan acara. Media menyebut mereka salah satu pasangan MC terbaik dalam sejarah acara.

Pada Juli 2016, Irene melakukan debut aktingnya di web drama "Women at a Game Company" di mana ia berperan sebagai pemeran utama. Pada 14 Oktober, Irene menjadi pembawa acara peragaan busana "Laundry Day" di OnStyle. Di bulan yang sama, Irene menjadi panelis di acara KBS "Trick & True" bersama Wendy.

Irene juga digandeng menjadi bintang iklan banyak produk. Ia menjadi model untuk Ivy Club bersama EXO dan kopi Maxwell House. Pada 2017, ia menjadi bintang iklan Hyundai Auto Advantage.

Irene terpilih menjadi model lensa kontak merek Cooper Vision pada 26 Februari 2018. Tak lama kemudian ia menjadi model merek vitamin merek terkenal Lemona yang kini menggandeng BTS (Bangtan Boys). Pada 9 Agustus, ia diumumkan sebagai model eksklusif baru untuk Eider untuk musim gugur / dingin 2018 dan musim semi / musim panas 2019. Irene diumumkan menjadi model baru untuk merek HiteJinro Chamisul Soju.

Selama 2019, Irene terus banjir tawaran iklan. Ia diumumkan sebagai muse baru merek perhiasan mewah Italia Damiani, menjadi orang Asia pertama yang mewakili merek tersebut sebagai muse. Pada Juli, SM Entertainment mengumumkan bahwa Irene akan berkolaborasi dengan DJ Korea Selatan dan produser Raiden di lagu "The Only", yang dirilis pada 2 Agustus.

5. Kontroversi


Kontroversi

Irene tidak pernah terlibat skandal kencan. Namun ia pernah tersandung kontroversi feminisme. Beberapa penggemar mengklaim bahwa Irene adalah "feminis" hanya karena ia membaca novel feminis. Irene mengungkapkan bahwa ia membaca buku itu dalam sebuah wawancara merayakan reality show "Level Up! Project 2". Novel berjudul "Kim Ji Young, Born 1982" menggambarkan kehidupan seorang wanita modern di masyarakat Korea.

Beberapa penggemar pria telah melakukan tindakan ekstrem seperti memotong dan membakar foto Irene untuk menunjukkan ketidaksetujuan mereka. Banyak yang menunjukkan bahwa tidak adil bagi Irene untuk menerima begitu banyak kritik sementara idol lain seperti RM (Rap Monster) BTS dan Sooyoung Girls' Generation juga telah membaca buku itu dan bahkan memujinya. Selain itu, buku ini adalah buku terlaris yang telah terjual lebih dari 100 ribu eksemplar. Sebagian besar bahkan bingung mengapa situasinya menjadi kontroversi.

Selain kontroversi feminisme, Irene pernah dicurigai memiliki sponsor pendukung karena memenangkan posisi pertama dengan skor 80% lebih tinggi dibandingkan dengan skornya bulan sebelumnya dalam peringkat nilai merek untuk bintang iklan wanita. Menurut analisis para ahli, popularitas Irene tumbuh dengan cepat karena penampilan Red Velvet di konser yang berlangsung di Pyongyang, Korea Utara.

Namun beberapa netizen tidak setuju dengan peringkat Irene. Mereka berpikir bahwa ia didukung oleh perusahaannya, didorong untuk mempromosikan di setiap bidang untuk mendapatkan catatan ini. Beberapa orang bahkan menyatakan bahwa Irene tidak memiliki kecantikan yang sempurna seperti yang sering dipuji media, tubuhnya kurang bagus dan ia juga pernah terlibat dalam skandal operasi plastik.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Irene bersama Red Velvet memiliki sejumlah jadwal untuk tur konser bertajuk "La Rouge" yang dimulai akhir tahun lalu. Konser solo ketiga mereka ini dibuka oleh pertunjukan 2 hari pada 23 dan 24 November di Seoul. Namun tur konser saat ini ditunda karena COVID-19 atau pandemi virus Corona yang menyerang Korea Selatan dan hampir semua negara di seluruh dunia.

Red Velvet kini masih menjalani kegiatan dengan formasi 4 orang karena Wendy masih menjalani perawatan untuk cedera yang dideritanya. Untungnya Wendy telah dipulangkan dari rumah sakit dan hanya akan menerima rawat jalan hingga kondisinya pulih.

Untuk kegiatan solo, Irene diprediksi akan terus mendapat tawaran iklan dari berbagai produk mengingat kekuatan komersialnya yang tinggi. Saat ini masih menjadi model sejumlah produk dan dipastikan akan sering menghadiri acara promosi.

You can share this post!

Related Posts