Dude Harlino Profile
Dude Harlino Profile Photo

Dude Harlino

Profesi
Aktor
Nama Asli
Dude Harlino
Tgl Lahir
Dec 2, 1980
Lahir di
Jakarta, Indonesia
Profesi
Aktor
Populer
Bermain dalam film "Tusuk Jelangkung" (2002)
Tempat Lahir
Jakarta, Indonesia
Tinggi Badan
178
Kewarganegaraan
Indonesia
Ayah
Haidir Hanif
Ibu
Ermy Syukur
Pendidikan
  • Lulus dari SMAN 36 Jakarta
  • Lulus dari Universitas Indonesia
Suami/Istri
Alyssa Soebandono (aktris, sejak 22-Mar-14)
Kekasih
Asmirandah (aktris, mantan)
Anak-anak
Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino (laki-laki, L. 19-Feb-15), Mahendra Malik Harlino (laki-laki, L. 02-Agt-17)
Populer Sejak
Bermain dalam film "Tusuk Jelangkung" (2002)

Dude Harlino adalah aktor Indonesia yang lahir di Jakarta, 2 Desember 1980. Nama anak laki-laki pasangan Haidir Hanif dan Ermy Syukur ini diambil gabungan kependekan tanggal dan bulan lahirnya, Dua Desember.

Karir Dude di dunia hiburan Indonesia berawal dari ketertarikannya berakting. Ia mendalami seni olah peran di Sanggar Ananda, Jakarta sejak 2002. Dari situ Dude mulai sering mengikuti casting sebagai figuran.

Awal karir Dude tidak berjalan mudah. Dia mengaku harus melewati banyak penolakan dari rumah produksi. Ia pun sempat menerima bayaran sebesar 15 ribu perhari dari perannya. Namun segala kesulitan di awal karirnya tersebut dijelaskan Dude sebagai proses pembelajaran yang berharga.

"Sebenarnya saya menjadi figuran bukan mencari uang semata," tutur Dude. "Ketika menjadi figuran, saya bertujuan belajar akting secara teori."

Film layar lebar perdana Dude adalah "Tusuk Jelangkung" (2002). Namun ia mulai dikenal di film keduanya, "Di Sini Ada Setan" (2003). Di film yang juga dibintangi Ririn Dwi Ariyanti itu dirinya didapuk memerankan karakter Nicho.

Sukses layar lebar membawa dampak baik bagi karir Dude di televisi. Ia semakin sering mendapat tawaran akting sebagai pemeran utama. Dude telah membintangi lebih dari 10 judul sinetron, beberapa diantaranya adalah "Kisah Sedih di Hari Minggu" (2004), "Anakku Bukan Anakku" (2006), "Intan" (2006), "Nikita" (2009), "Doa dan Karunia" (2009), "Dewa" (2011) dan "Cinta Ilahi" (2013).

Karir Dude semakin diakui dengan penghargaan yang ia dapatkan. Di 2007, Dude meraih penghargaan "Star of the Year" dari Mellyana's Guardians dan "Bintang Indonesia 2007" versi tabloid Bintang Indonesia. Ia juga tercatat menjadi penerima piala Panasonic Awards kategori Aktor Terfavorit sebanyak tiga kali (2007, 2010 dan 2013).

Dalam kehidupan pribadi, penampilan apiknya di beberapa judul sinetron bersama Naysila Mirdad sempat membuat keduanya diisukan berpacaran. Namun kabar itu dibantah Nay yang mengaku tengah menjalin kasih dengan seorang pria yang sedang belajar di Australia.

Dude Harlino diketahui resmi menjalin asmara dengan Asmirandah di 2010. Perkenalan yang telah terjadi selama 5 tahun ditambah pertemuan mereka di film "Dalam Mihrab Cinta" membawa keduanya semakin dekat.

"Di film 'Dalam Mihrab Cinta' kita ditemukan kembali jadi mulai dari situ kita mulai lebih dekat, sampai hari ini," jelas Dude. "Ya Insya Allah ke depannya lebih baik lah mudah-mudahan."

Namun hubungan itu harus kandas di 2011. Asmirandah menjelaskan perbedaan prinsip sebagai penyebab utamanya. "Berita sudah tidak jalan bareng lagi memang benar. Kalau waktunya sih enggak ngitungin. Cukup lama. Kesepakatan berdua ya, karena perbedaan yang enggak bisa disatukan lagi." ungkapnya.

Menjelang penghujung 2013, Dude diberitakan dekat dengan aktris cantik Alyssa Soebandono. Kabar itu bermula dari seorang sumber yang mengaku Dude dan Alyssa terlihat sedang makan berdua. Kedekatan keduanya semakin diperkuat dengan bukti hadirnya Dude di acara ulang tahun adik Alyssa yang ke-19. Meski begitu belum ada konfirmasi dari kedua belah pihak tentang kabar ini.

Dude Harlino Lirik Lagu

Loading...