Penderita Insomnia Wajib Hindari, Ini 8 Makanan Dan Minuman Yang Bisa Bikin Susah Tidur
Kuliner

Ada beberapa faktor penyebab insomnia yang pada akhirnya berujung kepada kondisi sulit tidur. Mulai dari akibat masalah kenyamanan ruangan kamar, gangguan psikologi, hingga pola hidup dan beberapa makanan yang dikonsumsi.

WowKeren - Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang sering dikeluhkan banyak orang. Insomnia sendiri merupakan kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan tidur. Gangguan tidur ini membuat dirinya tak memiliki waktu tidur yang dibutuhkan tubuh.

Hal tersebut menyebabkan kondisi fisik pengidap insomnia menjadi tidak cukup fit untuk melakukan aktivitas keesokan harinya. Ada beberapa faktor penyebab insomnia yang pada akhirnya berujung kepada kondisi sulit tidur pada jangka waktu yang cukup lama.


Mulai dari akibat masalah kenyamanan ruangan kamar, gangguan psikologi, masalah kesehatan fisik, efek samping obat-obatan, hingga pola hidup dan beberapa makanan yang dikonsumsi. Beberapa makanan diketahui dapat menyebabkan susah tidur dan jika dikonsumsi berkepanjangan dapat menimbulkan insomnia.

Untuk itu, ketika ingin tidur, kalian perlu untuk memperhatikan apa yang akan kalian makan. Salah-salah, bukan tidur nyenyak kalian justru terjaga sepanjang malam dan siklus tidur jadi terganggu. Apa saja makanan tersebut? Berikut tim WowKeren rangkum 8 jenis makanannya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Kopi Dan Teh


Kopi Dan Teh

Bukan hal aneh lagi jika kopi membuat orang menjadi susah untuk tidur karena mengandung kafein. Setiap orang memiliki takaran kafein yang berbeda. Di sebagian orang sah-sah saja untuk minum kopi beberapa gelas tanpa mengganggu tidurnya, tetapi di sebagian orang meminum sedikit saja bisa membuatnya terjaga di sepanjang malam.

Selain kopi, teh yang berguna untuk menenangkan tubuh ternyata bisa memicu insomnia. Terutama teh jenis matcha dan green tea, kedua teh tersebut mengandung kafein lebih banyak daeipada kopi. Jadi, meminum salah satu dari jenis teh tersebut akan membuat kalian bersemangat dan tetap terjaga di malam hari.

2. Cokelat


Cokelat

Ternyata mengkonsumsi makanan ringan yang manis di malam hari sangat buruk untuk tidur kalian, salah satunya cokelat. Hal ini dikarenakan cokelat yang terbuat dari biji kokoa mengandung kafein. Cokelat hitam atau dark chocolate mengandung kadar kafein yang cukup tinggi. Cokelat semakin pahit dan hitam, maka akan semakin tinggi kadar kafeinnya.

Jadi, ketika kamu memakan sepotong cokelat saja sama seperti kalian meminum 3 cangkir kopi. Dan itulah yang menyebabkan kamu tetap terjaga di malam hari. Jika memang sedang ingin, cobalah untuk menikmati makanan ringan manis beberapa jam sebelum tidur.

3. Makanan Pedas


Makanan Pedas

Makanan yang terlalu pedas dapat merusak kualitas tidur, karena dapat memicu rasa panas di tenggorokan. Selain itu, makanan pedas jenis apapun akan menambah temperatur tubuh yang menyebabkan sirkulasi darah kalian bergerak cepat. Saat kamu mengkonsumsi makanan pedas sebelum tidur, kamu akan kesulitan mengantuk.

Selain itu, makanan pedas tentu menyebabkan gangguan pada pencernaan yang bisa membuat kualitas tidur terganggu. Kalaupun tidak, risiko gangguan pencernaan bisa menghantui keesokan paginya. Jadi, lebih baik kalian memakan makanan pedas jauh-jauh sebelum beranjak tidur.

4. Kacang-kacangan


Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian tertentu mungkin menjadi camilan malam yang nikmat menjelang tidur. Tetapi para ahli menyarankan tidak menyantap makanan jenis ini sebelum tidur, karena bisa memberikan energi alami yang tidak kamu butuhkan di malam hari.

5. Daging Olahan


Daging Olahan

Daging olahan seperti bacon, pepperoni, atau sosis mengandung kadar tyramine tingkat tinggi yang membantu menghasilkan stimulasi otak norepinefrin. Daging olahan juga biasanya mengandung tinggi lemak dan protein, sehingga sangat lambat dicerna.

Makanan yang kaya protein cenderung mencegah tidur dengan menghambat produksi serotonin, yang membuat Anda terjaga sepanjang malam. Hal ini akan membuat kalian merasa tidak nyaman dan tidak bisa tidur, karena otak dan perut akan terus bekerja.

6. Brokoli


Brokoli

Sayur-sayuran seperti brokoli, kubis, wortel, dan kembang kol memiliki serat tak larut dalam jumlah besar yang bergerak lambat melalui sistem pencernaan. Jika kamu makan banyak sayuran ini menjelang waktu tidur, tubuhmu akan bekerja mencernanya.

Selain itu, brokoli juga termasuk makanan yang memproduksi gas dan maag sehingga bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman. Hal ini membuat tubuh kalian terjaga di malam hari.

7. Es Krim


Es Krim

Semangkuk es krim mengandung jumlah lemak yang cukup banyak. Hal ini akan membuat kalian susah tidur karena produk susu mengandung susu tinggi lemak, dadih, keju, dan butter yang sulit dicerna. Selain itu, makanan jenis ini bisa membuat kalian merasa kekenyangan yang akhirnya menyebabkan mulas.

Kandungan gula yang tinggi dari es krim juga bisa meningkatkan energi, ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan pola tidur. Daripada es krim yang manis dan berlemak, para ahli menyarankan lebih baik menikmati yogurt atau susu rendah lemak yang tidak akan merusak kualitas tidurmu.

8. Alkohol


Alkohol

Meminum segelas alkohol sebelum tidur mungkin jadi kebiasaan sebagian orang. Meskipun alkohol dapat membantu beberapa orang untuk tertidur, penelitian menunjukkan bahwa sebenarnya alkohol membuat kalian susah tidur. Minuman alkohol membuat kalian enggak nyenyak setiap malamnya dan bisa membuat terbangun dari tidur.

Intip juga yuk beberapa makanan dan minuman yang bisa bantu kalian atasi rasa cemas berlebihan dalam artikel berikut. Simak juga beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin c tinggi dalam artikel berikut.

You can share this post!

Related Posts