Pro Kontra Ibadah di Rumah Saja, Dude Harlino: Saya Rasa Ini Sudah Tepat
Instagram
Selebriti
#dirumahsaja

Dude Harlino menyetujui fatwa MUI yang berisi alangkah lebih baiknya seluruh jamaah beribadah di rumah untuk sementara di tengah wabah Corona seperti ini.

WowKeren - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam situasi wabah Corona saat ini. Salah satunya untuk sementara tak beribadah berjamaah melainkan masing-masing di rumah. Sayangnya, putusan dari MUI tidak diindahkan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Ada beberapa orang yang masih ngotot untuk melakukan ibadah salat jumat ataupun berjamaah di masjid-masjid. Hingga belum lama ini dikabarkan ada tiga orang positif Corona usai mengikuti tabligh akbar di Kebon Jeruk. Menanggapi hal ini, aktor Dude Harlino mengingatkan kembali imbauan MUI.


Dude mengatakan jika kasus ini diharapkan bisa menjadi pelajaran bagi seluruh masyarakat untuk lebih taat mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Karena menurutnya, semua fatwa yang dikeluarkan MUI bukan tanpa dasar. Ayah dua orang anak ini pun menjelaskan, jika semua aturan tersebut dilakukan semata-mata demi kebaikan semua.

"Ini saya rasa jadi pelajaran juga bahwa alangkah baiknya kebijakan serta fatwa kita ikuti. Yah begini ya, imbauan sudah ada ya. Majelis ulama sudah memberikan fatwa, dari fatwa itu juga punya dasar untuk melangkah. Karena fatwa ulama itu mencontoh dari para ahli ilmu agama islam yang mumpuni ya," kata Dude mengutip detikhot, Selasa (31/3).

Dude pun kembali menjelaskan jika fatwa ini tidak hanya dikeluarkan di Indonesia saja, melainkan juga diterapkan oleh pemerintah Arab Saudi. Bagi suami Alyssa Soebandono ini, keputusan MUI ini sudah tepat guna memutus rantai penyebaran virus Corona di Indonesia yang kian hari jumlahnya semakin bertambah.

"Fatwa ini dikeluarkan kan nggak cuma di Indonesia tapi di Saudi dan negara Islam juga mengeluarkan itu. Nah ketika kejadian ini langkahnya saya rasa sudah tepat ya. Isolasi, dipantau, mereka jadi ODP harapan saya sih di tes semuanya karena mereka berpotensi dan semoga negatif," tukas Dude.

Hal sebelumnya pun sempat disampaikan oleh Ustaz Yusuf Mansur. Sepaham dengan Dude, sang ustaz pun memberikan penjelasan jika fatwa MUI untuk melaksanakan ibadah di rumah adalah keputusan yang tepat di tengah kondisi Indoneia yang darurat Corona, dan mengharuskan warganya untuk melakukan social distancing.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts