Berobat ke Rumah Sakit Saat New Normal? Ikuti 7 Tips Ini Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona
SerbaSerbi
Skenario New Normal COVID-19

Jika Anda berniat berobat ke rumah sakit di era new normal, sebaiknya simak artikel berikut ini. Sebab Wowkeren akan menghadirkan beberapa tips aman berobat ke rumah sakit agar tidak sampai tertular virus Corona.

WowKeren - Berobat ke rumah sakit mungkin bukan pilihan yang mudah di tengah pandemi virus Corona. Karena sesuai dengan namanya, rumah sakit merupakan tempat yang dipenuhi dengan orang-orang yang sedang sakit. Kita tidak sepenuhnya mengetahui seseorang membawa virus apa atau sedang sakit apa. Apalagi saat sakit sistem imun tubuh melemah, sehingga risiko penularan penyakit di tempat ini cukup tinggi.

Namun bila kita mengalami sakit yang cukup parah, mau tidak mau kita harus pergi berobat dan memeriksakan diri ke rumah sakit. Pasalnya sakit yang kita alami tak bisa sembuh dengan mudah dengan hanya beristirahat di rumah atau mengkonsumsi obat-obatan yang dijual di pasaran saja.


Nah, bila Anda dan keluarga berniat untuk pergi ke rumah sakit di era new normal sebaiknya simak artikel berikut ini. Sebab tim WowKeren telah merangkum beberapa tips aman pergi ke rumah sakit agar Anda bisa berobat dengan baik sekaligus mencegah penularan virus Corona. Penasaran apa saja itu? Berikut informasi selengkapnya.

(wk/eval)

1. Usahakan Mengunjungi Rumah Sakit Non-Rujukan COVID-19


Usahakan Mengunjungi Rumah Sakit Non-Rujukan COVID-19

Jika Anda bukan pasien COVID-19, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah mengunjungi rumah sakit yang tidak dijadikan rujukan penyakit tersebut. Hal ini sangat penting dilakukan untuk meminimalisir penularan virus Corona saat Anda sedang berobat.

Seperti yang diketahui, rumah sakit rujukan COVID-19 pasti dipenuhi dengan pasien yang terindikasi dengan virus Corona, sehingga risiko tertular virus tersebut cukup besar. Sebaliknya, risiko tertular virus Corona akan semakin kecil jika Anda mengunjungi rumah sakit non-rujukan COVID-19. Jika bingung rumah sakit mana saja yang tidak dijadikan rujukan COVID-19, sebaiknya langsung cari informasinya di internet atau website terkait.

2. Buat Janji Temu dengan Dokter Terlebih Dahulu


Buat Janji Temu dengan Dokter Terlebih Dahulu

Demi mencegah penularan virus Corona, kini ada banyak rumah sakit yang menyediakan sarana pendaftaran melalui fitur chat, online atau aplikasi tertentu. Sebaiknya manfaatkan layanan ini agar waktu yang Anda habiskan saat berobat di rumah sakit menjadi lebih efisien.

Dengan membuat janji temu terlebih dahulu, kita tidak perlu menunggu atau mengantre terlalu lama di rumah sakit. Sehingga kita bisa langsung menemui dokter sekaligus meminimalisir interaksi dengan banyak orang selama berada di rumah sakit.

3. Hindari Menggunakan Transportasi Umum


Hindari Menggunakan Transportasi Umum

Menggunakan moda transportasi umum saat kondisi tubuh sedang tidak sehat bukanlah pilihan yang tepat. Pasalnya sistem imun tubuh kita sedang turun sehingga lebih rentan tertular penyakit dan terinfeksi virus. Jika menggunakan transportasi umum, Anda akan bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang, sehingga risiko tertular virus Corona akan semakin besar.

Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak menggunakan transportasi umum saat akan berangkat ke rumah sakit. Lebih baik gunakan kendaraan pribadi agar Anda tidak sampai tertular virus Corona selama perjalanan menuju rumah sakit.

4. Gunakan Masker dan Pakaian Lengan Panjang


Gunakan Masker dan Pakaian Lengan Panjang

Menggunakan masker adalah kewajiban yang harus kita lakukan setiap beraktivitas di luar rumah selama pandemi virus Corona. Tak terkecuali saat berobat ke ruang publik seperti rumah sakit. Cara ini tak hanya untuk melindungi diri kita dari infeksi virus Corona, namun juga mencegah agar orang lain tidak sampai tertular.

Bila perlu, gunakan beberapa alat perlindungan lainnya seperti face shield, topi hingga kacamata. Selain itu, usahakan juga untuk menggunakan pakaian lengan panjang demi menghindari kontak kulit dengan orang lain saat sedang berobat ke rumah sakit. Dengan begitu, Anda bisa mencegah penularan virus Corona dengan lebih baik.

5. Bawa Hand Sanitizer dan Perlengkapan Wajib Lainnya


Bawa Hand Sanitizer dan Perlengkapan Wajib Lainnya

Saat beraktivitas di luar rumah selama new normal, ada beberapa barang yang sebaiknya selalu Anda bawa. Di antaranya adalah hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70 persen. Hand sanitizer dapat Anda gunakan untuk membersihkan tangan yang kotor setelah memegang banyak benda maupun berinteraksi dengan orang lain di rumah sakit.

Selain itu, usahakan juga untuk membawa tisu basah, tisu kering dan masker cadangan. Tisu basah dapat Anda gunakan untuk membersihkan tangan jika lupa membawa hand sanitizer. Tisu kering dapat Anda gunakan sebagai perantara saat memegang gagang pintu rumah sakit. Sedangkan masker cadangan bisa Anda gunakan sewaktu-waktu saat masker yang Anda kenakan sudah kotor.

6. Disiplin Menjaga Jarak dengan Orang Lain


Disiplin Menjaga Jarak dengan Orang Lain

Salah satu cara yang harus dilakukan masyarakat untuk meminimalisir penyebaran virus Corona adalah disiplin menerapkan physical distancing. Oleh sebab itu tips berikutnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal dua meter saat sedang berobat di rumah sakit.

Saat memasuki rumah sakit, usahakan untuk memilih jalur sepi yang tidak banyak dilalui orang. Begitupun ketika Anda sedang menunggu untuk diperiksa dokter, pastikan untuk tidak berdekatan maupun berinteraksi dengan orang lain di sekitar Anda. Jangan terlalu terlibat dengan mereka dan hindari saling berbincang jika tidak ada sesuatu yang benar-benar penting.

7. Jangan Menyentuh Sembarang Benda


Jangan Menyentuh Sembarang Benda

Perlu diketahui bahwa virus Corona dapat bertahan hidup di permukaan benda mati dalam kurun waktu tertentu, sehingga kita berisiko tertular jika kebetulan menyentuh benda yang telah ditempeli virus tersebut. Untuk itu, usahakan untuk tidak menyentuh sembarang benda yang ada di rumah sakit. Seperti poster kesehatan, permukaan dinding atau ranjang rumah sakit, kursi di area tunggu dan lain sebagainya.

Jika Anda terpaksa menyentuh permukaan benda tertentu seperti gagang pintu atau tombol lift, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan tangan ya. Segera cuci tangan Anda menggunakan air mengalir dan sabun selama 20 detik atau bersihkan menggunakan hand sanitizer. Sesampainya di rumah, langsung ganti pakaian Anda dan mandi untuk membersihkan badan secara menyeluruh.

Demikian tujuh tips aman berobat ke rumah sakit di era new normal yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips kembali bekerja di kantor selama new normal agar terhindar dari virus Corona. Selain itu, kalian juga bisa menyimak beberapa tips ini untuk menghindari penularan virus Corona saat terpaksa menggunakan toilet umum.

You can share this post!

Related Posts